8 Universitas Pertama di Dunia, Mana yang Jadi Impianmu?

universitas pertama di dunia

Kursus Bahasa Inggris untuk AnakUniversitas pertama di dunia, kira-kira apa yang muncul dalam pikiranmu saat mendengar kalimat ini? Bisa saja kamu langsung teringat beberapa Universitas tertua di dunia seperti Cambridge, Oxford hingga Al Azhar?

Tepat sekali! Jawabanmu tidak salah karena perguruan tersebut memang masuk dalam daftar perguruan tinggi paling tua.

Hanya saja, beberapa yang kamu pikirkan bukanlah Universitas pertama di dunia. Faktanya masih ada beberapa Universitas yang jauh lebih lama didirikan, menjadi yang pertama di negaranya masing-masing dan pastinya menjadi yang tertua.

Mau tau apa saja? Khusus untuk kamu nih, berikut berhasil lister rangkum beberapa Universitas pertama di dunia.

1. Universitas Al-Qarawiyyin (Maroko)

Mungkin kamu akan sedikit asing dengan nama Universitas satu ini. Padahal faktanya Al-Qarawiyyin merupakan kampus tertua di dunia. Universitas Al-Qarawiyyin berada Fez Maroko yang mana usianya lebih dari 10 abad. 

Sosok Fatima Al Fihri merupakan pendiri Al Qarawiyyin pada tahun 859 Masehi. Sebelum difungsikan sebagai Universitas, Al-Qarawiyyin awalnya digunakan sebagai masjid sekaligus sebagai pusat pendidikan komunitas muslim di Fez Maroko.

Hingga kemudian di tahun 1963 berubah menjadi salah satu Universitas pertama dan tertua di Maroko yang fokus pengajarannya pada ilmu agama Islam.

2. Universitas Pertama di Dunia  Al Azhar (Mesir)

Di posisi kedua ada Al-Azhar sebagai universitas tertua di dunia yang berada di Mesir. Universitas Islam paling bergengsi ini telah berdiri sejak tahun 975 dan menjadi salah satu Universitas pusat pembelajaran Islam yang tertua di dunia setelah Al-Qarawiyyin.

Al-Azhar baru menjadi Universitas di tahun 1961 dan kerap dianggap sebagai Universitas tertua di dunia.

Sebelumnya Universitas Islam tertua di dunia ini menjadi pusat pembelajaran Islam dengan kurikulum yang lebih modern dan berhasil menempati posisi 994 terbaik di dunia.

3. Universitas Bologna (Italia)

Disingkat UNIBO, universitas yang berada di Italia ini termasuk perguruan tinggi tertua di dunia yang telah ada sejak tahun 1088. Setidaknya UNIBO telah memiliki 11 fakultas termasuk School of Law, School of Medicine and Surgery, School of Arts, Humanities and Culture Heritage.

Selain itu, Universitas Bologna juga memiliki cabang di Buenos Aires, Argentina yang berhasil menduduki urutan 172 sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca juga: 7 Universitas di Singapura Terbaik Lengkap dengan Info Beasiswa

4. Universitas Oxford (Inggris)

Bagi kamu penggemar Harry Potter atau Sherlock Holmes, selamat karena kamu sudah berhasil melakukan mini tour di universitas satu ini.

Sebagai salah satu Universitas tertua, Oxford telah berdiri sejak abad ke 11 dan menjadi Universitas pertama di Inggris.

Menurut beberapa sumber, tanggal pendirian Universitas Oxford masih belum jelas. Satu yang pasti, Universitas ini berhasil menjadi salah satu yang paling bergengsi di dunia hingga saat ini.

Bahkan pecahan Oxford yaitu Cambridge University juga berhasil menjadi salah satu Universitas terbaik di dunia. 

5. Universitas Salamanca (Spanyol)

Di urutan ke lima ada Universitas Salamanca sebagai salah satu Universitas tertua di dunia dan menjadi Universitas pertama di negara Spanyol.

Universitas dari Negeri Matador ini diakui sebagai perguruan tinggi pada masa Raja Alfonso IX di tahun 1218 meskipun sudah eksis jauh sebelumnya yaitu sejak tahun 1134.

Universitas Salamanca mulai terkenal karena sumbangsihnya dalam mendukung Christopher Columbus pada abad ke 15.

Di tahun 2018 Universitas Salamanca berhasil memegang posisi sebagai sekolah tertua di Spanyol dengan dianugerahi Piagam Kerajaan. Hal ini menjadikan Salamanca sebagai salah satu Universitas tertua di Eropa.

6. Universitas Cambridge (Inggris)

Di posisi berikutnya ada saudara kembar Universitas Oxford yaitu Cambridge University. Cambridge University dikategorikan menjadi 13 kampus otonom. Di mana ada 4 kampus di kawasan Sorbonne dan sisanya tersebar di wilayah lain.

Saat ini Cambridge University termasuk perguruan tinggi dengan persyaratan masuk paling ketat di Britania Raya bahkan menjadi salah satu yang tersulit di dunia.

Meskipun catatan awal sudah hilang, dari beberapa informasi diketahui Universitas ini kemungkinan dibangun pada tahun 1209 oleh sarjana-sarjana yang kabur dari Universitas Oxford.

Baca juga: 5 Tentang Universitas Cornell, Salah Satu Universitas Terkenal di Amerika Serikat

7. Universitas Padua (Italia)

Di urutan ke tujuh ada Universitas Padua sebagai universitas intensif penelitian terbaik di dunia yang didirikan sejak tahun 1222. Sebagai salah satu lembaga multidisiplin, Universitas Padua hadir dengan program yang lebih luas dan komprehensif untuk menciptakan generasi emasnya.

Mulai dari Ilmu Politik, Teknik, Kedokteran, Humaniora, Pertanian, Psikologi hingga Sains merupakan beberapa program paling populer dari Universitas Padua. Hingga saat ini, Universitas Padua diakui sebagai prestasi prestisius dalam pasar tenaga kerja di dunia. 

Baca juga ulasan lengkap tentang Universitas pertama di Indonesia.

8. Universitas Naples Federico II (Italia)

Di urutan terakhir ada Universitas Naples Federico II yang didirikan di Italia pada tahun 1224. Universitas ini juga menjadi Universitas terbesar ketiga di negara Italia berdasarkan jumlah mahasiswa dengan 13 fakultas terbaik di dalamnya.

Universitas Naples Federico II juga berhasil menjadi slaah satu Universitas tertua di dunia. Bahkan di tahun 2015 Naples Federico II menjadi bagian dari 100 Universitas terbaik di dunia. Sesuai namanya, Naples Federico II digunakan untuk menghormati Frederick II. 

Di tahun 2016, Universitas Naples Federico II berhasil menyelenggarakan Akademi Pengembang Apple IOS pertama, dan di tahun 2018 kembali melakukan Cisco Digital Transformation Lab. Hingga saat ini ada banyak tokoh-tokoh besar yang telah dihasilkan Universitas Naples Federico II.

Baca juga: 5 Universitas di Australia Tahun 2023 Versi Times Higher Education, Apa Sajakah?

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.