Kuliah Abroad, Cek Universitas Di Belanda yang Populer

universitas di belanda

Kursus Persiapan Tes NT2 – Kuliah di luar negeri mungkin saja banyak impian anak muda di Indonesia. Termasuk kuliah di Belanda. 

Namun diantara kita banyak yang bingung bagaimana untuk memulainya. Sebelum apply beasiswa, berikut daftar universitas di Belanda yang mungkin saja bisa digunakan sebagai referensi. 

Kuliah di Belanda 

Salah satu pilihan kuliah di luar negeri adalah kuliah di Belanda. Bagaimana tidak, selain menawarkan universitas di belanda yang terbaik dan berkualitas juga tersedia beasiswa di negara Paman Sam tersebut. 

Selain itu biaya kuliah di Belanda bisa dikatakan tidak semahal biaya kuliah di negara Amerika. Pun memiliki sistem pemerintahan dan tata kota yang bagus sehingga memberikan kemudahan mahasiswa untuk belajar dengan nyaman. 

Banyak teknologi yang sudah berkembang di Belanda sehingga Belanda menjadi negara yang kuat dalam pengembangan teknologi di berbagai bidang. Baik pangan, transportasi, pertanian dan perkebunan juga pendidikan.

Kenapa memilih studi ke Belanda? 

Ada beberapa kelebihan dari sistem pendidikan dan kehidupan di Belanda yang membuat banyak mahasiswa mancanegara tertarik meneruskan pendidikan di negara ini. Diantaranya adalah 

1. Sistem pendidikan yang sudah maju 

Di Belanda, universitas dibagi menjadi kampus terapan dan kampus research.  Dimana penggolongan universitas ini berdasarkan sistem pengajaran dan penerapan ilmunya. 

Untuk kampus research maka pelajaran lebih banyak teori daripada praktek sedangkan kampus terapan lebih banyak praktek daripada teori. Pun kampus terapan, ilmu-ilmunya bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan fokus kampus riset maka membuat banyak bidang di Belanda semakin maju karena banyaknya pengembangan ilmu untuk kehidupan di Belanda. 

2. Universitas terbaik di dunia 

Banyak universitas di Belanda masuk sebagai universitas terbaik di dunia. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa universitas di Belanda cukup bersaing di kancah global. 

Dan tentunya membantu kamu yang ingin meneruskan pendidikan di Belanda memperoleh kualitas pendidikan yang terbaik. 

3. Kemudahan bahasa 

Sebelum kuliah dan masuk universitas di Belanda memang perlu ujian bahasa NT2 untuk membekali kemampuan bahasa Belanda kamu. 

Namun dalam kehidupan sosial di Belanda, banyak masyarakat Belanda yang menguasai bahasa Inggris. Sehingga tidak sulit untuk bersosial dan berinteraksi dengan masyarakat di Belanda. 

Selain universitas di Belanda yang berkualitas. Ada banyak hal yang membuat banyak orang tertarik kuliah di Belanda, seperti kualitas pendidikan sampai dengan kemajuan teknologi di Belanda. 

Daftar universitas di Belanda 

Kampus apa sih yang populer dan terbaik di Belanda? Berikut daftar universitas di Belanda yang sudah Lister kumpulkan.

1. Technische Universiteit Delft

Salah satu universitas terbaik di Belanda adalah Universitas Teknik Delft dimana kampus ini dikenal dengan kampus yang memiliki peran besar dalam pengembangan teknologi dan rekayasa di Belanda. 

Memiliki ilmu terapan dan juga ilmu teknik seperti teknik sipil. Teknik elektro, teknik mekanika, arsitek, teknik kelautan dan juga ilmu bahan pangan. 

Kampus ini juga banyak dipilih mahasiswa internasional karena menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. 

Memiliki peran dalam pengembangan teknologi di Belanda, kampus ini memiliki banyak kerja sama dengan berbagai industri untuk memberikan kesempatan mahasiswa berkembang dan mempelajari risetnya. 

2. Universiteit van Amsterdam

Merupakan universitas di Belanda yang paling terkenal sampai internasional. Kampus ini cukup populer karena melahirkan banyak alumni yang sukses. 

Selain itu lokasi kampusnya yang berada di tengah kota kosmopolitan di Belanda, membuat banyak calon mahasiswa memilih kampus ini agar bisa merasakan kultur modern di Belanda. 

Universitas Amsterdam ini juga cukup populer karena kualitas sistem pendidikan berbasis riset nya yang kuat. Dimana kampus ini membantu mahasiswa melakukan riset sampai kerja sama dengan tingkat internasional. 

Juga fasilitas pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan dan sumber daya lainya dengan lengkap. 

3. Universiteit Leiden

Universitas terbaik di Belanda selanjutnya adalah Universitas Leiden. Dimana terletak di kota Leiden, sebuah kota yang maju akan sistemnya yang bagus. 

