Time Management adalah Cara Kerja Cerdas, ini 7 Tipsnya

time management adalah

Program ListerTime management adalah salah satu skill dasar yang tanpa disadari penting dalam kegiatan sehari-hari. Dengan manajemen yang bagus, kamu bisa belajar, bekerja, hingga beraktivitas harian secara efektif.

Tak hanya soal produktif, kamu bahkan bisa menyediakan waktu istirahat yang cukup. Dari sini bisa kamu pahami, kemampuan time management penting sekali, ‘kan?

Time management adalah

Time management artinya manajemen waktu atau pengelolaan waktu. Lebih jelasnya, time management adalah proses mengatur dan merencanakan cara membagi waktu untuk berbagai kegiatan yang berbeda.

Dengan perencanaan waktu yang baik, kamu bisa bekerja secara cerdas, bukan bekerja keras. Kamu bisa menyelesaikan banyak tugas dalam waktu singkat, bahkan saat dikejar deadline sekalipun. 

Keuntungan time management

Corporate Finance Institute menjelaskan penggunaan waktu yang tepat membuat kamu lebih efisien, produktif, mengurangi stres, bahkan berujung pada kesuksesan dalam hidup.

Mengurangi stres

Menyusun dan mengikuti jadwal dapat mengurangi rasa cemas. Kamu tahu persis apa saja yang dapat dikerjakan saat ini tanpa perlu mencemaskan pekerjaan lain. Semua selesai tepat pada waktunya.

Seiring dengan selesainya pekerjaan satu per satu, kamu merasakan proses kerja semakin maju.

Lebih banyak waktu senggang

Orang yang memiliki time management yang baik lebih bisa menghemat waktu untuk bekerja atau belajar. Dengan begitu, ia memiliki lebih banyak waktu senggang untuk melakukan hobi, beristirahat, atau kegiatan pribadi lainnya.

Karier lebih baik

Walaupun tak tertulis dengan secara jelas, perusahaan lebih menyukai kandidat yang sudah mempunyai kemampuan time management. Tandanya mereka mampu memprioritaskan tugas yang lebih penting dan menyelesaikannya tepat waktu.

Soft skill ini juga membantu menambah reputasi baik di kalangan rekan kerja, atasan, maupun lingkungan profesional.

Meraih sukses

Mereka yang mampu mengatur waktu secara efektif lebih berpotensi mencapai tujuan dalam hidupnya dengan waktu lebih singkat.

Percaya diri

Setelah kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, kamu akan merasa lebih memiliki kontrol dalam hidup. Kamu menjadi lebih tenang dan mampu berpikir jernih. Kamu percaya diri untuk menentukan goal selanjutnya.

Baca juga: Networking adalah Skill Penting di Karier, ini 10 Tipsnya

Tips melakukan time management

Mulai mengatur waktu dan membuat jadwal bisa jadi sulit untuk dilakukan pada awalnya. Tips ini bisa kamu terapkan baik saat belajar maupun bekerja.

1. Tentukan goals

Tentukan tujuan yang realistis dan dapat terukur dengan jelas. Kamu bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measureable, Attainable, Relevant, Timely) untuk menentukan goals tersebut.

2. Tentukan prioritas

Susun tugas, pekerjaan, atau kegiatan berdasarkan tingkat prioritas. Berikut contohnya.

  • Penting dan urgen: langsung dikerjakan
  • Penting, tidak urgen: sediakan waktu untuk dikerjakan
  • Urgen, tetapi tidak penting: sediakan waktu untuk dikerjakan
  • Tidak urgen, tidak penting: dapat dikerjakan nanti

3. Tentukan batas waktu untuk mengerjakan setiap tugas

Dengan adanya batas waktu, kamu menjadi lebih fokus dan efisien dalam bekerja. Kamu juga dapat menghindari gangguan yang bisa menghalangi pekerjaanmu.

4. Ambil jeda

Setelah mengerjakan satu hal sampai tuntas, ambil jeda sejenak. Tanpa jeda, kamu akan merasa jenuh dan sulit berpikir jernih saat mengerjakan hal berikutnya.

Istirahat sangat penting untuk membantu kamu lebih produktif.

5. Buat jadwal

Kamu dapat membuat daftar hal-hal yang perlu dikerjakan dan deadline-nya. Supaya lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalender di ponsel.

Dengan adanya jadwal, kamu dapat menentukan tugas yang lebih penting untuk dikerjakan lebih dulu.

6. Singkirkan kegiatan yang kurang penting

Kembali lagi ke poin sebelumnya, tetapkan hal-hal yang menjadi prioritas untuk dilakukan. Singkirkan kegiatan yang kurang penting dari jadwal harian, atau sediakan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut.

7. Buat rencana

Buatlah rencana tentang hal-hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan hari ini. Kemudian di penghujung hari, lakukan evaluasi untuk melihat jika ada pekerjaan yang belum selesai dan solusinya.

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!