10 Prospek Kerja Agribisnis Perikanan yang Menjanjikan

prospek kerja agribisnis perikanan

Kursus Bahasa Inggris  – Jarang sekali mendengar jurusan agribisnis perikanan karena peminatnya yang sedikit. 

Padahal mengingat negara Indonesia yang berbentuk kepulauan tentu banyak budidaya perikanan dengan hasil laut yang melimpah. 

Hal itulah yang membuka peluang untuk usaha agribisnis perikanan. Maka dari itu, tak ada salahnya masuk ke dalam jurusan tersebut karena prospek kerja agribisnis perikanan ini jugalah tinggi.

Agribisnis Perikanan

Jurusan ini sendiri mempelajari tentang ilmu pengetahuan, kemampuan, dan wawasan dalam bidang perikanan. Bisa dikatakan, bidang perikanan menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. 

Di jurusan tersebut kamu pun akan diajari cara mengelola bisnis perikanan untuk laut, budidaya perikanan, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai bekal yang diberikan di jurusan ini, akan membuka peluang bagi para mahasiswanya untuk membuka agribisnis perikanan.

Belajar tentang perikanan di negara kepulauan yang menyimpan banyak biota laut serta memiliki berbagai bisnis di bidang tersebut tentu akan menyenangkan.

Anehnya, peminat program studi ini sangatlah minim di masa sekarang karena kebanyakan dari mereka berpikir lulusan tersebut hanya akan berakhir menjadi nelayan maupun petani. 

Eits, padahal ada berbagai prospek kerja agribisnis perikanan yang menjamin masa depan kamu, lho.

Baca juga: Mengulik Jurusan dan Biaya Kuliah di Universitas Melbourne

1. Konsultan pertanian

Dengan bekal yang telah diberikan dari jurusan bidang agribisnis perikanan, kamu bisa menjadi konsultan pertanian. 

Profesi ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan pada masyarakat tentang ilmu agribisnis yang dimiliki. 

Tugas dari profesi ini sendiri adalah memberikan bimbingan, arahan, dan analisa. Gaji dari prospek kerja agribisnis perikanan ini bisa didapatkan tergantung dari klien yang kamu bantu.

2. Konsultan perusahaan sebagai prospek kerja agribisnis perikanan 

Dalam bidang ini, menjadi konsultan perusahaan agribisnis bukan hal yang tidak mungkin. Sebagai mahasiswa jurusan bidang ini juga mempunyai prospek kerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang agribisnis. 

Gaji sebagai konsultan sendiri cukup menjanjikan sehingga mampu memberikan kehidupan mapan untuk kamu. 

Kisaran gaji dari prospek kerja agribisnis perikanan yang bisa kamu dapatkan berkisar antara jutaan rupiah hingga belasan juta setiap bulannya.

3. Dosen agribisnis

Sebagai mahasiswa lulusan S2 atau S3 jurusan perikanan kamu bisa menjadi dosen atau pengajar di sebuah universitas. 

Posisi dosen akan sangat menggiurkan untuk kamu yang lulus di jurusan ini serta masih ingin memperdalam ilmu agribisnis yang telah diperoleh selama kuliah. 

Gaji dari prospek kerja agribisnis perikanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena terdapat gaji pokok yang nantinya akan ditambah gaji tunjangan setiap bulannya.

Baca juga: 9 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Ada Apa Saja?

4. Peneliti bidang agribisnis

Desas-desus tentang peneliti jarang sekali didengar karena pekerjaannya yang tersembunyi. 

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri apabila prospek kerja agribisnis perikanan yang bisa menjadi seorang peneliti yang diperlukan negara. 

Gaji untuk profesi ini sendiri sangat menggiurkan, yaitu kisaran 8-9 juta setiap bulannya. Apalagi seorang peneliti handal, tentu akan memperoleh gaji lebih besar sesuai kemampuan.

5. Pionir LSM

Tentu tidak asing lagi dengan orang-orang yang memberikan penyuluhan di masyarakat yang berhubungan dengan bidang agribisnis, entah itu pertanian, perikanan, atau peternakan. 

