Jadwal dan Informasi Beasiswa Turki, Turkiye Burslari

beasiswa turki

Bimbingan Master Degree– Beasiswa Turkiye Burslari adalah salah satu beasiswa populer yang mendanai masyarakat Indonesia untuk meneruskan pendidikan di Turki. Beasiswa Turki ini tentu saja akan membantu meringankan pendanaan pendidikan untuk kandidat yang sesuai kriteria yang sudah ditentukan. 

Beasiswa Turki, Turkiye Burslari 

Turkiye Burslari scholarship atau beasiswa Turki adalah bantuan pendanaan dari pemerintah Turki untuk calon mahasiswa internasional. 

Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded atau beasiswa penuh yang mengcover kebutuhan pendidikan juga kebutuhan hidup mahasiswa. Secara detail, fasilitas yang diberikan beasiswa Turki untuk penerima beasiswa adalah 

  • Biaya pendidikan 
  • Biaya hidup 
  • Akomodasi (asrama) dan transportasi (pesawat) 
  • Asuransi kesehatan 

Selain itu yang membedakan beasiswa Turki dengan jenis beasiswa yang lainya adalah penempatan universitas dan departemen. Hal ini dilakukan dengan kandidat bisa langsung memilih kampus yang ingin dituju. 

Sehingga proses masuk kampus dan daftar beasiswa dilakukan dalam satu jalur. Sebab beasiswa lainya, proses pendaftaran beasiswa secara umum dilakukan setelah diterima di universitas. 

Selain itu untuk memantapkan bahasa Turki untuk memperlancar kebutuhan pendidikan dan bersosial, ada kursus bahasa Turki selama satu tahun yang disediakan oleh beasiswa Turki ini pula. 

Cukup lengkap dan menarik ya beasiswa Turkiye Burslari ini. Tidak heran banyak anak bangsa berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa ini untuk membantu pendidikannya. 

Beasiswa ini terbuka untuk tingkatan kuliah S1,S2, S3, peneliti maupun seseorang yang berprestasi dalam dunia seni. Jadi tidak terbatas untuk tingkatan tertentu saja ya! 

informasi beasiswa lainya : Catat Tanggal Penting Fulbright Scholarship dan Persiapannya

Berapa tunjangan yang didapatkan dari beasiswa Turki 2024? 

Selain biaya pendidikan dan biaya akomodasi untuk asrama juga transportasi, peserta beasiswa juga mendapatkan tunjangan berupa biaya hidup. Besaran biayanya sebagai berikut 

Tingkat pendidikan Besaran tunjangan hidup Dalam rupiah 
S1 1700 TL Rp 921.080,40
S2 2400 TL Rp 1.300.348,80
S3 3000 TL Rp 1.625.436
Sumber : turkiyeburslari.gov.tr | Beasiswa Turki (Turkiye Burslari) 2024

Selanjutnya untuk tunjangan asrama atau akomodasi, untuk mahasiswa setingkat S1 atau sarjana dapat menempati asrama secara gratis selama masa studi. 

Sedangkan untuk mahasiswa doktor dan magister (S2 dan S3) dapat menempati asrama secara gratis selama satu tahun pertama. Untuk tahun-tahun selanjutnya mahasiswa dapat menyewa dengan biaya 2000 TL/tahun 

Yang paling penting untuk menjaga dana darurat untuk kebutuhan kesehatan, mahasiswa penerima beasiswa Turki juga mendapatkan asuransi kesehatan. 

Fasilitas kursus bahasa Turki 

Penerima beasiswa Turkiye Burslari ini berkesempatan mendapatkan kursus bahasa Turki selama satu tahun penuh. Tentunya ini menjadi kesempatan terbaik yang diberikan, dimana tidak semua beasiswa menawarkan kursus bahasa seperti ini. 

Selain bisa belajar langsung dengan native speaker Turki, kamu juga bisa mengenal lebih dalam bahasa dan budaya negara Turki yang mungkin saja tidak diajarkan selama di Indonesia. 

Artikel terkait : 10 Universitas Terbaik di Turki, Ada yang Sediakan Beasiswa!

