10 Universitas Terbaik di ASEAN, Ada yang Raih Skor >7

salah satu universitas terbaik di ASEAN

Kursus Speaking English – Daftar universitas terbaik di ASEAN terus diperbarui setiap tahunnya. Di tahun ini, salah satu universitas tanah air bahkan masih menyandang gelar tersebut dari tahun ke tahun, ada pula yang baru meraih gelarnya.

Apakah kamu sudah penasaran dengan daftar universitas terbaik di Asia Tenggara? Yuk Lister beri tahu di bawah ini.

10 Universitas Terbaik di ASEAN

Tak kalah dengan universitas di negara barat, wilayah Asia Tenggara juga memiliki 10 universitas terbaik di Asia yang menawarkan fakultas hingga fasilitas mendukung bagi mahasiswanya.

Berikut sepuluh kampus negeri dan swasta terbaik di ASEAN:

1. Universitas Indonesia

Berdiri sejak tahun 1949, kampus kuning ini sudah beberapa tahun terus menjadi ‘langganan’ universitas terbaik Asia Tenggara. Tak heran, salah satu universitas terbaik di ASEAN tertua ini menawarkan banyak bidang keilmuan yang menarik perhatian siswa Indonesia dan mancanegara.

Sebagai ‘rumah’ dari studi Kriminologi, Universitas Indonesia meraih peringkat ke-49 se-Asia dengan nilai keseluruhan versi QS AUR 2023 adalah 62.2.

2. National University of Singapore (NUS)

Raih skor capai 96.7, Negara Singa setiap tahunnya kerap menjadi tujuan calon mahasiswa asal Indonesia untuk mengenyam pendidikan mereka di bidang teknik, kedokteran, ilmu sosial, atau teknologi komputer.

Sudah jadi rahasia umum jika salah satu universitas terbaik di ASEAN ini masuk dalam jajaran kampus terbaik dunia yang menawarkan fasilitas lengkap, bahkan relasi pekerjaan setelah lulus.

3. Binus University, Indonesia

Kabar baik datang dari Indonesia, Binus sebagai salah satu universitas terbaik di ASEAN yang didapuk sebagai universitas swasta terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2023. Aspek yang dinilai antara lain kualitas belajar mengajar, penelitian, lulusan, internasionalisasi, keterlibatan masyarakat, serta reputasi lembaga.

Mengalahkan Universiti Tenaga Nasional Malaysia, Binus meraih urutan pertama dengan skor 73.7.

Baca juga: 7 Universitas di Singapura Terbaik Lengkap dengan Info Beasiswa

4. Nanyang Technological University, Singapura

Masih dari Singapura, Nanyang merupakan salah satu universitas terbaik di ASEAN sekaligus tertua kedua yang menawarkan program studi bisnis, teknik, seni, ilmu sosial, dan sains.

Meraih peringkat ke-5 di Asia, menariknya lagi Nanyang memberi peluang besar beasiswa bagi mahasiswa internasional.

5. Universiti Malaya, Malaysia

Negara di ASEAN yang memiliki universitas terbaik berada di negara Malaysia, Universiti Malaya yang berpusat di Kuala Lumpur tercatat sekitar 4000 lebih mahasiswa internasional menempuh studi sarjana, pascasarjana, atau doktoral di kampus ini.

6. Ton Duc Thang University, Vietnam

Telah menjadi pusat akademik terbaik di Vietnam, kampus yang berdiri pada tahun 1997 tersebut mempunyai pilihan bidang studi yang variatif.

TDTU Vietnam juga bekerja sama dengan beberapa kampus dunia seperti Business & Hotel Management School Switzerland, California State University, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tentang Universitas Cornell, Salah Satu Universitas Terkenal di Amerika Serikat

7. University of the Philippines

Bertempat di Dillman, Quezon City sejak tahun 1908, universitas terbaik di dunia asal Filipina ini memiliki sejarah yang erat dengan masa kolonial Amerika pada saat itu. Bahkan, mereka menerapkan sistem pendidikan seperti Amerika Serikat.

