fbpx
Kursus Bahasa Inggris
Category Tips
tukar kado

Program Lister – Liburan selalu identik dengan berkumpul bersama keluarga, teman, atau sanak saudara. Salah satu kegiatan yang bisa meramaikan suasana berkumpul bersama adalah tukar kado.

Apa saja ide menarik untuk acara tukar kado? Simak lengkapnya di bawah ini.

Ide Acara Tukar Kado Saat Liburan atau Kumpul Bersama

Tukar-menukar kado menjadi salah satu aktivitas yang dapat memberikan memori seru dan tak terlupakan. Selain itu, bertukar hadiah dapat menghangatkan suasana, sehingga menjadi momen mengakrabkan dengan anggota keluarga lainnya.

1. Menentukan tema atau harga hadiah

Tema kado dapat memudahkan setiap orang membeli atau menyiapkan hadiah yang cocok. Tema tersebut dapat ditentukan sesuai situasi, kondisi, atau tren saat acara berlangsung. Misalnya, acara tukar kado di bulan Desember dengan tema Natal atau acara tahun baru dengan tema resolusi.

Masih belum menentukan hadiah Natal? Dapatkan ide kado Natal pada ulasan di artikel 15 Ide Hadiah Natal untuk Orang Tersayang, Simpel nan Berkesan.

Harga juga dapat menjadi syarat agar kado yang ditukarkan sepadan. Oleh karena itu, tentukan harga kado minimum dan maksimum yang tidak memberatkan setiap peserta.

2. Membuat kotak hadiah yang dikirim bergantian

Dikutip dari Real Simple, tukar kado dapat juga dilakukan tanpa harus saling bertemu secara fisik. Ide kotak hadiah ini cocok digunakan jika jumlah pesertanya sedikit dan tinggal berjauhan.

Perputaran kotak hadiah ini akan dimulai dengan satu orang yang menyiapkan kotak, kemudian dikirimkan ke alamat salah satu penerima. Sang penerima akan mengambil isi hadiahnya dan mengisi kotak tersebut dengan hadiah lain, kemudian dikirimkan ke peserta selanjutnya.

Perputaran ini dilakukan seterusnya secara bergantian, hingga setiap orang menerima kadonya masing-masing.

3. Memberi hadiah usil ke penerima

tukar kado

Hadiah yang unik dan penuh kejutan akan menciptakan kesan yang spesial untuk orang yang menerimanya. Isi hadiahnya merupakan sesuatu yang di luar dugaan, misalnya kaus kaki dengan quotes lucu atau tisu toilet bergambar. Orang yang mendapatkan hadiah usil ini wajib mengirimkan hadiah sejenis kepada orang lain di tahun selanjutnya.

4. Permainan white elephant

Untuk acara tukar kado dengan jumlah peserta banyak, ide ini cocok dilakukan. White elephant artinya konsep tukar-menukar kado dengan mengumpulkan kado di tengah ruangan, kemudian bermain games untuk menentukan siapa yang berhak mengambil kado terlebih dahulu. 

Bagian yang unik dari white elephant adalah orang yang mendapat giliran mengambil kado diperbolehkan mencuri kado dari pilihan orang sebelumnya atau mengambil kado lain dari tumpukan hadiah. Permainan ini terus dilakukan hingga semua orang sudah mendapatkan kadonya masing-masing.

5. Kuis berhadiah

Acara tukar-menukar kado dimulai dengan mengumpulkan seluruh kado di satu tempat. Cara memilih kado dilakukan dengan kuis berhadiah.

Permainan ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Orang yang paling cepat menjawabnya dengan benar dapat memilih kado terlebih dahulu. Peserta yang sudah menjawab benar tidak diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan lagi.

6. Permainan berburu harta karun

tukar kado

Hadiah yang sudah dibungkus akan dikumpulkan, kemudian disembunyikan ke area lokasi atau rumah tempat acara berlangsung. Ide acara ini cocok dilakukan untuk anak-anak dengan hadiah berbentuk kecil.

Peserta tukar kado harus mencari hadiah yang disembunyikan. Permainan akan lebih seru jika disembunyikan juga kado-kado dengan isian kosong.

7. Permainan lagu dan kata

Permainan dilakukan dengan seluruh peserta duduk melingkar. Kemudian kado dipindahtangankan ke orang yang duduk di sebelahnya dengan mengikuti musik yang dimainkan.

Jika musik berhenti, peserta yang terakhir memegang kado harus menyanyikan lirik lagu dari musik yang terpotong tadi. Jika berhasil, peserta berhak mendapatkan kado tersebut dan keluar dari lingkaran. Ulangi seterusnya hingga semua peserta mendapatkan kado.

8. Putar botol untuk menentukan penerima kado

Ide acara tukar menukar kado  ini cukup sederhana, yakni hanya dengan menggunakan botol. Botol diletakkan di meja dan diputar. Siapapun yang tertunjuk arah tutup botolnya dapat memilih kadonya.

9. Permainan musical chairs

tukar kado

Permainan ini dilakukan dengan memberikan kado secara acak ke para peserta acara tukar kado. Peserta duduk di kursi secara melingkar, kemudian kado yang dipegang diputar terus mengikuti musik yang dimainkan. Jika musik berhenti, maka kado yang terakhir dipegang peserta menjadi hadiah miliknya.

10. Cobweb party atau pesta sarang laba-laba

Ide tukar kado berasal dari masa Victoria, Inggris. Konsep cobweb party yakni mempersiapkan satu ruangan. Gulungan benang dengan warna berbeda diarahkan ke setiap hadiah yang tersembunyi.

Masing-masing peserta akan diberikan ujung benang dengan warna berbeda untuk mendapatkan kadonya. Permainan ini akan semakin seru dilakukan jika benang dililitkan secara rumit ke meja, kursi, pegangan tangga, tirai, dan furnitur lainnya sehingga peserta akan mengikuti gulungan benang yang panjang untuk menemukan hadiahnya.

Gulungan benang tersebut akan saling berlilitan satu sama lain, sehingga menambah keseruan acara berburu kado.

Ke Luar Negeri Bukan Cuma Mimpi, Mulai Belajar Bahasanya!

Mimpi studi, kerja, atau tinggal di luar negeri dapat diwujudkan dengan mempelajari kemampuan bahasa asing. Siapkan dirimu dengan mengikuti dengan berbagai Program Lister.

Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Need Help?