Time Management adalah Cara Kerja Cerdas, ini 7 Tipsnya

time management adalah

Lister for CompanyTime management adalah salah satu skill dasar yang tanpa disadari penting dalam kegiatan sehari-hari. Dengan manajemen yang bagus, kamu bisa belajar, bekerja, hingga beraktivitas harian secara efektif.

Tak hanya soal produktif, kamu bahkan bisa menyediakan waktu istirahat yang cukup. Dari sini bisa kamu pahami, kemampuan time management penting sekali, ‘kan?

Time management adalah

Time management artinya manajemen waktu atau pengelolaan waktu. Lebih jelasnya, time management adalah proses mengatur dan merencanakan cara membagi waktu untuk berbagai kegiatan yang berbeda.

Dengan time management yang baik, kamu bisa bekerja secara cerdas, bukan bekerja keras. Kamu bisa menyelesaikan banyak tugas dalam waktu singkat, bahkan saat dikejar deadline sekalipun. 

Ada banyak sekali manfaat time management untuk siswa yang bisa kamu coba praktekkan. Seperti adanya peningkatan produktivitas. 

Pasalnya time management bisa memberikan atau membantu siswa dalam mengalokasikan dengan bijak untuk tugas akadoemik atau kegiatan ekstrakulikuler. 

Tak hanya itu saja, manfaat lain dari time management selanjutnya adalah bisa mengelola waktu dengan efisien. Mengingat pelajar terkadang memiliki banyak agenda dalam satu hari. 

Maka penting untuk bisa mengelola waktu dengan efisien. Time management juga bisa membantu meningkatkan pemahaman dan kualitas belajar secara keseluruhan. 

Selain itu, adanya kemampuan perencanaan sejak dini. Manajemen waktu melatih siswa untuk merencanakan jadwal, membuat target, dan mengatur prioritas. 

Selanjutnya, time management yang baik juga bisa melatih seseorang untuk merencanakan kegiatan mengajarkan siswa untuk lebih disiplin. Dengan begitu, peningkatan produktivitasnya akan terlihat dan terasa dalam jangka waktu cepat. 

Baca juga: 3 Langkah Jitu Meningkatkan Reading Comprehension Skill

Keuntungan time management

Corporate Finance Institute menjelaskan penggunaan waktu yang tepat membuat kamu lebih efisien, produktif, mengurangi stres, bahkan berujung pada kesuksesan dalam hidup.

Mengurangi stres

Menyusun dan mengikuti jadwal dapat mengurangi rasa cemas. Kamu tahu persis apa saja yang dapat dikerjakan saat ini tanpa perlu mencemaskan pekerjaan lain. Semua selesai tepat pada waktunya.

Seiring dengan selesainya pekerjaan satu per satu, kamu merasakan proses kerja semakin maju.

Lebih banyak waktu senggang

Orang yang memiliki time management yang baik lebih bisa melakukan time management untuk bekerja atau belajar. Dengan begitu, ia memiliki lebih banyak waktu senggang untuk melakukan hobi, beristirahat, atau kegiatan pribadi lainnya.

Karier lebih baik

Walaupun tak tertulis dengan secara jelas, perusahaan lebih menyukai kandidat yang sudah mempunyai kemampuan time management. Tandanya mereka mampu memprioritaskan tugas yang lebih penting dan menyelesaikannya tepat waktu.

Soft skill ini juga membantu menambah reputasi baik di kalangan rekan kerja, atasan, maupun lingkungan profesional.

Meraih sukses

Mereka yang mampu mengatur waktu secara efektif lebih berpotensi mencapai tujuan dalam hidupnya dengan waktu lebih singkat.

Percaya diri

Setelah kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, kamu akan merasa lebih memiliki kontrol dalam hidup. Kamu menjadi lebih tenang dan mampu berpikir jernih. Kamu percaya diri untuk menentukan goal selanjutnya.

