6 Universitas di Turki Beserta Informasi Jurusannya

Kursus Bahasa Turki–Negara Turki menjadi salah satu negara tujuan yang banyak diminati untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi lagi yaitu ke jenjang perguruan tinggi. Selain kualitas pendidikannya yang tak boleh diremehkan, universitas di Turki juga memiliki berbagai macam jurusan yang unggul yang bisa dipilih. Selain jurusannya yang beragam, biaya hidup serta biaya studi untuk lanjut kuliah di Turki juga terbilang jauh lebih rendah jika dibandingkan negara-negara tujuan studi populer lain seperti US, Inggris, dll.

Peluang untuk bisa berkuliah di Turki ini juga cukup besar. Beberapa hal seperti ini tentu menambah daya tariknya sebagai negara tujuan studi yang cocok bagi seluruh international student. Berikut ini akan Lister sajikan 6 universitas unggulan dan terbaik di Turki terutama universitas negeri di Turki dan jurusannya

1. Istanbul University

Universitas ini adalah salah satu universitas di Turki yang banyak orang Indonesia, lho. Letaknya berada di tengah-tengah kota, dan berdiri sejak 1453 oleh Sultan Utsmaniyah Mehmed II. Istanbul University Memiliki alumni tokoh-tokoh penting seperti Presiden Turki, hingga beberapa perdana menteri, ilmuwan, politisi, dan lainnya.

Di tahun 2011, Universitas Istanbul ranking dunia ada di salah satu antara peringkat 500 besar. Terdapat beragam fakultas yang ditawarkan kampus ini, yaitu Medicine, Law, Sciences, Economics, Communications, Pharmacy, Political Sciences, Business Administrations, hingga Computer and Information Technologies.

2. Hacettepe University

Jika kamu sedang mencari universitas negeri di Turki yang bagus khususnya di daerah Ankara, kamu mungkin bisa mempertimbangkan Hacettepe University ini. Kampus ini juga menjadi salah satu yang terbaik di Turki. Di sini kamu akan menemukan berbagai program studi yang unggul dan juga kampus yang nyaman.

Salah satu yang paling unggul dan menonjol adalah jurusan kedokteran. Karena memang Universitas Hacettepe ini bisa dibilang menjadi universitas terbaik di Turki jurusan kedokteran. 

Meskipun memang juga ada universitas di Turki dan jurusannya yang menawarkan jurusan kedokteran, Universitas Hacettepe ini yang paling menonjol jurusan kedokterannya di Turki. Jurusan-jurusan lainnya di kampus ini selain kedokteran adalah Communications, Educations, Economic and Administrations, Art, Law, Pharmacy, Sciences, dan lain-lain.

3. METU (Middle East Technical University)

Masih ada lagi kampus di Turki yang termasuk paling bagus yaitu MET atau Middle East Technical University. Kampus ini merupakan salah satu kampus di Turki berorientasi riset yang punya spesialisasi pada bidang Engineering serta Natural Sciences. Lokasi METU ada di Ankara dan menawarkan puluhan program studi sarjana, ratusan program pascasarjana, dan ada pula program doktoral. 

Adapun bidang studinya antara lain meliputi Arsitektur, Teknik, Social Science, Administrative Sciences, Art and Sciences, Education, Natural Sciences, Applied Mathematics and Marine Science, Informatika, dll. METU juga cocok untuk kamu yang mencari universitas Turki terbaik beasiswa, disini tersedia pula program beasiswa yang bisa diikuti dengan beragam benefit. Salah satu yang menarik di kampus ini adalah semua program yang ada di METU ini sudah memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar yang utama.

Baca Juga : 9 Oleh-Oleh Khas Turki yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

4. Ankara University

Ankara University sudah berdiri sejak tahun 1946 dan sampai saat ini menjadi satu di antara yang terbaik di Turki. Selain METU, Universitas Ankara ini juga menjadi salah satu universitas di Turki yang menyediakan beasiswa. Tersedia beasiswa yang khusus diberikan dari pemerintah Turki ke warga negara asing. Benefit yang bisa didapat juga banyak, jika kamu lolos seleksi maka akan ditanggung biaya kuliah, biaya akomodasi, tiket pesawat, dan lain sebagainya.

Universitas Ankara merupakan kampus di Turki yang juga sering dijadikan favorit warga negara asing. Universitas Ankara menawarkan program studi yang beraneka ragam serta fasilitas kampus yang memadai. Tersedia fakultas Bahasa, Sejarah dan Geografi, fakultas Bahasa dan Sastra Jerman, Budaya dan Sastra Amerika (Inggris), Antropologi, Ilmu Bahasa, Filsafat, Arkeologi Klasik, Psikologi, dan lain-lain. Kamu bisa cek selengkapnya di web resmi Universitas Ankara.

5. Sabanci University

Belum lengkap rasanya jika belum menambahkan Universitas Sabanci di daftar universitas di Turki terbaik. Universitas yang sudah berdiri sejak 1994 ini merupakan universitas pertama Turki yang melakukan penerapan suatu pendekatan multidisipliner. Yaitu mahasiswa diberikan kebebasan memilih program yang dimau tanpa adanya batasan, sehingga mahasiswanya bisa memperoleh lebih luas lagi pengetahuan selain spesialisasi yang dimilikinya. Terdapat 2 fakultas yang menunjukkan beragam bidang ilmu, yakni fakultas seni dan ilmu sosial, serta fakultas teknik dan ilmu alam.

6. KOC University (Universitas di Turki yang Terbaik)

Walaupun universitas ini termasuk universitas swasta, tetapi KOC University berhasil menempati peringkat teratas universitas terbaik di Turki versi QS World University Ranking tahun 2023. Mengingat kampus ini berada di urutan universitas terbaik di Turki yang teratas, kamu sebaiknya tak lupa untuk mempertimbangkan daftar kuliah di universitas ini. Untuk program studi yang ditawarkan di sini antara lain meliputi Sains, Teknik, Hukum, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ilmu Administrasi dan Ekonomi, Keperawatan dan Kedokteran, dan lain-lain. 

KOC University juga menjadi univ. di Turki yang ramah mahasiswa asingnya, cukup banyak mahasiswa internasional yang berkuliah di sini. Jaringan kampus juga luas, telah bekerja sama dengan ratusan universitas rekanan di seluruh dunia.

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar kuliah pada universitas di Turki khususnya menggunakan beasiswa, pastikan semua dokumen sudah lengkap dan siap untuk diajukan. Selain itu, tingkatkan juga kemampuan bahasa kamu, termasuk juga bahasa Inggris. Pastikan juga kamu selalu cek secara berkala website kampus yang kamu tuju agar tidak ketinggalan info info penting.

Baca juga : Baklava, Si Manis dari Turki yang Renyah nan Menggoda

Jago Kuasai Bahasa Turki, Bersama Tutor Lister

Ketika kamu dapat menguasai Bahasa Turki dengan baik, maka kesempatan kamu untuk kuliah di luar negeri semakin besar. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Turki di Lister.

Jangan lupa ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.