Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Networking adalah Skill Penting di Karier, ini 10 Tipsnya

Program ListerNetworking adalah salah satu skill penting yang dapat menunjang karier. Walaupun sangat penting, masih banyak orang belum tahu cara melakukan networking.

Sudah tahukah kamu arti networking itu sendiri? Cari tahu skills yang perlu kamu kuasai untuk mendapatkan network yang luas!

Networking adalah

Networking berasal dari kata network, artinya jaringan. Dengan begitu, arti networking adalah membangun jaringan.

Jaringan yang dimaksud dalam hal ini bukan jaringan komputer, melainkan dalam hubungan sosial.

Seperti dijelaskan oleh Indeed, business networking merupakan proses bertemu orang lain, bertukar informasi, dan menjalin hubungan profesional yang bermanfaat.

Relasi ini berguna saat kamu sedang mencari pekerjaan, hendak mengembangkan skills, sampai menambah pengetahuan. Kamu dapat menjalin relasi dengan orang dari lingkup industri yang sama maupun berbeda. Kamu bahkan dapat berkenalan dengan orang baru.

Keuntungan Networking

Mengapa networking penting untuk karier? Tak hanya dalam ranah profesional, membangun jaringan membantu kamu meningkatkan soft skills. Apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan?

Kesempatan karier

Dengan personal branding yang baik, circle relasi akan memandang kamu dengan citra positif. Saat mengetahui informasi lowongan, mereka dapat merekomendasikan kamu.

Bertukar informasi

Saat kamu membutuhkan informasi tertentu, kamu bisa mendapatkan dari jaringan relasi. Contohnya kamu sedang mencari staf keuangan untuk perusahaan. Kamu meminta rekomendasi dari relasi yang bekerja di firma keuangan.

Peluang bisnis

Saat membangun hubungan, kamu dapat bertukar ide. Dari sini dapat muncul gagasan untuk mengembangkan bisnis yang baru bersama relasi tersebut.

Mengembangkan keterampilan interpersonal

Kamu akan belajar menempatkan diri karena terbiasa berada di lingkungan yang berbeda. Kamu paham cara berbicara dengan orang yang lebih tua, lebih senior, termasuk yang lebih junior.

Meningkatkan personal branding

Dengan keterampilan interpersonal yang baik, personal branding kamu di mata orang lain akan semakin positif. Kredibilitasmu semakin meningkat oleh orang lain. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih percaya diri.

Baca juga: Wajib Dikuasai, Pentingnya Soft Skill dalam Dunia Kerja

Skills Penting untuk Networking

Membangun hubungan dengan orang lain membutuhkan skills tersendiri. Kamu dapat melatih keterampilan berikut.

Komunikasi

Komunikasi membutuhkan empati terhadap hal yang dibicarakan orang lain. Komunikasi penting untuk menjaga hubungan baik dengan orang baru maupun relasi yang sudah terjalin.

Komunikasi terdiri dari verbal dan nonverbal. Tidak hanya kata-kata, tetapi juga gestur, bahasa tubuh, dan penampilan.

Mendengarkan

Saat orang berbicara, tunjukkan bahwa kamu mendengarkan dengan serius. Kamu dapat menunjukkan gestur menatap mata dan mengangguk-angguk untuk menunjukkan kamu paham. Kamu juga dapat menjawab dengan respons yang sesuai.

Hindari menggerak-gerakkan tubuh atau mengetuk-ngetukkan jari yang dapat menandakan kamu bosan atau tidak sabar.

Keterampilan interpersonal

Keterampilan ini berhubungan dengan cara bersosialisasi. Contohnya cara berkomunikasi, sikap positif, dan sopan santun.

Humor

Humor membantu orang merasa relate dan dekat. Orang yang humoris cenderung lebih mudah didekati. Namun kamu perlu ingat, sampaikan humor dengan tepat dan sesuai, jangan sampai menyinggung orang lain.

Public speaking

Kemampuan public speaking yang baik membantu kamu lebih percaya diri. Ingin mengembangkan keterampilan public speaking? Cari tahu selengkapnya di sini.

Tips Mendapatkan Network

Setelah menguasai skills tersebut, bagaimana caranya menjalin network? Berikut 10 tipsnya.

  • Berkenalan dengan orang baru di networking events
  • Menghadiri social events
  • Menjaga komunikasi yang baik dengan relasi
  • Bertukar kartu nama yang unik dan menarik
  • Percaya diri
  • Menawarkan bantuan kepada relasi
  • Menyapa kembali relasi lama
  • Berkenalan dengan orang baru di media sosial
  • Mengikuti komunitas atau organisasi dengan berbagai minat
  • Membentuk kelompok networking sendiri

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!