Baca juga: Networking adalah Skill Penting di Karier, ini 10 Tipsnya

Tips melakukan time management

Mulai mengatur waktu dan membuat jadwal bisa jadi sulit untuk dilakukan pada awalnya. Tips ini bisa kamu terapkan baik saat belajar maupun bekerja.

1. Tentukan goals

Tentukan tujuan yang realistis dan dapat terukur dengan jelas. Kamu bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measureable, Attainable, Relevant, Timely) untuk menentukan goals tersebut.

2. Tentukan prioritas

Susun tugas, pekerjaan, atau kegiatan berdasarkan tingkat prioritas. Berikut contohnya.

  • Penting dan urgen: langsung dikerjakan
  • Penting, tidak urgen: sediakan waktu untuk dikerjakan
  • Urgen, tetapi tidak penting: sediakan waktu untuk dikerjakan
  • Tidak urgen, tidak penting: dapat dikerjakan nanti

3. Tentukan batas waktu untuk mengerjakan setiap tugas

Dengan adanya batas waktu, kamu menjadi lebih fokus dan efisien dalam bekerja. Kamu juga dapat menghindari gangguan yang bisa menghalangi pekerjaanmu.

4. Ambil jeda

Setelah mengerjakan satu hal sampai tuntas, ambil jeda sejenak. Tanpa jeda, kamu akan merasa jenuh dan sulit berpikir jernih saat mengerjakan hal berikutnya.

Istirahat sangat penting untuk membantu kamu lebih produktif.

5. Buat jadwal

Kamu dapat membuat daftar hal-hal yang perlu dikerjakan dan deadline-nya. Supaya lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalender di ponsel.

Dengan adanya jadwal, kamu dapat menentukan tugas yang lebih penting untuk dikerjakan lebih dulu.

6. Singkirkan kegiatan yang kurang penting

Kembali lagi ke poin sebelumnya, tetapkan hal-hal yang menjadi prioritas untuk dilakukan. Singkirkan kegiatan yang kurang penting dari jadwal harian, atau sediakan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut.

Beberapa motivator ada yang menyebutkan, jika time management yang efektif bisa membawa diri menjadi seseorang yang unggul. 

Itulah mengapa, sangat penting untuk dapat mengidentifikasi dan mengeliminasi kegiatan yang kurang penting atau tidak produktif. 

Ada pun cara membangun time management dalam diri sendiri ini bisa memberikan nilai tambah sehingga bisa menglokasikan waktu dan energi menjadi sesuatu yang lebih berguna. 

Selain itu, adanya pencegahan waktu yang terbuang secara sia-sia juga bisa membuat seseorang menjadi berguna. Seperti meminimalisir adanya kegiatan yang sangat penting untuk dapat mengidentifikasi dan mengeliminasi kegiatan yang kurang penting atau tidak produktif. 

Kamu perlu melakukan evaluasi terus-menerus terhadap kegiatan, mana yang membuang waktu lebih banyak, energi lebih dalam, sebaiknya dikurangi atau dihilangkan. 

7. Buat rencana

Buatlah rencana tentang hal-hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan hari ini. Kemudian di penghujung hari, lakukan evaluasi untuk melihat jika ada pekerjaan yang belum selesai dan solusinya.

Salah satu cara untuk melakukan time management adalah dengan mengelola waktu yang tepat. Pasalnya, membuat rencana yang presisi bisa mencapai produktivitas dan kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan lebih mudah. 

Time management dalam hal membuat rencana hidup juga bisa memaksimalkan penggunaan waktu, menghindari stres, dan mencapai hasil yang lebih baik dalam pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. 

Beberapa orang yang sudah merencanakan dan menerapkan time management mungkin sudah merasakan dampak besar dari perencanaan waktu yang tepat. 

Baca juga: Perbedaan Softskill dan Hardskill, Ideal Mana untuk Si Kecil

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Lister for Company di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Selain itu, Lister juga menawarkan kelas atau program khusus untuk instansi atau korporasi dengan harga khusus. Bergabunglah dengan puluhan perusahaan besar dalam mengembangkan potensi para karyawan dalam mengenali bahasa asing bersama Lister.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.