5 Tentang Universitas Cornell, Salah Satu Universitas Terkenal di Amerika Serikat

universitas cornell

Kursus Bahasa Mandarin  – Universitas Cornell merupakan salah satu universitas termahal di Amerika Serikat. 

Dalam daftar 100 kampus termahal di Negeri Paman Sam, Universitas ini menduduki peringkat ke-19.Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang-orang untuk menuntut ilmu disini karena Cornell University Ranking universitas terbaik di dunia.

Berikut ini, Lister akan bagikan 5 informasi menarik tentang Universitas Cornell yang suatu hari nanti bisa membantu Kamu, yang berminat untuk kuliah di luar negeri memutuskan universitas yang diinginkan.

Fakta  Universitas Cornell 

Kampus Swasta Yang Didirikan Oleh Mantan Senator. Universitas Cornell adalah universitas swasta yang ada di kota New York. Ia merupakan bagian dari Ivy University League. 

Sama seperti John Hopkins University, Nama universitas ini diambil dari nama salah satu pendirinya yaitu Andrew Dickson White dan Ezra Cornell, yang merupakan seorang mantan senator.

Awal dibangun, Universitas Cornell lebih fokus untuk memberikan kontribusi dan pengajaran pada semua bidang ilmu pengetahuan.

Namun semakin lama, Universitas Cornell pun berkembang menjadi universitas yang inovatif dalam hal teknologi , penerapan penelitian yang kemudian diimplementasikan ke lapangan.

Universitas Cornell juga telah mengambangkan program studi internasionalnya pada tahun 2000 silam.  

Cornell juga telah menjalin kemitraan dengan beberapa negara seperti Singapura, China dan juga India.

Menghadirkan Banyak Fasilitas Menarik Untuk Mendukung Proses Belajar Mahasiswa

Tidak berbeda dengan universitas lainnya, Universitas Cornell pun menghadirkan berbagai macam fasilitas menarik untuk memberikan dukungan belajar bagi mahasiswanya.

Beberapa contoh fasilitas yang disediakan universitas di Amerika ini adalah lembaga observatory bernama Arecibo Observatory yang berlokasi di Puerto Rico. Ciri khas dari lembaga ini adalah memiliki alat teleskop radio yang berfungsi untuk menangkap sinyal radio yang dipancarkan oleh benda-benda langit. 

Teleskop radio tersebut dioperasikan bersama dengan National Science Foundation.

Baca juga: 3 Tradisi Natal Unik di Amerika, Australia, dan Inggris

Fasilitas berikutnya yang disediakan Universitas Cornell adalah SML yang merupakan singkatan dari Shoals Marine Laboratory. 

Sesuai namanya, SMI merupakan sebuah laboratorium dan juga stasiun kelautan. 

Tempat ini dikelola universitas Cornell bersama dengan Universitas New Hampshire dan berlokasi di Pulau Appledore yang ada di Pantai New Hampshire.

Universitas Cornell juga menghadirkan sebuah museum yang diberi nama Harbert F Johnson Museum of Art. Museum ini ada di kampus utama Cornell. Selain museum, terdapat juga Library Cornell University. 

Perpustakaan ini memiliki koleksi berupa 7,5 juta volume buku, 440.000 peta, 8,2 juta mikrofich dan mikrofilm serta film, DVD sampai rekaman suara.

Terdapat juga botani yang memiliki luas 1.700 ha bernama Cornell Botanic Gardens.

Baca juga: Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

Melakukan Proses Seleksi Yang Ketat

Bagi Kamu yang tertarik untuk belajar di Universitas Cornell perlu mengetahui kalau universitas ini melakukan proses seleksi yang ketat untuk menerima mahasiswa yang hendak belajar disana.

Pada tahun 2019 yang lalu, universitas Cornell hanya menerima 10,9 % persen atau 5.330 dari 49.114 orang pendaftar.

Di tahun yang sama juga, Universitas Cornell mulai menerima siswa dari berbagai negara termasuk negara bagian di Amerika Serikat sebanyak 50 orang. Diterima juga mahasiswa sarjana kelompok minoritas sebanyak 23%.

Baca juga: 9 Orang Kulit Hitam Amerika Berpengaruh di Luar Negeri

Memberikan Program Bantuan Berupa Beasiswa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Universitas Cornell merupakan salah satu universitas termahal di Amerika Serikat.

Total biaya yang dibutuhkan untuk menuntut ilmu di universitas ini pada tahun 2019 kurang lebih adalah sekitar $ 54,584  selama 4 tahun.

Bisa dikatakan, biaya ini lebih mahal 92% jika dibandingkan biaya pendidikan selama 4 tahun di Universitas Swasta Nasional yang memakan biaya sebesar $ 28,471.   

Namun, perlu diketahui, kalau meskipun memiliki biaya pendidikan yang tergolong tinggi, 

Universitas Cornell juga memberikan program bantuan finansial berupa beasiswa kepada mahasiswanya.

Sebagai informasi, bantuan yang disediakan pihak universitas untuk mahasiswa berupa beasiswa ataupun sejumlah hibah yang didasarkan pada kebutuhan. Universitas tidak menyediakan bantuan prestasi.

Untuk pelajar Indonesia yang berminat masuk universitas ini, bisa belajar melalui program pascasarjana di Universitas Cornell. Kamu bisa belajar dengan menggunakan beasiswa LPDP.

Banyak Pilihan Program Studi

Informasi penting lain yang perlu Kamu ketahui tentang Universitas Cornell adalah 

cornell university jurusan. Universitas ini memiliki banyak program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswanya, baik untuk program sarjana maupun pascasarjana.

Contoh fakultas untuk program sarjana adalah Collage of Agriculture and Life Science.  Fakultas yang satu ini mengelola beberapa jurusan seperti animal science, communication, entology, food science,microbiology, global development dan beberapa jurusan lainnya.

Fakultas lain yang ada di Universitas Cornell adalah College of Architecture,Art and Planning. Jurusan yang satu ini mengajarkan tentang arsitektur, seni rupa dan perencanaan kota serta wilayah supaya bisa menjadi kekuatan yang kreatif dan bisa membuat dunia lebih maju.

Kamu juga bisa menemukan Fakultas  Art and Science yang akan sangat cocok dimasuki oleh Kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Jurusan yang dapat Kamu pilih ada banyak beberapa diantaranya misalnya astronomy,english, French Studies Program, history, government,linguistic dan berbagai macam jurusan lainnya.

Apabila Kamu tertarik dengan ilmu bisnis maka bisa memilih Cornell SC Johnson College of Business. Program ini mengelola beberapa program sarjana bisnis dan juga perhotelan.

Universitas Cornell juga memiliki cornell university short courses dengan cakupan bidang yang luas.

Sementara untuk jurusan s2 di cornell university sendiri, disediakan beberapa program master seperti MPS management,MPS Management-Accounting  Specialization, Dual Degree MBA dan Master of Management in Hospitality.

Program Ph.D, Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan Accounting, Economics,Finance,Management and Organization, Marketing dan Operation, Technology and Information Management.

Setelah mengetahui tentang Cornell University Faculty dan berbagai macam informasi menarik lainnya, apakah Kamu semakin tertarik untuk belajar disana?

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

ngin lebih hemat lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa atau Job Interview!

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.