9 Prospek Kerja Teknik Industri, Ada QC dan Konsultan

prospek kerja teknik industri

Les Public Speaking – Apakah kamu masih bimbang dengan pilihan jurusan kuliah? Mempertimbangkan jurusan teknik industri tak ada salahnya, mengingat prospek kerja teknik industri terbilang cukup menjanjikan di masa depan.

Supaya kamu bisa mendapatkan bayangan seputar jurusan yang banyak diminati ini, yuk simak informasi yang Lister tuliskan berikut ini!

Mengenal Jurusan Teknik Industri

Jurusan teknik terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah teknik industri. Selain pria, prospek kerja teknik industri untuk wanita juga terbuka lebar.

Pada bidang ilmu tersebut, kamu akan mempelajari cara optimalisasi kegiatan ekonomi, produksi, serta pengelolaan.

Selama mempelajarinya, mereka yang memilih jurusan ini akan lebih banyak menyelesaikan berbagai masalah dengan pendekatan matematis.

Setelah lulus nantinya tugas seorang lulusan Teknik Industri ini harus bertanggungjawab untuk setiap optimalisasi praktis, termasuk proposal strategi, produksi pabrik, sampai manajemen perusahaan.

Tidak hanya pemahaman matematika saja, kamu juga perlu mengantongi keahlian dan pengetahuan lainnya antara lain :

  • Kerjasama tim
  • Analisis
  • Manajerial
  • Pemikiran sistematis
  • Memahami dasar teknologi
  • Memecahkan masalah
  • Membuat keputusan
  • Kemampuan berbahasa asing

Kenapa Jurusan Ini Diminati?

Beberapa tahun belakang, Lister menjumpai bahwa minat terhadap jurusan Teknik Industri kian meningkat. Mengapa, ya?

High demand 

Lulusan Teknik Industri ini termasuk salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di banyak perusahaan, kamu bisa bekerja di beberapa industri jasa misalnya konsultasi, keuangan, perbankan, sampai pelayanan masyarakat.

Gajinya tinggi

Prospek kerja teknik industri dan gajinya menarik dan menggiurkan, pekerjaan dari bidang tersebut bisa mengantongi gaji mencapai puluhan juta Rupiah, bahkan dollar.

Cakupan ilmunya luas

Kamu yang senang mempelajari banyak hal lintas jurusan, Teknik Industri ini punya cakupan bidang keilmuan sangat luas. Kamu bisa saja mempelajari ilmu ekonomi, psikologi, komunikasi, sampai manajemen.

Dengan luasnya cakupan bidang keilmuan tersebut, setiap mahasiswa dapat mengantongi berbagai keterampilan dan kemampuan bermanfaat saat bekerja nanti.

Kesempatan berkarir di luar negeri

Jika kamu bercita-cita untuk berkarir di luar negeri, jurusan Teknik Industri ini bisa kamu pilih. Negara yang membuka peluang lebar untuk lulusan dengan prospek kerja Teknik Industri misalnya, Inggris, Belanda, Jerman, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Teknik Industri

Apakah kamu sudah penasaran dengan prospek kerjanya? Berikut beberapa 9 prospek kerja teknik industri yang menjanjikan di antaranya :

Quality controller

Disebut juga quality assurance inspector, prospek kerja teknik industri ini menuntut pekerjanya bertanggungjawab memastikan setiap kualitas produknya telah sesuai standar perusahaan.

Seorang QC (quality controller) memiliki tugas meninjau kelayakan peralatan, memeriksa bahan baku produksi, dan pengelolaan tim.

Karena tugasnya tersebut, diharapkan tak ada barang cacat produksi satu pun demi menjaga citra perusahaan.

Health and safety environment engineer (HSE)

Memastikan keselamatan pekerja juga merupakan prospek kerja Teknik Sipil dan Teknik Industri. Jenis pekerjaan ini tersedia secara penuh waktu, kontrak, atau pekerja lepas di beberapa perusahaan.

Pekerjaan ini menuntut seorang HSE untuk memastikan patuh terhadap UU keselamatan kerja, evaluasi lingkungan kerja, dan melindungi para pekerjanya.

