Beasiswa Fully Funded Artinya Apa? Cek Sebelum Apply!

fully funded artinya

Bimbingan S1 Luar Negeri Sebelum daftar beasiswa untuk kuliah, ada baiknya kamu perlu mengecek jenis jenis beasiswa yang akan kamu daftar.

Sebab tidak semua beasiswa bersifat fully funded ada juga yang partial funded. Fully funded artinya apa sih? Cek di rangkuman Lister berikut! 

Beasiswa Fully funded artinya apa? 

Adalah beasiswa yang mendanai seluruh kebutuhan pendidikan secara penuh atau full. Makna kata fully funded adalah didanai penuh. 

Sehingga untuk seluruh kebutuhan pendidikan, pendukung pendidikan (buku, course, riset) dan juga kebutuhan hidup selama masa pendidikan juga ditanggung oleh si pemberi dana atau beasiswa. 

Dengan begitu penerima beasiswa cukup fokus dengan proses pendidikannya sampai lulus. Jadi dengan begitu dapat disimpulkan beasiswa fully funded artinya dana pendidikan full ditanggung 100% oleh si pemberi beasiswa. 

Apa saja yang tunjangan beasiswa fully funded

Hal yang membedakan antara beasiswa fully funded dan beasiswa partial funded yaitu tunjangan yang diberikannya. Diantaranya adalah 

  1. Tunjangan pendidikan (biaya pendidikan per semester sampai lulus)  
  2. Tunjangan pendukung pendidikan seperti buku dan riset 
  3. Biaya akomodasi 
  4. Biaya hidup selama menempuh pendidikan 
  5. Tiket perjalanan dan visa 

Tunjangan ini yang membedakan beasiswa fully funded artinya dengan partial funded. Dimana biaya partial funded hanya mengcover beberapa kebutuhan pendidikan saja.

Misalnya cover separuh biaya pendidikan atau juga hadir dalam memberikan kuliah pendek saja. 

Note fully funded scholarship 

Menerima beasiswa fully funded artinya kamu siap berkomitmen untuk belajar lebih keras. Memang beasiswa ini cukup menggiurkan, kita bisa belajar dengan tenang namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam penerimaan beasiswa fully funded ini, misalnya 

1. Kompetisi mendapatkan beasiswa 

Tingkat persaingan yang sangat kompetitif dan ketat untuk bisa mendapatkan beasiswa jenis ini. Bahkan dari ribuan pendaftar, hanya diambil ratusan orang saja. 

Untuk itu jika ingin lolos beasiswa fully funded kamu perlu mempersiapkan kebutuhannya dengan baik. Baik kebutuhan administrasi maupun seleksi untuk penjaringan. 

Beasiswa fully funded umumnya memiliki kriteria tertentu yang tidak mudah, bukan hanya tentang prestasi akademik kamu namun juga dilihat dari aspek lainya. 

Menginginkan beasiswa fully funded artinya kamu siap untuk berkompetisi dan menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Baik biaya, administrasi maupun penunjang lainya. 

2. Menggunakan beasiswa dengan penuh tanggungjawab 

Mendapatkan beasiswa bukan berarti kamu mendapatkan dana pendidikan dan sudah berlalu begitu saja. 

Pastinya pemberi beasiswa menginginkan tanggung jawab dari penerima beasiswa tersebut, tidak melulu dalam bentuk pengabdian setelah pendidikan selesai. Namun juga dengan dengan tindakan lainya. 

Umumnya pemberi beasiswa memberikan syarat seperti menentukan nilai semester (Indeks Kumulatif) di angka tertentu. 

Selain itu juga larangan untuk drop out selama masa pendidikan. Hal seperti ini akan membuat beasiswa gugur atau malah juga perlu mengganti dana yang sudah digunakan. 

Untuk beasiswa LPDP, penerima beasiswa wajib untuk mengabdi selama waktu tertentu kepada negara.

Sehingga apapun beasiswanya, penerima beasiswa wajib untuk mempertanggungjawabkan hasil pendidikan yang didanai secara penuh tersebut. 