Profesi LSM bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan ini, bisa jadi prospek kerja agribisnis perikanan yang menjanjikan.

Nantinya, kamu akan bertugas untuk membantu petani, nelayan, peternak untuk bisa memperoleh hasil panen yang baik dan membantu meningkatkan bisnis mereka. 

6. Pengusaha

Buat kamu yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis bisa memanfaatkan pengetahuan dan wawasan dari jurusan agribisnis ini bisa membangun bisnis berkaitan dengan hal tersebut. 

Tentunya, setelah menempuh pendidikan di bidang tersebut kamu dapat meniti karir sebagai pengusaha dengan wawasan, kemampuan, dan pengetahuan yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Universitas di Turki Beserta Informasi Jurusannya

7. Pekerja pemerintah

Bukan hanya bidang pendidikan umum saja yang bisa menjadi pegawai negeri, lulusan agribisnis bisa bekerja di bawah naungan instansi pemerintah atau pegawai negeri seperti petugas pertanian, perikanan, dan lainnya. 

Gaji di prospek kerja agribisnis perikanan pun beragam tergantung tingkatannya. 

8. Pedagang komoditas baru

Kalau yang satu ini pasti tidak asing lagi karena hampir semua orang sudah menemuinya. Jika kamu yang ingin mengenalkan komoditas baru bisa menjual-belikan hasil pertanian, perikanan, maupun peternakan. 

Dengan bekal ilmu dari jurusan agribisnis, tentu tidak ada salahnya menjadi pedagang komoditas baru. Bahkan, akan berpotensi berhasil dalam dunia bisnis.

9. Penulis agribisnis

Profesi yang satu ini jarang terdengar, tetapi untuk kamu yang mempunyai keahlian di bidang kepenulisan dan tertarik pada agribisnis wajib tahu. Kamu bisa meniti karir sebagai penulis yang membahas agribisnis. 

Apalagi di masa sekarang yang serba digital, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan berbagai platform menulis untuk bisa mendapatkan pundi rupiah serta menjadi pendapatan pasif kedepannya. 

Tentunya, semakin banyak yang tertarik membaca tulisan kamu, akan semakin banyak pula penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi tersebut. 

Ada berbagai cara atau strategi yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan pembaca.

Prospek kerja agribisnis perikanan sebagai penulis buku tentang agribisnis perikanan sangat menjanjikan. 

Sebagai penulis buku, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi otoritas di bidang ini dan membangun reputasi yang kuat.

Dengan adanya perkembangan teknologi dan akses mudah ke informasi, buku elektronik (e-book) dan buku audio juga semakin populer.

Tentu perlunya penelitian yang mendalam dan kualitas tulisan yang baik untuk bisa membangun karir menjadi lebih baik.

10. Bekerja di BAPPEDA

BAPPEDA sendiri adalah Badan Perencanaan serta Pembangunan Daerah yang masih berhubungan dengan jurusan ini. 

Pasalnya badan perencanaan memiliki kontribusi untuk mengajak masyarakat luas  mengelola budidaya perikanan, perkebunan, pertanian, serta lainnya dengan baik. Nah, sebagai lulusan agribisnis perikanan kamu bisa melamar pekerjaan dan bergabung di BAPPEDA. 

Menjadi instansi pusat ilmu pengetahuan agribisnis, BAPPEDA menawarkan gaji yang sepadan dengan kualifikasi kamu saat bekerja.

Itulah 8 prospek kerja agribisnis perikanan yang bisa kamu rasakan setelah lulus di jurusan tersebut. 

Sudah tahu, kan, kalau jurusan Agribisnis tak melulu berakhir sebagai petani maupun pelayan. 

Buat kamu yang tertarik dengan dunia agribisnis, tentu belajar di jurusan tersebut tidak ada salahnya. Apalagi sampai membuka peluang bisnis yang menjanjikan masa depanmu.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Tersedia jumlah pertemuan mulai dari 2 sampai 80 pertemuan untuk pembelajaran lebih intensif.

Ingin lebih untung lagi? Pilih paket Ultimate untuk mendapatkan GRATIS Bimbingan Beasiswa atau  Job Interview!

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister students dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.