Product analyst

Karir sebagai analis produksi ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan. Tugasnya, kamu harus mengendalikan tiap kualitas produksi, analisis produksi, optimalisasi, pengendalian, pemeliharaan, serta evaluasi produksi. 

Peneliti pasar

Perusahaan yang menerima lulusan teknik industri juga memerlukan seorang market researcher. Karir tersebut cocok untuk kamu yang suka meneliti dan berinteraksi.

Tugas utama dari seorang market researcher adalah mengumpulkan, analisis, dan menyajikan hasil penelitian kualitatif atau kuantitatif terkait investasi, opini konsumen, juga tren yang sedang naik.

Konsultan

Prospek kerja teknik industri yang selanjutnya adalah konsultan. Menuntut kemampuan berpikir integratif dan sistematik, jika kamu merasa memiliki keduanya maka peluang karir sebagai konsultan bisa dipilih. Seorang konsultan dapat mengantongi gaji mulai dari 5-8 juta Rupiah.

Spesialis logistik

Prospek kerja teknik informatika dan teknik industri ini bertanggungjawab mengawasi rantai pasokan produk mulai dari pembuatan, penyimpanan, sampai pemesanan. Spesialis logistik juga akan bekerja sama dengan divisi penjualan.

Kamu yang tertarik berkarir sebagai logistics specialist perlu memahami aturan dan perundang-undangan seputar pengiriman logistik.

Aktuaris

Apakah kamu senang dengan hitungan, terutama statistik? Kamu boleh mencoba karir sebagai seorang aktuaris. Prospek kerja teknik industri yang mengutamakan perhitungan ini bisa kamu pilih.

Mereka akan bertugas menilai risiko pada suatu keputusan atau kondisi berdasarkan statistik.

Kamu akan memproyeksikan angka kecelakaan, kematian, pensiunan, keberhasilan, dan sebagainya.

Sales engineer

Kata siapa lulusan teknik industri susah kerja? Seorang lulusan Teknik Industri yang senang dengan dunia marketing punya kesempatan besar untuk berkarir di bidang sales engineer.

Disebut juga customer engineer, kamu akan menjadi spesialis terkait aspek teknis suatu produk, konsultasi produk, dan negosiasi.

Demand planner

Menjadi kunci dalam menjaga supply chain di perusahaan, kamu yang berencana jadi demand planner mempunyai tanggungjawab memastikan tiap operasional berjalan efisien, tepat waktu, dan efektif dari segi biaya.

Prospek kerja Teknik Industri ini mewajibkan kamu memberi solusi untuk memperkirakan permintaan pasar. Selain menguasai statistik dan matematika, kamu harus punya ilmu manajemen inventaris.

Apa yang Harus Kamu Persiapkan?

Sudah mulai tertarik dengan jurusan ini? Berikut apa yang perlu kamu persiapkan untuk jadi mahasiswa jurusan Teknik Industri,

Kuatkan mental

Kamu pasti sudah dapat gambaran teknik industri belajar apa, supaya tetap bisa bertahan mengikuti kuliah sampai lulus, pastikan kamu punya keinginan kuat dan bermental baja.

Manajemen waktu

Sudah jadi rahasia umum kalau mahasiswa teknik akan punya tugas lebih berat. Dari sekarang, kamu perlu belajar manajemen waktu supaya bisa membagi waktu antara belajar dan bersosialisasi.

Latih komunikasi

Prospek kerja teknik elektro dan industri yang luas memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan tim saat bekerja nanti.

English for Job Interview: Raih Karier Impian dengan Mudah

Mempersiapkan wawancara kerja dalam bahasa Inggris membutuhkan persiapan khusus. Kamu dapat mengikuti Kursus English for Job Interview di Lister. Di sini kamu akan belajar bagaimana menampilkan diri secara profesional agar mendapatkan karier impian di kancah global.

Kamu akan dibimbing tutor-tutor bersertifikat di Lister. Kamu akan mendapatkan modul yang mendukung proses belajar.

Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.