Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa itu Personal Branding? Bikin Kamu Dilirik Perusahaan!

apa itu personal branding

Salah satu kemampuan yang akan membuatmu dilirik perusahaan multinasional adalah kemampuan berbahasa asing. Untuk itu, kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Kamu ingin semakin meningkatkan peluangmu? Kamu perlu memanfaatkan personal branding. Berikut cara agar kamu memiliki personal branding yang baik.

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah persepsi orang lain yang kamu bentuk atas dirimu. Personal branding biasanya digunakan dalam lingkup profesional.

Personal branding dapat memengaruhi penilaian selama proses seleksi karyawan, hingga akhirnya kamu diterima atau tidak.

Personal branding dapat ditampilkan lewat berbagai cara, contoh yang paling umum adalah melalui media sosial. Selain itu, personal branding dapat dilihat dari cara berpakaian dan cara berbicara.

Personal branding berkaitan dengan segala sesuatu yang melekat pada dirimu secara konsisten hingga akhirnya membentuk persepsi orang lain.

Manfaat Personal Branding

Apa tujuan personal branding yang dilakukan seseorang? Diketahui personal branding ini bisa menjadi investasi masa depan bagi dirimu.

1. Menjadi Pembeda

Personal branding bisa menjadi sarana kamu unjuk keunikan. Dengan begitu, orang dapat mengingat karaktermu.

2. Sebagai Sarana Mendapatkan Promosi

Personal branding yang menarik akan membuat kamu lebih mudah dipromosikan. Sebabnya kamu memiliki daya tarik yang dapat memengaruhi orang lain.

3. Unjuk Kemampuan

Personal branding merupakan cara untuk unjuk kemampuan. Tujuannya agar orang benar-benar melihat kompetensimu.

4. Meyakinkan Orang Lain untuk Percaya

Personal branding meninggalkan kesan yang kuat bahwa kamu kompeten. Hal ini membuat orang lain lebih mudah percaya dengan kemampuanmu memberikan solusi.

Cara Membentuk Personal Branding

Lantas bagaimana membentuk personal branding? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Walaupun begitu, perlu diingat bahwa membentuk personal branding tidak instan.

1. Menentukan Tujuan di Masa Depan

Tentukan apa tujuan yang ingin kamu raih dengan membentuk personal branding. Contohnya kamu ingin menjadi manajer keuangan, maka kamu harus mencitrakan diri memiliki pikiran yang jernih, kemampuan analisis, dan kepemimpinan yang mumpuni.

2. Lakukan Riset

Ambil contoh sosok yang sukses dalam jabatan yang kamu tuju. Cari tahu kebiasaan, pola pikir, dan etos kerja mereka. Jadikan hal tersebut inspirasi kamu.

3. Tetapkan Atribut

Tentukan atribut apa yang akan meninggalkan kesan sesuai dengan tujuan yang ingin kamu raih.

4. Jujur kepada Diri Sendiri

Introspeksi terlebih dulu terkait keadaanmu sekarang. Apakah ada kekurangan? Jangan memaksakan diri untuk berubah.

5. Tunjukkan Personal Branding

Tunjukkan siapa dirimu melalui cara berkomunikasi, sikap, penampilan, dan atribut lainnya yang sudah kamu tetapkan. Kamu juga bisa menunjukkan citra diri melalui media sosial.