Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cerita Black History Month di Amerika dan Para Tokohnya

cerita-black-history-month

English for Cultural Training – Tahukah kamu? Setiap memasuki bulan Februari, orang-orang di Amerika akan merayakan Bulan Peringatan Sejarah Kulit Hitam atau dikenal dengan Black History Month

Black History Month adalah perayaan tahunan pencapaian oleh orang Afrika-Amerika dan waktu untuk mengakui peran sentral mereka dalam sejarah AS.

Pengertian Black History Month 

Dalam pengertian yang lebih detail, Black History Month adalah perayaan untuk mengingat kembali pencapaian keturunan Afrika-Amerika terhadap sejarah Amerika Serikat.  Juga dikenal sebagai Bulan Sejarah Afrika-Amerika, acara ini berkembang dari “Pekan Sejarah Negro,” yang digagas sejarawan terkenal Carter G. Woodson dan orang Afrika-Amerika terkemuka lainnya. 

Sejak tahun 1976, setiap presiden AS secara resmi menetapkan bulan Februari sebagai Bulan Sejarah Hitam. Negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Kanada dan Inggris, juga menetapkan satu bulan khusus  untuk merayakan sejarah tersebut.

Baca juga: Fakta Unik Bahasa Rusia yang Mesti Kamu Ketahui

Sejarah

Cerita Black History Month dimulai pada tahun 1915, setengah abad setelah Amandemen 13 menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat. Pada bulan September itu, sejarawan lulusan Harvard Carter G. Woodson dan menteri terkemuka Jesse E. Moorland mendirikan Asosiasi untuk Studi Kehidupan dan Sejarah Negro (ASNLH), sebuah organisasi yang didedikasikan untuk meneliti dan mempromosikan pencapaian oleh orang kulit hitam Amerika dan orang-orang lain di dunia keturunan Afrika.

Dikenal hari ini sebagai Association for the Study of African American Life and History (ASALH), kelompok tersebut mensponsori a national Negro History week pada tahun 1926. Mereka memilih minggu kedua Februari yang bertepatan dengan hari ulang tahun Abraham Lincoln dan Frederick Douglass.

Acara ini menginspirasi sekolah dan komunitas di seluruh negeri untuk menyelenggarakan perayaan lokal, mendirikan klub sejarah dan menyelenggarakan pertunjukan dan kuliah. Sejak 1976, setiap presiden Amerika telah menetapkan Februari sebagai Bulan Sejarah Hitam dan mendukung tema tertentu.

Melansir dari laman History, tema Black History Month 2022 adalah “Black Health and Wellness”. Tema ini mengeksplorasi “warisan tidak hanya ilmuwan kulit hitam dan praktisi medis dalam pengobatan Barat, tetapi juga cara lain untuk mengetahui (misalnya, pekerja kelahiran, bidan, naturopaths, herbalist, dll.) di seluruh Diaspora Afrika. Tema 2022 mempertimbangkan kegiatan, ritual, dan inisiatif yang telah dilakukan komunitas kulit hitam dengan baik.” 

Tokoh yang Berpengaruh

  • Abraham Lincoln (Presiden AS yang menghapus perbudakan di AS pada 1865) 
  • Martin Luther King (memperjuangkan persamaan hak orang kulit hitam sejak 1950-an)
  • Thurgood Marshall (Hakim Afrika-Amerika pertama) 
  • Mae Jemison (astronot wanita Afrika-Amerika pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa pada 1992) 
  • Barack Obama (Presiden AS keturunan Afrika-Amerika pertama)

Baca juga: 9 Orang Kulit Hitam Amerika yang Berpengaruh di Luar Negeri

Program Lister Untuk Memahami Budaya Asing 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti English for Cultural Training di Lister. 

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.
Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!