Metode Jigsaw, Strategi Kolaboratif dalam Pembelajaran

metode jigsaw

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, metode jigsaw adalah salah satu pendekatan yang unik dan efektif. Sebagai salah satu cara yang berbeda dalam menyampaikan materi, metode jigsaw menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Lantas, seperti apa itu metode jigsaw? Jika kamu penasaran, yuk simak hingga tuntas artikel ini karena akan dibahas secara mendalam tentang metode jigsaw, mulai dari apa itu, kelebihan, kekurangan, hingga bagaimana cara memaksimalkannya.

Apa itu metode jigsaw?

Metode jigsaw adalah sebuah teknik pembelajaran kolaboratif yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim. Dalam metode ini, materi pelajaran dibagi menjadi beberapa bagian, dan setiap anggota tim bertanggung jawab untuk menjadi pakar dalam salah satu bagian tersebut.

Kelebihan Metode Jigsaw

Kelebihan dari metode ini banyak ditemukan dalam berbagai aspek pendidikan. Berikut adalah penjabaran dari kelebihan-kelebihan tersebut:

  1. Peningkatan Kerjasama dan Interaksi
    Metode ini mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim. Mereka tidak hanya belajar materi, tetapi juga cara berkomunikasi dan berkolaborasi dengan teman sebaya.
  2. Pembelajaran Menjadi Lebih Aktif
    Dalam menggunakan metode jigsaw, siswa diberi kesempatan untuk menjadi bagian aktif dalam proses belajar. Ini membantu mereka menginternalisasi materi dengan cara yang lebih mendalam.
  3. Pengembangan Keterampilan Interpersonal dan Empati
    Metode pembelajaran ini membantu dalam pengembangan keterampilan sosial siswa. Dengan bekerja dalam tim, mereka belajar untuk memahami dan menghargai pandangan orang lain.
  4. Dukungan bagi Siswa dengan Berbagai Kemampuan
    Dalam metode jigsaw, setiap siswa memiliki peran yang penting. Hal ini membantu siswa yang mungkin kurang percaya diri dalam kontribusi mereka, sambil memastikan bahwa semua siswa terlibat aktif.
  5. Meningkatkan Retensi dan Pemahaman Materi
    Penelitian telah menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan retensi dan pemahaman materi. Siswa belajar dari satu sama lain dan membantu memperkuat pengertian teman sebaya mereka tentang materi.

Baca Juga: 7 Macam-Macam Metode Pembelajaran, Para Guru Wajib Tahu!

Kekurangan Metode Jigsaw

Meskipun memiliki banyak manfaat, metode pembelajaran ini tidak terlepas dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Beberapa kekurangan dalam menerapkan metode jigsaw di antaranya:

  1. Kesulitan Koordinasi
    Menerapkan metode pembelajaran ini memerlukan persiapan dan koordinasi yang ekstra dari pihak pengajar. Hal ini dapat menjadi tantangan khusus bagi guru yang belum berpengalaman dengan metode ini.
  2. Potensi Ketimpangan Pengetahuan
    Dalam metode jigsaw, terkadang ada siswa yang mungkin tidak berkontribusi sebanyak anggota lain dalam grup. Hal ini dapat menyebabkan ketimpangan pengetahuan di antara anggota grup dan mengurangi efektivitas metode ini.
  3. Memerlukan Waktu yang Lebih Lama
    Proses pengajaran menggunakan metode ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional. Hal ini karena setiap siswa perlu waktu untuk memahami dan mengajarkan bagian materi yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Tergantung pada Partisipasi Siswa
    Keberhasilan metode jigsaw sangat bergantung pada partisipasi aktif siswa. Jika ada siswa yang tidak aktif berpartisipasi, hasil pembelajaran mungkin tidak optimal.
  5. Kemungkinan Terjadi Konflik
    Karena metode pembelajaran ini memerlukan kerja sama yang erat antar anggota grup, kemungkinan terjadi konflik interpersonal jika tidak dikelola dengan baik.

Penerapan Metode Jigsaw

Penerapan metode jigsaw dalam pengajaran adalah proses yang menarik dan dapat membawa dinamika baru ke dalam kelas. Berikut cara-cara yang bisa diikuti untuk mengimplementasikan metode pembelajaran satu ini:

  • Pemilihan Materi yang Sesuai
    Pilih materi yang sesuai untuk diterapkan dengan metode ini. Materi harus cukup kompleks sehingga dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang dapat dipahami dan diajarkan oleh siswa.
  • Pembagian Materi
    Bagi materi ke dalam sub-sub yang berbeda. Setiap sub-materi ini akan menjadi tanggung jawab dari satu atau lebih siswa dalam grup.
  • Pembentukan Grup Asli dan Grup Ahli
    Bagi siswa ke dalam grup asli dan grup ahli. Dalam grup ahli, setiap siswa akan belajar tentang bagian materi yang sama, sedangkan dalam grup asli, setiap anggota akan mengajarkan bagian materi yang berbeda.
  • Instruksi dan Latihan
    Berikan instruksi yang jelas tentang bagaimana metode jigsaw akan bekerja. Lakukan latihan atau simulasi jika perlu, untuk memastikan bahwa semua siswa mengerti tentang tanggung jawab mereka.
  • Proses Belajar Mengajar
    Biarkan siswa belajar tentang sub-materi mereka dalam grup ahli, kemudian kembali ke grup asli untuk mengajarkan kepada teman sebaya mereka.

Memaksimalkan Metode Jigsaw

Memaksimalkan metode jigsaw dalam proses edukasi bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu bagaimana cara melakukannya. Metode jigsaw bisa menjadi alat yang sangat kuat dalam mengajar, tetapi efektivitasnya sangat bergantung pada bagaimana cara penggunaannya.

  1. Memahami Materi dengan Baik
    Sebelum menerapkan metode jigsaw, pengajar harus benar-benar memahami materi yang akan diajarkan. Hal ini memungkinkan pengajar untuk membantu siswa dengan lebih efektif dalam proses belajar mengajar.
  2. Menetapkan Tujuan yang Jelas
    Setiap sesi yang menggunakan metode jigsaw harus memiliki tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik. Hal ini membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka bisa mencapai tujuan tersebut.
  3. Menciptakan Lingkungan yang Mendukung
    Lingkungan yang nyaman dan mendukung sangat penting dalam memaksimalkan metode jigsaw. Pengajar harus memastikan bahwa setiap anggota grup merasa dihargai dan dapat berpartisipasi sepenuhnya.
  4. Menggunakan Bahan yang Tepat
    Memilih bahan yang sesuai dengan kemampuan siswa dan relevan dengan tujuan pembelajaran akan meningkatkan efektivitas metode jigsaw.
  5. Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif
    Memberikan umpan balik yang tepat dan konstruktif kepada siswa membantu mereka memahami apa yang mereka lakukan dengan benar dan apa yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga: 11 Cara Menghafal dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.