KIP Kuliah 2023: Cek Cara Daftar, Syarat, dan Jadwal Seleksi

KIP KULIAH 2023

Mentoring BeasiswaIstilah KIP Kuliah 2023 tentu tidak asing bagi kamu yang saat ini tengah bersemangat meraih mimpi melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Bantuan biaya pendidikan ini memiliki potensi yang besar dalam mewujudkan impian kamu untuk meraih gelar sarjana tanpa perlu khawatir tentang biaya. 

Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa mendaftar bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah 2023 ini. Sebelum mendaftar, cek cara daftar, jadwal, dan syarat yang diperlukan. 

Lebih Dekat dengan Apa Itu KIP Kuliah 2023

Bagi yang belum tahu, pasti bertanya-tanya, apa itu KIP Kuliah 2023? Melansir laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id, KIP Kuliah merupakan kependekan dari Kartu Indonesia Pintar yang diselenggarakan setiap tahun ajaran baru. 

Secara umum bisa dipahami, KIP Kuliah adalah program bantuan pemerintah yang dirancang untuk membantu pelajar yang berprestasi, namun memiliki keterbatasan finansial dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. 

Bantuan biaya pendidikan berupa KIP Kuliah ini, diharapkan bisa membantu meringankan beban biaya pendidikan di perguruan tinggi melalui berbagai jalur penerimaan. Mulai dari jalur prestasi, tes, atau seleksi mandiri. 

Bagi pelajar yang telah mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) namun tidak lolos seleksi, mereka masih dapat menggunakan KIP Kuliah pada jalur mandiri. 

Seleksi jalur mandiri ini biasanya diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi di Indonesia yang bermitra. Syaratnya, pelajar harus mendaftar di program KIP Kuliah sebelum mengikuti seleksi mandiri di perguruan tinggi tersebut. 

Baca Juga: Beasiswa S-2 World Bank Scholarships 2023, Fully Funded!

Syarat KIP Kuliah 2023 Khusus Pendaftaran Jalur Mandiri 

Mengingat KIP Kuliah diselenggarakan setiap memasuki tahun ajaran baru, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali membuka KIP Kuliah 2023. Khusus pada Jalur Mandiri PTN dan PTS, berikut syarat yang harus disiapkan oleh pelamar sebelum mendaftar KIP Kuliah 2023: 

  1. Calon penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau setingkat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan, atau telah lulus paling lambat dua tahun sebelumnya.
  2. Calon penerima KIP Kuliah harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sah.
  3. Calon penerima KIP Kuliah harus menunjukkan potensi akademik yang baik dan memiliki keterbatasan ekonomi, dibuktikan dengan dokumen valid.
  4. Calon penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK/MA atau setingkat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik yang baik dan memegang Kartu KIP, atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, atau terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.
  5. Calon penerima KIP Kuliah harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada program studi dengan akreditasi A atau B, dan dalam kondisi tertentu dapat diterima di program studi dengan akreditasi C. 

Cara Daftar KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri 

Langkah-langkah untuk mendaftar di Kip Kuliah 2023 pada Jalur Mandiri PTN dan PTS cukup sederhana dan dapat dilakukan secara online. Berikut adalah proses pendaftarannya: 

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran KIP Kuliah jalur mandiri PTN dan PTS 2023.

  1. Buka www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id di perangkat apa pun.
  2. Isi NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif dan valid.
  3. Sistem KIP Kuliah akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN serta memeriksa kelayakan mendapatkan KIP Kuliah berdasarkan data DTKS Kemensos.
  4. Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran atau kode akses ke alamat email yang telah didaftarkan.
  5. Lanjutkan proses pendaftaran KIP Kuliah dan pilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  6. Selesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPT) sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  7. Sistem akan melakukan proses sinkronisasi dengan sistem tersebut melalui skema host-to-host.
  8. Calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi harus melakukan verifikasi lebih lanjut ke perguruan tinggi sebelum diusulkan menjadi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Kapan jadwal KIP Kuliah 2023 dibuka? 

Jadwal seleksi Kip Kuliah 2023 sebelumnya sudah diumumkan jauh-jauh hari oleh Kemendikbud lewat laman resminya. Selengkapnya berikut jadwal lengkap KIP Kuliah 2023: 

#AgendaDibuka Ditutup 
1Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah14 Februari 202331 Oktober 2023
2Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)16 Februari 202327 Februari 2023
3UTBK-SNBT22 Maret 202313 April 2023
4Seleksi Mandiri PTN16 Juni 202307 Oktober 2023
5Seleksi Mandiri PTS23 Juni 202331 Oktober 2023

Sebagai informasi, jadwal KIP Kuliah 2023 tersebut di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Kamu bisa cek secara berkala melalui laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI via tautan kip-kuliah.kemdikbud.go.id. 

Baca Juga: Kuliah S-1 & S-2 Gratis di Oxford dengan Jardine Scholarship

Ikut Mentoring Beasiswa! Bantuan Mudah Raih Keringanan Biaya Kuliah 

Sudah diterima di universitas dalam negeri, tetapi belum mendapatkan beasiswa? Saatnya kamu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan mengikuti Mentoring Beasiswa di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.