5 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023

universitas kedokteran terbaik di Indonesia

Kursus Grammar Masterclass – Memilih universitas kedokteran terbaik di Indonesia mungkin terasa menantang. Namun, dengan merujuk hasil peringkat QS WUR 2023, prosesnya menjadi lebih mudah. 

QS World University Rankings (QS WUR), salah satu sistem peringkat universitas paling terpercaya di dunia. Ini bisa memberikan panduan yang objektif dan komprehensif untuk memilih institusi pendidikan yang sesuai, termasuk universitas kedokteran terbaik di Indonesia. 

Mengenal Apa Itu QS World University Rankings 

Sebelum mengetahui daftar universitas kedokteran terbaik di Indonesia, ada baiknya kamu mengenal apa itu QS WUR. Dilansir dari berbagai sumber, QS World University adalah lembaga yang merilis informasi tahunan tentang peringkat universitas top di dunia. 

Publikasi ini diselenggarakan oleh Quacquarelli Symonds (QS), yang mengevaluasi enam aspek penting dari setiap universitas. Keenam aspek tersebut, yakni mulai dari Academic Reputation, Employer Reputation, hingga International Student Ratio

QS WUR by Subject 2023 menyajikan data dari 54 disiplin ilmu yang dibagi menjadi lima bidang studi. Antara lain Seni & Humaniora, Rekayasa & Teknologi, Ilmu Hayati & Kedokteran, Ilmu Pengetahuan Alam, serta Ilmu Sosial & Manajemen.

Pada tahun 2023, QS WUR menambahkan tiga program studi baru dalam daftarnya. Ketiganya antara lain ilmu data (data science), sejarah seni (history of art), dan pemasaran. Daftar ini juga mencakup data universitas kedokteran terbaik di Indonesia. 

Daftar 5 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023 

Memahami peringkat universitas melalui data QS WUR dapat membantu calon mahasiswa menentukan pilihan terbaik untuk pendidikan tinggi mereka. Berikut daftar lima universitas kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023: 

1. Universitas Indonesia (UI) 

Universita kedokteran terbaik di Indonesia pada urutan pertama ditempati oleh Universitas Indonesia alias UI. Kampus ternama di Indonesia ini memeroleh peringkat global pada rentang angka 201-250. 

Seperti yang dijelaskan di situs resminya, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merupakan fakultas kedokteran paling bersejarah di Indonesia. Berdiri sejak 2 Februari 1950, FKUI saat ini memiliki 34 departemen. 

2. Universitas Airlangga (Unair) 

Di posisi kedua ada Universitas Airlangga (Unair). QS WUR mencatat Universitas Airlangga pada tahun 2023 ini menempati peringkat global pada rentang angka 301-350. 

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) berstatus sebagai fakultas kedokteran kedua tertua di Indonesia. FK UNAIR telah berdiri selama 108 tahun, sejak pendiriannya sebagai Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913. 

3. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Selanjutnya ada kampus yang berbasis di Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada sebagai universitas kedokteran terbaik di Indonesia urutan ketiga setelah UI dan Unair. UGM tercatat dengan peringkat global 351-400. 

4. Universitas Padjadjaran (Unpad) 

Ide untuk mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali muncul dari Menteri Kesehatan, Dr. Lie Kiat Teng, pada Kongres IDI di Surabaya pada tahun 1953. Kini, FK Unpad tercatat sebagai universitas kedokteran terbaik di Indonesia urutan keempat dengan peringkat global 501-550. 

5. Universitas Hasanuddin (Unhas) 

Posisi kelima ditempati oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan peringkat global 601-650. FK Unhas merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia timur, yang didirikan pada 28 Januari 1956. 

Kursus Grammar Masterclass, Langkah Awal Sukses Studi Kedokteran 

Salah satu skill yang banyak diperlukan saat menempuh studi kedokteran adalah kemampuan berbahasa Inggris. Pemahaman grammar yang tepat dapat membantumu dalam memahami istilah-istilah medis yang tepat. 

Siapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Grammar Masterclass di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.