5 Universitas di Australia Tahun 2023 Versi Times Higher Education, Apa Sajakah?

universitas di australia

Kursus Bahasa Inggris  – Apakah universitas di Australia yang terbaik? 

Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang cukup maju di bidang pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya universitas di negeri kangguru yang masuk ke dalam jajaran universitas top dunia. Oleh sebab itu, tidak heran pula jika ada banyak universitas Australia yang banyak orang Indonesia berprestasi.

Jika kamu memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan di Australia selepas sekolah menengah, kamu harus mempelajari terlebih dahulu tentang universitas-universitas terbaik di negara ini. 

Jangan lupa untuk mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan serta ada tidaknya beasiswa untuk mahasiswa asing.

Berikut ini, ada 5 terbaik universitas di Australia dan jurusannya tahun 2023 versi Times Higher Education yang dirangkum oleh Lister. Apa sajakah?

The University of Melbourne

Berada di urutan pertama, ada University of Melbourne yang juga merupakan salah satu universitas di Australia yang menyediakan beasiswa. Seperti yang pasti sudah kamu ketahui, universitas ini terletak di kota Melbourne, negara bagian Victoria.

Universitas di Australia ini membagi unit akademiknya ke dalam 10 bagian. Program unggulannya adalah Law and Legal Studies yang masuk dalam top 10 dunia. 

Selain itu, The University of Melbourne juga menjadi salah satu anggota dari Group of Eight (Go8), yaitu kelompok universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia.

Ada beberapa orang terkenal yang merupakan alumni dari universitas ini, termasuk mantan Perdana Menteri Australia Malcom Fraser dan aktor Hollywood Hugh Jackman.

Biayanya sendiri bisa berbeda-beda tergantung dengan program yang diambil. Untuk program sarjana, biayanya mulai AUD 37,536 per tahun. 

Sementara itu, untuk program magister dan doktoral, masing-masing dimulai dari AUD 30,688 dan AUD 37,536 untuk mahasiswa internasional.

Baca juga: Kota Tertua di Australia Adalah Sydney, Simak 5 Fakta Menariknya

Universitas Monash

Berikutnya, ada Universitas Monash atau Monash University yang namanya cukup terkenal di kalangan pelajar Indonesia. Ya, tidak mengherankan sebenarnya jika banyak orang di republik ini bermimpi untuk belajar di Universitas Monash. 

Universitas ini hampir selalu masuk di deretan atas universitas di Australia yang terbaik.

Universitas Monash juga terletak di kota Melbourne dan sudah berdiri sejak tahun 1958. 

Perlu diketahui jika nama Monash diambil dari nama pahlawan di Australia, yaitu Sir John Monash.

Sebagai salah satu universitas riset terkemuka di dunia, sedikitnya ada 6 program studi yang paling favorit di sini. Program-program studi tersebut antara lain Bisnis dan Ekonomi, Pendidikan, Teknik, kedokteran, Ilmu Pengetahuan, Hukum, dan Seni. Selain itu, ada lebih dari 200 program studi lainnya yang bisa kamu pilih disini.

Seperti halnya the University of Melbourne, biaya pendidikan di universitas di Australia terbaik ini cukup bervariasi. Untuk program sarjana, kamu harus mengeluarkan kocek mulai dari AUD 34,000 per tahun. 

Sementara itu, program pascasarjana mengharuskan kamu untuk membayar mulai dari AUD 29,000 dan AUD 52,000 per tahun untuk mahasiswa internasional.

The University of Queensland

The University of Queensland juga merupakan salah satu anggota Group of Eight dan University 21. University 21 adalah sebutan untuk grup universitas dunia yang terbaik dalam hal riset. Universitas ini juga sudah sangat cukup tua karena didirikan pada tahun 1909.

The University of Queensland juga dikenal sebagai universitas di Australia jurusan bisnis. Ya, program andalan dari kampus ini adalah jurusan Business & Administration. 

Program terbaik lainnya yang diminati karena kualitasnya adalah Life Science dan Kedokteran Hewan.

Lalu, berapakah besaran biaya pendidikan yang harus dikeluarkan untuk berkuliah di kampus ini? Berdasarkan informasi terbaru, biaya kuliah untuk mahasiswa internasional program sarjana mulai dari AUD 39,178 per tahun. Untuk program pascasarjana, biayanya mulai dari AUD 29,760.

Baca juga: 3 Tradisi Natal Unik di Amerika, Australia, dan Inggris

The University of Sydney

Universitas berikutnya yang selalu masuk ke dalam daftar 10 universitas di Australia adalah the University of Sydney. Universitas ini adalah universitas pertama di benua ini karena sudah berdiri sejak tahun 1850. Terletak di tengah kota Sydney yang indah, universitas ini sangat maju di bidang riset.

Terdapat 9 Fakultas di universitas ini dengan jumlah mahasiswa lebih dari 70.000 mahasiswa di tahun 2023. 20.000 diantaranya merupakan mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Fasilitas-fasilitas di The University of Sydney termasuk yang paling  canggih dan inovatif. Beberapa contohnya adalah terdapat laboratorium penelitian, perpustakaan yang lengkap, pusat kebugaran dan olahraga, dan study center. 

Keberadaan fasilitas-fasilitas inilah yang menjadi salah satu indikator masuknya the University of Sydney ke dalam jajaran Universitas terbaik di Australia 2023.

Biaya kuliahnya, program sarjana untuk mahasiswa internasional dimulai dari AUD 41,000 per tahun. Sementara itu, untuk program pascasarjana, biayanya mulai dari kisaran AUD 32,000 per tahun.

Australian National University

Australian National University adalah salah satu universitas riset nasional terbaik di Australia dengan segudang prestasi. Berlokasi di ibukota negara, Canberra, universitas ini berdiri di tahun 1946 oleh parlemen resmi negara tersebut.

Awalnya, Universitas Nasional Australia ini berdiri sebagai universitas riset khusus untuk pascasarjana saja. Namun, kemudian mampu berkembang sebagai universitas publik dengan program lainnya termasuk sarjana.

Terdapat 7 kampus atau semacam fakultas di universitas ini dengan ratusan program studi. Beberapa program unggulan di Australian National University adalah Sosiologi, Politik, dan Antropologi. 

Sementara itu, universitas ini juga memiliki segudang prestasi termasuk 6 buah Nobel ditujukan untuk perorangan, baik staff maupun alumni.

Lalu, berapakah biaya untuk menempuh pendidikan di universitas di Australia ini? 

Program sarjana, kamu harus mengeluarkan uang mulai dari AUD 45,865 untuk mahasiswa internasional. 

Program pascasarjana, biayanya mulai dari AUD 29,665 dan AUD 45,864 per tahun, masing-masing untuk magister dan doktoral.

Baca juga: 15 Universitas di Australia Terbaik, Berminat Daftar?

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Tersedia jumlah pertemuan mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.

Ingin lebih untung lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa atau  Job Interview!

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister students dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.