10 Universitas Terbaik di Jerman dan Pilihan Jurusannya

universitas terbaik di jerman

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Jerman merupakan salah satu negara yang dipilih oleh para pelajar di seluruh dunia untuk melanjutkan studi ke luar negeri, tidak terkecuali pelajar dari Indonesia. 

Banyak universitas terbaik di Jerman yang memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional.

Di samping itu, pendidikan setingkat S1 di sebagian besar universitas terbaik di Jerman tidak dikenakan biaya alias gratis. Ketentuan ini berlaku bagi warga lokal Jerman maupun mahasiswa asing.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di negara dengan julukan Panzer ini, Lister akan membagikan informasi tentang 10 universitas terbaik di Jerman yang bisa kamu pilih. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, ketahui terlebih dahulu alasan mengapa kamu harus kuliah di Jerman lewat ulasan di bawah ini. 

2 Alasan Utama Mengapa Kamu Harus Kuliah Di Jerman 

Tidak sedikit pelajar yang masih merasa ragu untuk berkuliah negeri. Padahal, jika memilih negara tujuan pendidikan yang tepat, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya dengan memilih kampus terbaik di Jerman dan Australia untuk jurusan tertentu.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut 2 alasan utama mengapa Jerman menjadi negara tujuan pendidikan yang tepat untukmu. 

1. Peluang Karier yang Bagus

Selain mengembangkan kualitas intelektual, tujuan seseorang melanjutkan studi ke luar negeri adalah agar bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan berkuliah di Jerman, kamu akan berpeluang memiliki karier yang bagus. Pasalnya, lulusan universitas terbaik di Jerman telah diakui oleh banyak negara di dunia.

Jika kamu memilih universitas terbaik di Jerman jurusan Teknik Informatika, kamu bisa berkarier sebagai programmer atau data analyst di perusahaan-perusahaan besar, baik di dalam maupun luar negeri. 

2. Memiliki Banyak Bidang Studi Unggulan

Universitas terbaik di Jerman memiliki banyak bidang studi unggulan. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Beberapa jurusan terbaik yang bisa kamu pilih di universitas negeri diantaranya, kedokteran, teknik, agrikultur, robotik, sejarah, sastra, dan fisika. Kamu bisa menemukan daftar lengkap universitas negeri di Jerman dan jurusannya di laman internet. 

10 Universitas di Jerman dengan Berbagai Pilihan Jurusan

Setidaknya terdapat 10 universitas terbaik di Jerman yang termasuk ke dalam universitas terbaik di dunia. Kampus apa sajakah itu? Berikut uraiannya. 

1. Universitas Munster

Universitas Munster terkenal akan keunggulannya dalam melakukan penelitian lintas disiplin ilmu. Mulai dari jurusan kedokteran, matematika, kimia hingga bisnis. Karena alasan tersebut, tidak heran jika universitas ini menjadi universitas riset publik terbaik yang ada di Jerman. 

2. Universitas Hannover

Universitas Hannover adalah kampus sains dan teknologi terbesar yang ada di Jerman dan telah berdiri semenjak tahun 1831. Universitas terbaik di Jerman yang gratis ini menyediakan berbagai pilihan jurusan seperti ilmu komputer, fisika, kimia, matematika, kecerdasan buatan dan teknik mesin. 

3. Universitas Freiburg

Universitas Freiburg merupakan universitas tertua kelima di Jerman yang berkontribusi besar terhadap pengembangan bidang studi ilmu pengetahuan sosial, budaya dan teknologi.

15 akademisi dari Universitas Freiburg bahkan berhasil meraih penghargaan di bidang penelitian yang bertajuk Gottfried Wilhelm Leibniz Prize.

4. Universitas Humboldt

Universitas terbaik di Jerman yang berikutnya adalah Humboldt University Berlin. Berdiri pada tahun 1809, institusi pendidikan tinggi ini memiliki jurusan seni dan ilmu pengetahuan budaya yang tidak perlu diragukan lagi reputasinya.

Universitas Humboldt menjadi pelopor pendidikan holistik yang menggabungkan teknik pembelajaran dengan penelitian. 

5. Universitas Charite

Universitas Charite merupakan universitas terbaik di Jerman jurusan Kedokteran. Universitas ini dikenal sebagai rumah sakit pendidikan nomor satu di Eropa.

Bahkan setengah dari jumlah pemenang penghargaan Nobel di bidang medis dan fisiologi dari Jerman pernah bekerja di universitas yang berlokasi di Berlin ini. 

6. Universitas RWTH Aachen

Universitas RWTH Aachen menjadi universitas di Jerman yang banyak mahasiswa Indonesia. Kampus yang letaknya dekat dengan negara Belanda dan Belgia ini merupakan almamater presiden Indonesia ke-3 BJ.Habibie Jurusan yang tersedia di Universitas RWTH Aachen meliputi jurusan teknis mesin, teknik sipil, ilmu komputer dan geografi terapan.

7. Universitas Mannheim

Universitas Mannheim adalah universitas di Jerman jurusan Psikologi yang masuk ke dalam 20 besar lembaga penelitian ilmiah di Eropa. Universitas bertaraf internasional ini memiliki program pendidikan Sarjana Psikologi dan Magister Psikologi dengan jurusan psikologi kognitif dan psikologi klinis. Universitas Mannheim juga telah menerima banyak mahasiswa asing yang berasal dari 100 negara berbeda. 

8. Universitas Bonn

Jika kamu mencari universitas di Jerman jurusan Hukum, Bonn University adalah salah satu pilihannya. Kampus yang didirikan sejak tahun 1818 ini telah menghasilkan berbagai penelitian di bidang hukum seperti hukum publik, hukum keluarga Jerman, dan hukum internasional. Departemen hukum di Universitas Bonn ini juga telah bermitra dengan lebih dari 60 universitas yang ada di dunia. 

9. Universitas Heidelberg

Universitas Heidelberg  berdiri sejak tahun 1386 dan menjadikannya sebagai universitas tertua di Jerman. Universitas ini menempati posisi ke-65 terbaik di dunia dengan berbagai pilihan bidang studi diantaranya Matematika, Teologi, Hukum, Ekonomi, Sosial, Psikolog, Bahasa Modern, Astronomi, dan masih banyak lagi. 

10. Universitas Tubingen

Universitas Tubingen menjadi kampus di Jerman yang telah diberikan gelar University of Excellence. Universitas ini memiliki beberapa pilihan jurusan yaitu jurusan hukum, arkeologi, filosofi, dan teknologi kecerdasan buatan. Universitas Tubingen juga menawarkan berbagai jenis kursus di bidang artistik seperti kursus penulisan dan fotografi. 

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang 10 daftar universitas terbaik di Jerman di atas, kamu harus mencari sumber yang terpercaya. Selain mengakses website resmi dari universitas yang dituju, kamu juga bisa bertanya kepada lembaga konsultan pendidikan berpengalaman.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh freepic.diller di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.