Universitas ini juga menjadi universitas terbaik dari mahasiswa mancanegara karena menggunakan bahasa pengantar Inggris dan juga reputasi riset yang kuat yang menghasilkan penelitian berkualitas tinggi. 

Lokasi Leiden juga tidak jauh dari Amsterdam sehingga banyak mahasiswa mancanegara memiliki kampus ini selain Universitas Amsterdam. 

4. Universiteit Utrecht

Merupakan universitas terapan di Belanda. Dimana hasil riset dari kampus ini mendukung penyelesaian masalah di dunia nyata. Termasuk memberikan dampak yang baik di lingkup sosial maupun lingkungan. 

Memiliki koneksi dengan pelaku bisnis dan industri sehingga memberikan kesempatan kerja dan magang untuk mahasiswa selama masa studi. 

Lokasinya di kota Utrecht membuat banyak mahasiswa internasional berkesempatan mempelajari banyak budaya yang beragam. Kota ini juga dikenal cukup ramah untuk mahasiswa. 

Beasiswa kuliah di Belanda 

Ada beberapa beasiswa yang dapat membantumu belajar ke Universitas di Belanda gratis. Beberapa beasiswa yang terbuka untuk orang Indonesia kuliah ke Belanda adalah 

1. LPDP

LPDP adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yang bertujuan membangun SDM unggul untuk membantu pengembangan negara Indonesia. 

Beasiswa ini membiayai secara penuh (fully funded) anak bangsa yang ingin berkuliah baik di luar maupun di dalam negeri. 

Jika kamu ingin kuliah ke Belanda dengan biaya kuliah di Belanda ditanggung pemerintah maka bisa mengikuti seleksi masuk LPDP. 

Ada banyak tunjangan yang diterima saat mengikuti beasiswa ini berupa biaya hidup, pendidikan dan juga akomodasi. 

Baca juga : Penting! Ketahui Hal-Hal Ini, Sebelum Kamu Mendaftar Beasiswa LPDP 

2. Holland Scholarship 

Holland scholarship adalah beasiswa dari negara Belanda untuk calon mahasiswa dari berbagai negara luar untuk berkuliah di Universitas di Belanda. 

Bukan termasuk beasiswa penuh, karena hanya memberikan beasiswa sekali saja dalam tahun pertama pendidikan. Besaran biayanya adalah sekitar 5 Euro. 

Jika sudah memiliki modal dan keinginan untuk berkuliah di Belanda maka mendapatkan beasiswa ini juga cukup membantu kamu. 

3. Orange Tulip Scholarship 

Beasiswa yang tersedia selanjutnya untuk bisa berkuliah di Belanda adalah Orange Tulip Scholarship (OTS). 

Dimana beasiswa ini diberikan kepada negara naungan NESO seperti Indonesia, China, Brazil, India, Korea, Mexico, Rusia, Thailand dan Vietnam. 

Beasiswa ini memberikan pendanaan berbeda-beda untuk tiap kampus, ada beasiswa full 100%, 50% dan juga 25%. 

Beasiswa ini terbuka untuk jenjang S2 dan juga S3 dan untuk mahasiswa yang sudah diterima di kampus Belanda. 

Jadi ada banyak universitas di Belanda yang menerima beasiswa belajar sehingga untuk kamu yang ingin belajar di Belanda bisa menggunakan beasiswa-beasiswa tersebut. 

Persiapan kuliah di Belanda 

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk bisa kuliah di Belanda, diantaranya adalah

Persiapan kuliah di Belanda
Visa pendidikanAda ujian NT2 berupa ujian bahasa Belanda untuk keperluan pendidikan. 
Tes TOEFL / IELTSSkor IELTS min 6.0/ Skor TOEFL iBT min 90
Transkrip nilaiTranskrip nilai Indonesia ke bahasa Belanda/Inggris  
CVBerisi data diri kamu 
Motivation letterEsai tentang motivasi pendidikan 
Recommendation letterSurat rekomendasi dari pihak yang relate 
Persiapan kuliah di Belanda | Universitas di Belanda

Kuliah di Belanda, harus lolos ujian NT2 dulu 

Ingin kuliah di Belanda? Pastikan kamu lolos ujian NT2 terlebih dahulu. Ujian ini dilakukan untuk mendapatkan visa pendidikan di Belanda. 

Siapkan ujian NT2 dengan maksimal dengan mengikuti kursus persiapan NT2 di Lister. Belajar ujian dengan nyaman dan menyenangkan. 

Bersama tutor yang profesional, kebebasan memilih waktu belajar dan juga memilih tutor terbaik versi kamu. 

Pembayaran lebih mudah dengan menggunakan sistem pay later dari Lister. Ikuti banyak berita menarik dari Lister dengan follow Instagram di Lister.co.id

Dapatkan potongan pembelian kelas dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk pembelian kelas seharga satu jutaan. Daftar langsung melalui Whatsapp Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.