Syarat umum mendapatkan fully funded scholarship 

Ada hal yang membedakan antara syarat daftar beasiswa fully funded dan juga beasiswa partial. Beasiswa fully funded umumnya lebih banyak dan ketat syaratnya. Mari kita bahas 

1. Dokumen kemampuan bahasa Inggris 

Umumnya beasiswa fully funded baik dalam negeri maupun luar negeri, mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Hal ini dibuktikan dengan submit dokumen IELTS atau TOEIC dan juga TOEFL dengan skor tertentu. 

Baik di Asia, Afrika maupun Eropa syarat dokumen TOEFL, TOEIC dan lainya sudah paten digunakan. 

Jadi jika ingin beasiswa fully funded artinya kamu perlu mengantongi dokumen bahasa ini dengan skor yang dibutuhkan. 

Artikel terkait : 4 Perbedaan TOEFL dan IELTS serta TOEIC & PTE, Lengkap!

2. Motivation letter dan CV

Surat motivation letter biasanya ada dalam bentuk karya tulis berupa essay. Disini kamu diminta untuk menulis siapa diri kamu.

Namun pastinya tidak sesimpel itu. Sebab di essay ini akan dinilai bukan hanya latar belakang kamu, namun juga keinginan kuat ingin melanjutkan pendidikan dan penerapan ilmu yang kamu miliki. 

Poin kenapa menginginkan beasiswa ini dan juga apa sumbang asih ilmu yang kamu miliki untuk orang sekitar dan lingkup yang lebih besar ini yang akan sangat mempengaruhi keputusan penilai beasiswa. 

3. Surat rekomendasi 

Surat rekomendasi adalah jenis surat yang umum ada dalam syarat beasiswa. Juga memiliki nilai yang penting untuk membantu kamu diterima beasiswa. 

Surat rekomendasi adalah surat yang merekomendasikan kamu mendapatkan beasiswa karena prestasi atau hal positif lainya yang kamu miliki agar pantas menerima beasiswa pendidikan. 

Semakin kuat surat rekomendasi maka akan memberi poin penilaian tinggi juga.

Surat rekomendasi umumnya diberikan oleh atasan, dosen, ketua peneliti dan lainya yang berhubungan dengan studi pendidikan yang akan kamu ambil. 

4. Memiliki LoA Unconditional 

LoA atau Letter of Acceptance adalah surat yang dikeluarkan oleh universitas baik dari rektor maupun fakultas dekan yang berisi keterangan bahwa kamu adalah calon mahasiswa yang sudah diterima di universitas tersebut. 

Untuk mendapatkan surat ini memang tidak mudah, sehingga perlu melakukan beberapa effort. 

Ingin mendapatkan beasiswa fully funded artinya kamu harus siap berjuang mencari dan mendapatkan dokumen-dokumen di atas. 

Contoh beasiswa fully funded 

Setelah mengetahui beasiswa fully funded artinya apa, Lister akan mencoba merangkum contoh beasiswa yang penuh baik di dalam maupun di luar negeri. 

Beasiswa dalam NegeriBeasiswa Luar Negeri
Beasiswa LPDPManaaki New Zealand Scholarship
Beasiswa unggulanErasmus Scholarship
Beasiswa Indonesia MajuTurkiye Burslari
contoh beasiswa fully funded | fully funded artinya

Dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan beasiswa full funded artinya banyak orang yang bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Diharapkan ilmu yang dimilikinya bermanfaat untuk orang lain atau lingkungan disekitarnya. 

Program Bimbingan Beasiswa Lister, bantu kamu dapatkan beasiswa! 

Ingin tahu bagaimana cara mencari beasiswa yang cocok juga cara menyiapkan kebutuhannya agar lolos beasiswa? Kamu bisa mengikuti mentoring bimbingan beasiswa S1 maupun S2 dari Lister! 

Program bimbingan  beasiswa dibuat untuk membantu kamu yang masih awam dan ingin mendapatkan beasiswa agar bisa menyiapkan kebutuhan beasiswa dengan terarah dan matang sehingga peluang lolos juga besar. 

Mentoring bersama tutor yang berpengalaman dalam hal beasiswa juga kelas online yang flexible scheduling. 

Dapatkan penawaran terbaik potongan 10% dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk pembelian kelas minimal seharga satu jutaan. Segera daftar dan klaim kode melalui Whatsapp Lister sekarang juga! 

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.