7 Prospek Kerja Manajemen: Bisa Digaji Hingga Dua Digit

Prospek Kerja Manajemen

Les Public Speaking – Apakah kamu pernah berpikir bahwa lulusan dari Jurusan Manajemen susah cari kerja? Atau sempat bertanya-tanya, kira-kira prospek kerja manajemen apa saja ya? Apakah peluang kerjanya luas atau sempit? 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena pada dasarnya, prospek kerja manajemen tergolong luas.

Fakta Jurusan Manajemen yaitu menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Orang yang cocok masuk jurusan manajemen adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang ekonomi, kepemimpinan, dan lainnya. 

Pasal disini kamu akan belajar tentang bagaimana mengatur manajemen di sebuah perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa jurusan ini akan menjadi roda penggerak perusahaan. Maka tak heran bila prospek kerjanya cenderung luas. 

Jurusan Manajemen Adalah?

Jurusan manajemen merupakan jurusan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan yang masih masuk ke dalam lingkup ilmu ekonomi dan bisnis. 

Di dalam jurusan ini, kamu akan belajar tentang metode ataupun cara dalam menangani tanggung jawab di sebuah perusahaan.

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang proses mencapai tujuan, mulai dari proses pengarahan, perencanaan, pengorganisasian, dan juga pengendalian di dalam sebuah perusahaan dalam rangka mencapai tujuan.

Jurusan manajemen ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan kepemimpinan dan juga perencanaan strategi guna memajukan perusahaan.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Belajar Bahasa Inggris Online untuk Karyawan

Daftar Prospek Kerja Manajemen

Setelah selesai menempuh pendidikan di Jurusan Manajemen, tentunya para lulusannya akan mencari lowongan kerja manajemen yang sesuai dengan bidang yang dipelajari bukan? 

Di sini, kita akan membahas tentang beberapa daftar prospek kerja manajemen yang perlu diketahui. Mulai dari prospek kerja manajemen bisnis, prospek kerja manajemen pemasaran, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa peluang kerja dari Jurusan Manajemen ini cukup luas. 

Hal itu karena setiap perusahaan akan membutuhkan seseorang yang mempunyai latar belakang pendidikan manajemen. Entah itu perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja manajemen yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Business Development

Prospek kerja manajemen bisnis yang pertama yaitu business development. Profesi yang satu ini tak sulit untuk ditemui, umumnya perusahaan besar mempunyai bagian pengembangan bisnis tersendiri. 


Bahkan, beberapa job desc untuk Jurusan Manajemen juga berhubungan dengan pengembangan bisnis, baik itu internal maupun eksternal.

Untuk gaji lulusan manajemen yang bekerja sebagai business development ini yaitu berkisar antara Rp. 6 juta sampai Rp. 8 juta. Namun, semakin besar perusahaannya, maka akan semakin besar juga gajinya.

2. HRD

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba untuk melamar pekerjaan sebagai Human Resources Department atau HRD. Posisi ini sangat cocok untuk kamu yang ketika kuliah mengambil peminatan yang berkaitan dengan SDM.

Sebagai HRD, pastinya kamu akan memiliki tugas untuk mengurus urusan internal perusahaan. Gaji lulusan S1 Manajemen Indonesia yang bekerja sebagai HRD biasanya ada di angka Rp 7 juta untuk pemula.

3. Marketing

Sementara prospek kerja manajemen pemasaran yaitu bisa menjadi marketing. Terlebih jika selama kuliah kamu mengambil materi seputar pemasaran. 

Bagian marketing biasanya akan bertugas untuk mengurus pengembangan bisnis perusahaan dan juga bagaimana cara membangun brand awareness dari perusahaan.

Dibandingkan dengan prospek kerja jurusan manajemen lainnya, marketing merupakan profesi yang paling bervariasi gajinya. 

Di level awal, gaji seorang marketing bisa mencapai Rp. 10 juta. Namun semakin tinggi levelnya, maka akan semakin besar juga gajinya.

Baca juga: Kursus Mandarin untuk Karyawan, Saatnya Bidik Pasar Global

4. Management Trainee

Posisi lain yang dapat dicoba oleh para lulusan manajemen yaitu management trainee atau yang sering disingkat MT. Saat ini, prospek kerja manajemen trainee semakin banyak dicari oleh berbagai macam perusahaan, baik itu yang ada di dalam negeri ataupun multinasional.

Sebagai seorang MT, kamu akan mengikuti masa pelatihan dan juga kerja selama satu tahun sampai dua tahun. Selama masa kerja, kamu akan ditempatkan di beberapa divisi. Kemudian setelah itu, akan diadakan evaluasi lalu menilai manakah posisi yang pas untuk kamu.

Apabila lolos, maka kamu akan diangkat menjadi karyawan tetap. Untuk kisaran gajinya sendiri cukup bervariasi, mulai dari UMR hingga belasan juta rupiah.

5. Teller Bank

Tidak perlu lagi khawatir terkait dengan prospek kerja manajemen, karena kamu dapat melamar menjadi teller bank. Disini, kamu akan mendapatkan tugas untuk melayani nasabah, baik itu yang ingin transfer uang ataupun setor uang ke bank.

Kisaran gajinya sendiri ada di angka yang cukup besar, yakni Rp 5 juta sampai Rp. 8 juta. Bahkan untuk bank-bank besar, mereka bisa menggaji karyawannya dengan kisaran yang lebih tinggi.

6. Risk Manager

Prospek kerja manajer berikutnya yaitu risk manager. Profesi yang satu ini akan menuntut kamu untuk bertanggung jawab dalam mengidentifikasi penyebab adanya kerugian, melakukan rekomendasi, serta melaksanakan tindakan pencegahan dari kerugian yang dapat dialami oleh perusahaan.

Selain itu, kamu juga harus menyusun sebuah rencana untuk meminimalkan biaya dan juga kerusakan apabila terjadi kerugian. 

Profesi ini dapat bekerja secara langsung di perusahaan ataupun bekerja secara independen sebagai seorang konsultan.

Baca juga: Harga Khusus Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan, Lebih Hemat

7. Data Analyst

Sebagai lulusan manajemen, kamu juga dapat menjadi seorang data analyst. Peluang karir seorang data analyst ini sangat menjanjikan. 

Terlebih sekarang perusahaan memerlukan data sebelum mengambil keputusan. 

Tugas yang akan kamu emban yaitu melakukan analisis terkait tren pasar, menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran sebuah tren, menyajikan hasil analisis, serta tugas lain yang berhubungan dengan data.

Kursus Bahasa Inggris sebagai Bekal Prospek Kerja Manajemen

Lister memberikan fasilitas terbaik dari segi materi, pilihan tutor, jadwal belajar, hingga program promo dan diskon. Kembangkan skill karyawan dengan program Lister for Company.

Daftarkan diri, rekan kerja, maupun tim kerja untuk mendapat rangkaian fasilitas di atas. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.