Telah berhasil mencetak alumni hebat, seperti Marla Rausch, Jose P. Laurel tak heran kampus tersebut kerap dipilih mahasiswa lokal atau internasional.

8. Universiti Brunei Darussalam

Menawarkan bidang keilmuan Studi Islam, Ilmu Asia, sampai Ilmu Alam Universiti Brunei Darussalam yang menduduki peringkat ke-71 ini ramah beasiswa untuk mahasiswa internasional.

9. Chulalongkorn University, Thailand

Siapa yang tak asing dengan kampus bertabur bintang ini? Universitas yang terletak di tengah kota Bangkok tersebut memiliki beberapa keilmuan seperti Hukum, Psikologi, Seni, Arsitektur, dan masih banyak lagi.

Universitas terbaik di Asia 2023 yang ramah muslim tersebut menduduki peringkat ke-37 di Asia.

Baca juga: 5 Universitas di Australia Tahun 2023 Versi Times Higher Education, Apa Sajakah?

10. Mahidol University, Thailand

Selain Chulalongkorn, Universitas Mahidol yang mengambil nama dari Pangeran Mahidol, Bhumibol Adulyadej yang dijuluki sebagai ‘Ayah dari Kedokteran Modern dan Kesehatan Masyarakat’ di Thailand.

Sesuai julukan tersebut, kampus yang berada di Nakhon Pathom, Kanchanaburi, dan provinsi Amnat Charoen ini telah berhasil ‘melahirkan’ para ahli kesehatan terbaiknya.

Apa Saja Indikator Penilaiannya?

Peringkat universitas terbaik di ASEAN merupakan agenda tahunan beberapa lembaga penilaian universitas yang membantu calon mahasiswa seluruh dunia dalam memilih kampus impian mereka.

Contoh lembaga penilaian seperti QS WCU Rankings menjabarkan apa saja indikator penilaian yang mereka terapkan kepada universitas, berikut di antaranya.

1. Riset

Pertama, riset merupakan syarat krusial yang diberlakukan pada suatu perguruan tinggi. Hal tersebut untuk menentukan layak tidaknya kampus pemeringkatan secara internasional.

2. Proses mengajar

Selain riset, proses mengajar di universitas juga akan dinilai demi pola pembelajaran yang diterapkan sudah berjalan dengan baik.

3. Kinerja

Tidak hanya selama proses belajar mengajar saja, para lulusan universitas yang diujikan tersebut juga akan dilihat. Kategori Employer Reputation ini bahkan berpengaruh besar terhadap kualitas universitas ASEAN terletak di negara tersebut.

4. Internasionalisasi

Kehadiran dosen, staff, mau pun mahasiswa internasional juga menjadi salah satu indikator penilaian apakah universitas tersebut punya nilai bagus atau tidak. Program pertukaran pelajar yang diselenggarakan pun bisa menentukan.

5. Fasilitas kampus

Penilaian berdasarkan fasilitas mungkin jadi rahasia umum dan mudah dalam menentukan kualitas pembelajaran. Semakin bagus dan lengkap fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium tentunya makin mendorong produktivitas mahasiswa.

6. Pembelajaran daring

Sudah tak asing lagi bagi kampus dunia jika sistem pembelajaran daring diadakan, dan hal tersebut juga menjadi penentu peringkat.

7. Inovasi

Untuk meraih predikat universitas nomor 1 di Asia, suatu perguruan tinggi juga diharuskan mengusung sistem pembelajaran terbaru berdasarkan penilaian QS WCU Rankings.

Tak dapat dipungkiri, inovasi dalam dunia pendidikan juga sangatlah penting demi memajukan bangsa dan generasi mendatang agar masuk salah satu universitas terbaik di ASEAN.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Speaking English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.