3 Tradisi Natal Unik di Amerika, Australia, dan Inggris

tradisi natal di amerika inggris australia

Program Lister – Amerika, Australia, dan Inggris memiliki cara tersendiri untuk merayakan Natal. Jika kamu suatu saat ingin tinggal di salah satu negara tersebut untuk melanjutkan studi atau bekerja, informasi ini penting kamu ketahui sebagai referensi.

Tradisi Natal Unik di Australia

Australia memiliki cara tersendiri untuk merayakan Natal. Berbeda dengan White Christmas di negara-negara Barat, Natal di Australia jatuh pada musim panas. Terkadang kamu dapat menemukan maskot Sinterklas di luar ruang atau tempat umum, seperti di kolam renang, kafe, hotel, pantai, bahkan pusat perbelanjaan.

Warga Australia dikenal sebagai pecinta olahraga. Oleh karena itu, diadakan berbagai perlombaan olahraga seperti kriket, berselancar, dan dayung perahu mulai dari menjelang Natal hingga Tahun Baru.

Sekolah, kampus, asrama, dan kantor akan mengadakan acara Secret Santa, yaitu acara tukar kado. Penerima kado harus menebak siapa pemberi kado tersebut.

Jika kamu ingin mengadakan acara tukar kado bersama keluarga atau teman-teman, berikut ide melakukannya dalam artikel 10 Ide Acara Tukar Kado yang Memorable Bersama Keluarga!

Hari Natal tentu belum lengkap tanpa kumpul-kumpul dan makan-makan bersama keluarga. Biasanya warga setempat mengadakan barbekyu atau lebih dikenal dengan istilah barbie di negara tersebut.

Seafood adalah hidangan yang paling populer saat perayaan Natal. Pasar seafood akan buka 36 jam menjelang Natal dan akan dikerumuni oleh warga yang rela mengantri berjam-jam untuk membeli udang.  

Amerika, Australia, dan Inggris Punya Cara Unik Tradisi Rayakan Natal Lister

Tradisi Natal Unik di Amerika

Hari Jumat setelah Thanksgiving, atau dikenal dengan Black Friday, adalah permulaan dari shopping season untuk persiapan Natal. Berbagai toko retail dan pusat perbelanjaan akan menawarkan diskon besar-besaran. Kamu mungkin akan mendapatkan barang-barang incaranmu dengan harga yang pas di kantong.

Bagi kamu yang menghabiskan liburan Natal di Amerika, jangan melewatkan parade yang digelar besar-besaran. Peserta parade akan menggunakan kostum unik dan memadati pusat kota.

Tak hanya itu, banyak kendaraan dengan hiasan menarik sesuai tema Natal yang mengelilingi kota. Parade diakhiri dengan atraksi yang menghibur dan menarik.

Setelah menikmati makan malam bersama keluarga, acara dilanjutkan dengan bertukar kado dan saling mengucapkan Merry Christmas.

Masa Natal juga merupakan saat yang tepat untuk berbagi perhatian dan kasih. Berbagai perusahaan, supermarket, restoran, dan toko akan menyediakan tempat khusus untuk diisi sumbangan pakaian atau makanan.

Selain merupakan hari raya keagamaan, Natal adalah kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman dekat, sambil menikmati hidangan lezat. Menu khas untuk Christmas Dinner adalah daging, kalkun panggang, beragam sayuran rebus, dan salad.

tradisi natal di amerika inggris australia

Tradisi Natal Unik di Inggris

Menjelang hari Natal di Inggris, di setiap mal akan ada maskot Sinterklas. Walaupun merupakan tradisi setiap tahun, pengunjung tetap akan mengantre berjam-jam untuk dapat bersalaman dan berfoto dengan maskot Sinterklas, yang akan memberikan bingkisan untuk anak-anak.

Berbeda dengan Amerika, di Inggris, perayaan Natal tidak berakhir di tanggal 25. Keesokan harinya pada tanggal 26 Desember, warga akan memadati mal untuk berburu barang-barang diskon. Hari ini dikenal dengan sebutan Boxing Day yang menjadi hari libur nasional di Inggris.

Setelah makan siang, keluarga akan berkumpul di depan televisi dan menonton pidato ratu atau raja Inggris serta acara spesial khas Natal, Dr. Who.

Salah satu tradisi lainnya saat makan bersama keluarga adalah Christmas crackers, yakni hiasan khas Natal yang dipajang di meja. Hiasan tersebut akan ditarik secara bersamaan oleh dua orang hingga putus dan mengeluarkan suara letusan.

Orang yang mendapatkan paling banyak bagian crackers akan menjadi pemenang. Apa isinya? Biasanya isi crackers tersebut adalah mahkota kertas, mainan, hadiah kecil, dan bisa juga mainan lelucon.

Christmas pudding yang dihiasi kismis adalah hidangan khas Natal. Biasanya anggota keluarga yang membuat puding tersebut akan berdoa dan membuat permohonan (make a wish) saat mengaduk adonan kue.

Terkadang pembuatnya juga akan memasukkan koin ke dalam adonan. Orang yang menemukan koin saat makan puding tersebut akan dianggap orang yang beruntung. Puding ini disajikan pada hari Minggu terakhir sebelum masa Adven (persiapan menjelang Natal) dimulai. Acara ini dikenal juga dengan sebutan stir-up Sunday.

Umumnya setiap negara memiliki sajian yang khas saat Natal, termasuk berbagai kue untuk dihidangkan kepada tamu atau anggota keluarga. Berikut ulasannya dalam artikel 11 Sajian Populer Kue Natal di Dunia, Manis dan Lezat!

Solusi Persiapan ke Luar Negeri, Cek di Sini!

Untuk meraih cita-cita ke luar negeri, baik untuk tujuan studi, bekerja, atau tinggal membutuhkan kemampuan bahasa asing. Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.