9 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja, Ada Apa Saja?

jurusan yang banyak peluang kerja

Les Public Speaking – Jurusan kuliah merupakan bidang studi akademik tertentu yang ditawarkan oleh perguruan tinggi atau universitas.

Pada dasarnya, gelar sarjana memungkinkan seseorang untuk memperdalam pengetahuan mereka di bidang tertentu. 

Umumnya, tujuan akhir memilih jurusan adalah karir atau pekerjaan, kamu perlu tahu jurusan yang banyak peluang kerja, sehingga kamu dapat segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih perguruan tinggi, salah satunya ialah peluang kerja yang banyak.

Di bawah ini terdapat beberapa jurusan yang banyak peluang kerja yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. Akuntansi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan selalu membutuhkan orang-orang dengan gelar akuntansi. 

Pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh mesin atau teknologi. Untuk menjalankan bisnis perusahaan, diperlukan orang yang paham akuntansi.

Lulusan dengan gelar sarjana di bidang akuntansi sebenarnya dapat bekerja dalam beragam profesi, karena akuntansi menjadi jurusan yang banyak peluang kerja sehingga dibutuhkan di perusahaan, seperti auditor, penasihat pajak, analis keuangan, auditor internal, penasihat pajak, aktuaris, akuntan, dan lain sebagainya. 

Jika kamu memiliki keterampilan dalam pengembangan perangkat lunak, kamu tidak hanya dapat menjadi seorang akuntan, tetapi juga menjadi pengembang perangkat lunak akuntansi. 

Tugas dari jurusan yang banyak peluang kerja ini adalah membuat aplikasi dan memastikan aplikasi berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan, sehingga informasi keuangan perusahaan aman. 

2. Sistem Informasi

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah sistem informatika. Jurusan ini mempelajari pengetahuan khusus di bidang teknologi informasi. Mahasiswa belajar bagaimana memprogram untuk membuat aplikasi.

Tidak heran, banyak perusahaan yang mencari pekerjaan dengan spesialisasi dalam sistem informasi. Apalagi zaman semakin maju dan kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang teknologi juga semakin meningkat. 

Prospek kerja dari jurusan ini ialah analis bisnis, teknopreneur, teknisi IT, analis data, programmer, dan pengembang web. Pekerjaan ini tentunya sangat diperlukan di perusahaan besar. 

3. Desain komunikasi visual

Saat ini, media digital berkembang pesat dan penggunaannya pun melalui beragam platform media sosial seperti Twitter, Instagram, YouTube dan lain-lain. 

Perusahaan tentu sangat membutuhkan tenaga dengan kreativitas tinggi dalam menyampaikan pesan melalui desain visual.

Sebagai jurusan desain komunikasi visual, kamu tidak hanya harus mendesain, kamu juga harus menganalisis dan menangkap keunikan suatu hal.  

Terdapat beberapa prospek kerja dari jurusan ini, seperti desain grafis, desain interior, animator, pengembangan produk, dan lain sebagainya. 

4. Teknik Mesin

Jurusan yang banyak peluang kerja ialah teknik mesin. Seorang spesialis teknik mesin sangat berguna dalam berbagai bidang teknologi. Jurusan ini mengajarkan pembuatan dan pengoperasian robot.

Kamu yang ingin masuk jurusan kuliah IPA ini harus siap mempelajari beberapa ilmu, yaitu fisika, matematika dan kimia. Ilmu yang didapatkan dari teknik mesin ini yang dapat dijadikan kunci dalam merawat dan memperbaiki mesin.

Lulusan teknik mesin bisa bekerja di banyak perusahaan. Misalnya, perusahaan konstruksi, pertambangan, pertanian, komunikasi, dan pengembangan transportasi.

5. Teknik Industri

Meski sama-sama bergelar sarjana teknik, lulusan teknik industri berbeda dengan teknik mesin. Sementara lulusan teknik mesin hanya belajar tentang mesin, lulusan teknik industri belajar tentang perencanaan, manajemen, dan biaya operasional.

Itu sebabnya permintaan lulusan teknik industri di pabrik dan perusahaan terus meningkat. Saat ini, teknik industri menjadi jurusan yang sepi peminat tapi peluang kerja besar, karena dapat mengisi berbagai pekerjaan di pabrik dan perusahaan. 

Peluang kerja bagi lulusan teknik industri adalah bekerja di posisi market researcher, manajemen sumber daya manusia, pengendalian kualitas dan produksi, perencana dan pengelola sistem distribusi, konsultan manajemen, konsultasi sistem informasi, dan brand manager.

6. Farmasi

Farmasi adalah jurusan yang banyak peluang kerja. Sampai saat ini, jurusan ini terus diminati, karena peluang karir di sektor kesehatan juga berkembang.

Jurusan farmasi membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam memproduksi obat-obatan, termasuk kosmetik. 

Kamu juga akan belajar bagaimana menganalisis produk obat sesuai dengan standar kesesuaian kesehatan. Peluang kerjanya dapat bekerja di klinik atau rumah sakit, buka perusahaan kosmetik, dan lain sebagainya.

7. Teknik Elektro

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah lulusan dari teknik elektro. Mulai dari berkarir di perusahaan yang berkaitan dengan kelistrikan, mobil listrik, perusahaan peralatan listrik, dan konsultan listrik hingga bekerja di perusahaan sektor umum. 

Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS), pekerjaan untuk insinyur listrik dan elektronik diharapkan tumbuh sebesar 7% dari tahun 2022 hingga 2030. Ada sekitar 22.700 lowongan dalam profesi ini setiap tahun. Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan gaji besar, salah satunya ialah teknik elektro. 

8. Pendidikan Dokter

Pendidikan dokter adalah salah satu jurusan yang banyak peluang kerja. Pasalnya, sampai kapanpun masyarakat akan selalu membutuhkan peran tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan apoteker untuk membantu masalah kesehatan.

Tentu saja pilihan karir bagi lulusan kedokteran adalah menjadi dokter di pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik, atau membuka praktek swasta dengan terlebih dahulu mendapatkan Surat Izin Praktek (SIP).

Jika kamu memiliki gelar di bidang kedokteran, bisa menjadi dokter umum dan dapat melanjutkan pelatihan untuk menjadi spesialis dalam pengobatan khusus.

Selain pelatihan untuk menjadi dokter, lulusan kedokteran saat ini memiliki pilihan karir lain. 

Mulai dari dokter di instansi pemerintah (BPOM, Basarnas, BNN) hingga dokter militer di TNI atau Polri hingga para influencer dan Youtuber.  

9. Teknik Sipil

Sebagai warga negara, tentu kamu ingin negara akan terus maju dan berkembang. 

Hal ini didukung dengan keberlanjutan dan kesinambungan sarana dan prasarana yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan hidup masyarakat.

Oleh karena itu,  teknik sipil menjadi jurusan yang banyak peluang kerja, karena dalam kehidupan profesional mutlak diperlukan. 

Dari proyek konstruksi jalan raya, jembatan, gedung pencakar langit, dan lain sebagainya.

[Kode Promo] Kursus Bahasa Inggris, Makin Hemat!

Syarat untuk studi, karier, hingga tinggal di Inggris adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.