Jenis-jenis beasiswa Turki 

Ternyata beasiswa turki dibagi menjadi beberapa jenis beasiswa, diantaranya adalah beasiswa full time, beasiswa short term dan juga partnered program

Beasiswa full time Beasiswa short term Beasiswa partnered program 
Membiayai pendidikan full dan kebutuhan hidup selama masa studi Memberikan beasiswa selama 1 tahun pendidikan dan hanya tunjangan bulanan sajaBeasiswa Turkiye Burslari yang bekerja sama dengan organisasi internasional untuk kelompok masyarakat kurang mampu. 
Untuk sarjana Untuk mahasiswa sukses : mahasiswa yang sudah berkuliah dan memiliki prestasi akademis yang bagus. Baik dari tingkat S1, S2 dan S3. 
Untuk pascasarjana 
Untuk doctoral Beasiswa penelitian untuk mahasiswa S3. Hanya mencangkup tunjangan bulanan 
Untuk mahasiswa berprestasi
Untuk pelaku seni Beasiswa KATIP untuk akademisi, diplomat, pejabat asing yang ingin belajar bahasa Turki. Beasiswa meliputi tunjangan bulanan, akomodasi, dan tiket pesawat pulang pergi. 
Jenis beasiswa Turki / Turkiye Burslari scholarship

Untuk mendapatkan beasiswa penuh maka kamu bisa apply pada beasiswa full time ya! Ada banyak fasilitas yang ditawarkan di jenis beasiswa ini. 

Tanggal penting penerimaan beasiswa Turki 2024

Silahkan catat tanggal penting untuk proses penerimaan beasiswa Turkiye Burslari Scholarship. 

beasiswa Turki
Beasiswa Turki | Kalender Beasiswa Turki

Dokumen yang dibutuhkan untuk apply beasiswa Turki 

Proses penyaringan beasiswa dilakukan dengan proses seleksi dokumen, kamu perlu menyiapkan dokumen berikut ini untuk mengikuti beasiswa. 

  1. Kartu identitas 
  2. Pas foto 
  3. Hasil ujian nasional 
  4. Ijazah 
  5. Hasil ujian GRE/GMAT/SAT jika dibutuhkan oleh universitas yang kamu daftar
  6. Hasil ujian bahasa seperti TOEFL/TOEIC dan lainya yang disyaratkan universitas
  7. Proposal penelitian (untuk kandidat PhD) 
  8. Sertifikat bahasa Turki C1 

Itulah beberapa kebutuhan dokumen untuk bisa mengikuti beasiswa Turkiye Burslari. Memang terlihat hanya dokumen, namun kamu perlu persiapan yang matang dan lengkap untuk menyiapkan dokumennya. 

Seperti dokumen TOEFL, sertifikat C1 bahasa Turki juga sertifikat GRE/GMAT karena dokumen-dokumen ini bisa dihasilkan dengan ujian terlebih dahulu. 

Yang artinya kamu perlu belajar dan juga menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk proses ujian. Sebab ujian-ujian untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidak gratis. 

Layanan Lister : Kursus Bahasa Turki

Langkah yang akan dilewati untuk mendapatkan beasiswa Turkiye Burslari 

Ada beberapa step yang perlu kamu lalui dari proses daftar sampai dengan pengumuman mendapatkan beasiswa. Beberapa step tersebut adalah 

  1. Penilaian awal : pengecekan awal untuk dokumen, prestasi akademik, usia dan lain sebagainya. 
  2. Evaluasi ahli : setelah lolos penilaian dokumen selanjutnya akan dipelajari lamaran kandidat berupa tujuan studi, status akademis, niat belajar, karir, kontribusi dalam sosial dan lain sebagainya. 
  3. Tes : ujian tertulis dengan soal matematika, geometri dan juga logika. Juga soal-soal yang memerlukan penjelasan. Soal ini menggunakan bahasa Inggris dan juga Turki. 
  4. Wawancara : evaluasi dari akademisi dan pakar mengenai tujuan lamaran, pemeriksaan dokumen, tujuan karir, prestasi akademik dan lainya. 
  5. Penilaian akhir : penilaian hasil wawancara yang akan dievaluasi oleh panitia seleksi. 

Jadi ada beberapa tahapan termasuk proses ujian dan juga ujian wawancara untuk kamu yang ingin masuk dan mendapatkan beasiswa Turki. 

Persiapkan kebutuhan beasiswa bersama Lister 

Sedang menyiapkan kebutuhan beasiswa? Bisa ikut bimbingan beasiswa luar negeri dari Lister! 

Lister memiliki program bimbingan beasiswa untuk S1,S2, S3 dan juga kursus bahasa asing yang mungkin saja kamu butuhkan. Lister akan memandu kamu bagaimana mendapatkan beasiswa yang kamu incar beserta persiapannya. 

Selain itu jika membutuhkan kursus persiapan GRE/GMAT maupun persiapan ujian bahasa Inggris seperti kursus TOEFL/TOEIC maupun kursus bahasa Turki, semua ada di Lister. 

Belajar di Lister cukup fleksibel dan mudah karena ada layanan pilih waktu belajar secara mandiri maupun pemilihan mentor yang sesuai kriteria kamu. 

Daftar sekarang kamu bisa dapat promo 10% dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk dapatkan potongan 10% dengan pembelian kelas seharga 1 jutaan. Daftar kelas sekarang melalui Whatsapp Tim Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.