Mengenal Multilingualism, Perbedaannya dengan Polyglot

Multilingualism

Kursus bahasa Inggris Dewasa – Multilingualism adalah salah satu kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa. Multilingualisme ini dalam bahasa Indonesia juga sering disebut dengan Multi bahasa. Mungkin saja kamu termasuk memiliki kemampuan multilingual ini? 

Multilingual adalah 

Menurut Wikipedia, Multilingualism adalah tindakan yang menggunakan banyak bahasa baik oleh individu maupun masyarakat. Tindakan ini dipengaruhi oleh mudahnya penyebaran informasi. Sehingga individu maupun masyarakat dapat menggunakan lebih dari satu bahasa dalam mengekspresikan dirinya. 

Jika dulu multibahasa bisa terjadi karena interaksi dari perdagangan maupun perjalanan dan pertukaran informasi antar pedagang, maka sekarang multibahasa atau multilingualism bisa terjadi karena perkembangan informasi secara global yang berasal dari sosial media maupun media-media asing. 

baca juga : Polyglot adalah si Jago Bahasa, ini Mitos Vs Faktanya

Manfaat multilingualism

Kemampuan menggunakan banyak bahasa dalam percakapan sehari-hari ternyata memiliki banyak manfaat. Diantaranya

1. Mendukung komunikasi global 

Komunikasi global seperti bahasa Inggris maupun bahasa Mandarin adalah salah satu kemampuan bahasa yang banyak digunakan untuk lingkup kerja maupun pendidikan. 

Dengan menguasai bahasa global seperti Inggris dan Mandarin di atas maka akan memberikan kemudahan dalam urusan pekerjaan maupun pendidikan. 

Misalnya dalam mencari rekan bisnis maupun kebutuhan interaksi sosial yang lebih mudah dilakukan jika menguasai bahasanya. 

2. Kemampuan adaptasi 

Kemampuan lebih dari satu bahasa juga membantu kemampuan adaptasi seseorang untuk berbagai kondisi dan juga lingkungan. 

Misalnya kebutuhan study di luar negeri yang memerlukan proses adaptasi ekstra di kehidupan sosial maupun kehidupan kampus. Juga untuk kebutuhan adaptasi dalam pekerjaan yang dituntut bekerja dengan lingkungan yang multikultural.

3. Mendukung kemampuan kognitif 

Selanjutnya multilingualism juga mendukung kemampuan kognitif seseorang. Beberapa kemampuan kognitif diantaranya adalah kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan belajar dan meningkatkan memori. 

Jadi multilingual atau multibahasa ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kita. Selain menunjang kebutuhan sosial juga menunjang kemampuan kognitif kita. Cukup menarik, ya?

Perbedaan bilingual dan multilingual 

Penguasaan bahasa ada yang bilingual dan ada yang multilingual. Beberapa perbedaan dari bilingual dan multilingual, diantaranya adalah 

Bilingual berasal dari kata bi yang berarti dua dan lingual yang berarti bahasa. Jadi bilingual ini adalah kemampuan menguasai dua bahasa dengan tingkat kemampuan yang cukup baik. 

Sedangkan multilingual, menguasai bahasa lebih dari dua bahasa dengan tingkat kemampuan yang cukup baik pula. 

Bilingual Multilingual 
Penguasaan bahasa 2 bahasa Lebih dari 2 bahasa 
Kemampuan Mendengarkan dan memahami juga menulis ke dua bahasa dengan baik Mendengarkan dan memahami juga menulis ke berbagai bahasa dengan baik
Contoh Contoh bilingual adalah seseorang dapat menguasai bahasa Jepang dan juga bahasa Arab. Contoh multilingual adalah seseorang dapat menguasai untuk bahasa Jepang, Arab dan juga bahasa Indonesia. 
Perbedaan bilingual dan multilingual

Perbedaan multilingual dan polyglot 

Selain perbedaan dengan bilingual, ada juga perbedaan antara multilingual dengan polyglot. Walau keduanya sama-sama menguasai banyak bahasa namun tetap beda lho secara praktek! 

1. Penguasaan bahasa 

Dari penggunaan bahasa untuk kehidupan sehari-hari, penguasaan banyak bahasa dari polyglot umumnya dilakukan karena suka belajar bahasa baru, semangat mengenal bahasa lain cukup tinggi. 

Sedangkan untuk multibahasa, berbincang dan berinteraksi dengan lebih dari dua bahasa adalah hal yang umum di kehidupan sehari-harinya. 

2. Penggunaan bahasa 

Polyglot merujuk pada seseorang yang memiliki kemampuan berbicara banyak bahasa asing. Biasanya seorang polyglot menguasai lebih dari lima bahasa asing. 

Sedangkan untuk multilingualism adalah individu atau kelompok yang berinteraksi atau berbicara lebih dari dua bahasa. Dalam hal ini mereka bisa berbicara, memahami dan juga menulis bahasa tersebut dengan sangat baik. 

Multilingual Polyglot 
Berbicara dalam beberapa bahasa adalah hal umum Belajar dan berbicara bahasa asing karena tertarik 
Individu maupun kelompokIndividu 
Menguasai lebih dari dua bahasa asing Umumnya lebih dari lima bahasa asing 
Kemampuan berbicara, memahami dan menulis Kemampuan berbicara dan memahami ada kemungkinan juga menulis 
Perbedaan polyglot dan multilingual

 Contoh multilingualism di Indonesia

Tahukah kamu mungkin kita adalah salah satu orang yang memiliki kemampuan multilingualism atau berbicara menggunakan lebih dari dua bahasa. 

Misalnya jika kita sehari-hari menguasai bahasa daerah seperti bahasa Jawa, Sunda, Batak dan lainya kemudian juga menguasai bahasa Indonesia secara fasih untuk keperluan formal dan juga menguasai bahasa Inggris untuk berinteraksi dengan kalangan tertentu. 

Menggunakan lebih dari dua bahasa dengan baik dalam kehidupan sehari-hari bisa membuat kita disebut multilingualism. 

baca juga : Biografi Agus Salim, Bapak Polyglot Kuasai 9 Bahasa

Belajar banyak bahasa di Lister 

Ingin menguasai bahasa tertentu untuk mendukung kehidupan sosial dan interaksi dengan banyak orang? Kamu bisa belajar bahasa di Lister. 

Lister membantu kamu belajar bahasa dengan mudah dan nyaman. Dengan metode pembelajaran yang fleksibel untuk students. 

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.