Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Universitas Terkenal di Turki, Ada yang Sediakan Beasiswa!

universitas turki

Kuliah di Turki bukan lagi tak mungkin di era sekarang. Kamu bisa menjangkaunya sekarang juga, dimulai dari mengikuti Kursus Bahasa Turki.

Terdapat lebih dari 200 universitas di Turki, mayoritas merupakan universitas negeri. Baik universitas negeri maupun swasta di Turki mengikuti Bologna Agreement yang menjadi standar pendidikan tinggi di seluruh Eropa.

Selain itu, banyak universitas di Turki yang berpartisipasi dalam program Erasmus+ yang mendukung pertukaran pelajar internasional. Sistem pendidikan tinggi di Turki sendiri menduduki peringkat 43 di seluruh dunia.

Di antara berbagai universitas Turki tersebut, manakah yang paling populer?

Middle East Technical University (METU)

Middle East Technical University (METU) berlokasi di ibukota Turki, Ankara. Universitas ini menduduki peringkat 8 berdasarkan EECA.

METU fokus pada ilmu alam dan ilmu sosial dengan tujuan utama pembangunan Turki dan negara-negara lain di Timur Tengah.

Universitas ini berdiri pada 1956. METU telah menerima lebih dari 31.000 mahasiswa sampai sekarang.

Mengingat permintaannya yang tinggi, METU hanya menerima 1,5 persen dari 1,5 juta pendaftarnya. Kuliah di METU diantarkan dalam bahasa Inggris.

Boğaziçi Üniversitesi

Boğaziçi Üniversitesi menduduki peringkat 10 menurut EECA. Universitas ini didirikan pada 1863 dengan nama Robert College.

Boğaziçi Üniversitesi berlokasi di Istanbul, kota terbesar di Turki. Lokasi kampusnya diapit Selat Bosporus dan Kastil Rumelihisar.

Kuliah di Boğaziçi Üniversitesi diantarkan dalam bahasa Inggris, sesuai asal-usulnya yang merupakan universitas Amerika Serikat pertama yang didirikan di luar negeri.

Koç University

Koç University menduduki peringkat 12 menurut EECA. Universitas ini berdiri pada 1993 di Istanbul dan dinamai sesuai pendirinya, seorang pengusaha sekaligus filantropis Vehbi Koç.

Koç University adalah salah satu institusi pendidikan tinggi paling prestisius di Turki. Universitas ini menawarkan 22 program S-1, 32 program S-2, dan 18 program PhD.

Koç University memiliki misi melahirkan lulusan yang kompeten, berpengetahuan luas, berkualifikasi internasional, berpikir kreatif, mandiri, objektif, dan menjadi pemimpin yang percaya diri.

Bilkent University

Nama Bilkent University adalah akronim dari bilim kenti, yang berarti “kota pembelajaran dan ilmu pengetahuan”. Bilkent University adalah universitas swasta non-profit pertama di Turki.

Universitas ini didirikan pada 1984 oleh akademisi Turki İhsan Doğramacı. Bilkent University memiliki perpustakaan akademik terluas di Turki.

Universitas tersebut berfokus pada penelitian dalam 9 fakultas dan 2 sekolah profesionalnya. Banyak mahasiswa internasional yang mengincar Bilkent University.

Sabanci University

Sabanci University berlokasi di Istanbul. Universitas ini tergolong cukup muda, yakni berdiri pada 1999.

Fakultas yang paling diburu mahasiswa adalah Faculty of Engineering and Natural Sciences (FENS) dan Faculty of Arts and Social Sciences (FASS).

Sebanyak 42 persen mahasiswa di Sabanci University memperoleh beasiswa.

Hacettepe Üniversitesi

Hacettepe Üniversitesi terletak di Ankara. Universitas ini didirikan pada 1967 dan menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Turki.

Fakultas Kedokteran di Hacettepe Üniversitesi dianggap yang terbaik di seluruh Turki. Selain itu, universitas ini menyediakan 11 fakultas lainnya.

İstanbul Teknik Üniversitesi

İstanbul Teknik Üniversitesi (ITU) terletak di Istanbul. ITU merupakan universitas teknik ketiga tertua di dunia yang berdiri pada 1773.

ITU memiliki peringkat 1 nasional di bidang Teknik dan Teknologi serta Ilmu Alam. Universitas ini menawarkan 99 program sarjana, 192 program pascasarjana, 14 fakultas, laboratorium seluas 154 ribu meter persegi, dan 12 pusat penelitian.

Tim basket ITU juga terkenal dan masuk dalam Turkish Basketball Super League.

Çankaya Üniversitesi

Çankaya Üniversitesi adalah universitas swasta yang berlokasi di Ankara. Universitas ini didirikan pada 1997 oleh Sıtkı Alp Education Foundation.

Kuliah, pembelajaran, dan penelitian di Çankaya Üniversitesi diantarkan dalam bahasa Inggris. 

Çankaya Üniversitesi menawarkan 5 fakultas dengan 21 departemen, 2 institusi dengan 17 program master dan 6 program PhD, 2 sekolah vokasi dengan 3 program, serta sekolah persiapan bahasa Inggris.

Bahçeşehir University

Bahçeşehir University (BAU) adalah universitas swasta yang terletak di Bosporus, Istanbul yang berdiri pada 1998.

Universitas ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar kuliah. Calon mahasiswa diharuskan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai, dibuktikan dengan hasil tes.

BAU menawarkan 8 fakultas, 1 sekolah bahasa, 2 sekolah vokasi, dan 4 institusi pascasarjana.

İstanbul Üniversitesi

İstanbul Üniversitesi pertama kali didirikan oleh Mehmed II pada 1453 setelah penaklukan Konstantinopel oleh Turki. Universitas ini lalu didirikan ulang pada 1846 institusi pendidikan tinggi Utsmaniyah pertama berdasarkan tradisi Eropa.

Universitas tersebut menggunakan nama İstanbul Üniversitesi mulai 1933 dan menjadi institusi pendidikan tinggi modern pertama di Turki.

Kampus utamanya berada di dekat Beyazıt Square di Fatih. Universitas ini menawarkan 16 fakultas, beberapa di antaranya menduduki peringkat unggulan di seluruh dunia.