Syarat Dapat Visa Belanda MVV, Wajib Lulus Tes Bahasa!

tes bahasa untuk buat visa belanda

Kursus Bahasa Belanda – Tahukah kamu untuk pergi ke Belanda baik untuk keperluan pendidikan maupun pekerjaan dan perpindahan kewarganegaraan sangat membutuhkan kemampuan bahasa Belanda yang baik? 

Mari kita pelajari tentang visa Belanda, MVV untuk kebutuhan pendidikan, kerja dan pindah kewarganegaraan. 

Visa Belanda MVV 

Visa MVV atau long stay visa adalah visa yang digunakan untuk tinggal menetap atau sementara di Belanda, dengan visa ini kamu bisa berada di Belanda lebih dari 90 hari.

Berbeda dengan visa Schengen (yang hanya aktif digunakan selama 90 hari) yang umumnya untuk berlibur maka visa MVV ini bisa digunakan untuk kebutuhan pendidikan sampai pindah kewarganegaraan. 

Pengajuan visa Belanda ini bisa dilakukan di kedutaan besar Belanda di Jakarta.

Keperluan apa yang membutuhkan visa belanda MVV? 

Aku ingin ke Belanda untuk pertukaran pelajar dan kebutuhan studi lainya, perlu visa Schengen atau visa MVV ya? Perjelas kebutuhan visa kamu dengan cek di poin berikut

1. Reunion

Adalah jenis visa Belanda yang diperlukan jika kamu ingin ke Belanda untuk ikut keluarga. Misalnya tinggal dengan ayah kandung, ibu kandung, suami, maupun anak dan saudara.

Dengan visa MVV ini kamu bisa tinggal di Belanda lebih dari 90 hari. 

Syarat untuk mendapatkan visa Belanda ini tentunya memiliki ikatan yang sah dengan keluarga di Belanda dan juga keluarga yang akan dikunjungi memiliki izin tempat tinggal di Belanda dengan baik. 

2. Pendidikan

Visa Belanda MVV ini juga menjadi visa untuk kebutuhan pendidikan misalnya kuliah. Namun untuk bisa mengajukan visa ini kamu perlu lebih dulu memiliki beberapa bukti dokumen diterima di universitas Belanda maupun bukti keuangan kamu bisa tinggal dan mencukupi kebutuhan kamu di Belanda. 

3. Pekerjaan

Kebutuhan pekerjaan juga perlu menggunakan visa belanda MVV, kebutuhan untuk visa pekerjaan ini bukti kontrak dengan perusahaan yang memberi kerja di Belanda. Berupa gaji, jam kerja dan keterangan pendukung lainya. 

4. Wiraswasta 

Untuk mendapatkan visa MVV untuk wiraswasta agak rumit karena perlu memiliki dokumen rencana bisnis, permodalan dan juga mengikuti semua syarat mendirikan usaha di Belanda.

Sehingga sebelum bekerja di Belanda sebagai wiraswasta memang sangat perlu kelengkapan izin di atas. 

Ujian bahasa Belanda untuk dapatkan Visa MVV 

Salah satu syarat visa Belanda MVV untuk kebutuhan bepergian ke Belanda adalah kemampuan berbahasa Belanda. Baik untuk pendidikan sampai reunited. 

1. Tes bahasa Belanda NT2 

Ada dua jenis bahasa Belanda, yaitu tes bahasa Belanda NT2 dan Inburgering. Untuk tes NT2 digunakan untuk tujuan bekerja dan juga pendidikan.

Tes ini diberikan untuk menilai kemampuan seseorang yang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa kedua. 

Tes bahasa Belanda NT2 ini digunakan untuk pembicaraan dewasa non native. Ada beberapa tingkat kemahiran untuk tes bahasa Belanda NT2 ini diantaranya programme I dan programme II. 

Isi dari tes NT2 adalah menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara.

Umumnya digunakan sebagai syarat masuk untuk kebutuhan pendidikan dan pekerjaan di Belanda. 

Programme IProgramme II
Ujian tingkat dasar yang menggunakan bahasa Belanda untuk keseharian. Misalnya digunakan untuk bersosial maupun jual beli di kehidupan sehari-hari. Ujian tingkat  tinggi dalam bahasa Belanda, ditujukan untuk seseorang yang ingin mencapai kemampuan bahasa belanda yang tinggi untuk kebutuhan akademis dan profesional. 
Ujian bahasa untuk Visa Belanda

2. Tes bahasa Belanda Inburgering

Selanjutnya tingkatan tes yang lebih tinggi dari tes bahasa Belanda NT2 adalah tes inburgering dimana tes ini digunakan untuk seseorang yang ingin berpindah kewarganegaraan ke Belanda maupun seseorang yang ingin mempelajari budaya dan bahasa Belanda. 

Tidak hanya sekedar tes tertulis berisi tes mendengar dan berbicara saja namun tes inburgering untuk pembuatan visa Belanda ini lebih dalam yaitu tentang pengetahuan budaya Belanda,

tes integritas yang membahas tentang norma sosial di Belanda dan juga tes wawancara untuk menilai kemampuan bahasa Belanda mereka. 

Untuk kamu yang ingin tinggal lama di Belanda bersama keluarga, maka kemampuan bahasa Belanda inburgering ini wajib dikuasai. 

baca juga : Nt2 adalah Ujian Bahasa Belanda untuk Orang Asing, Apa itu?

Kelulusan ujian bahasa Belanda untuk dapatkan Visa Belanda MVV

Jadi sebelum kamu apply visa Belanda, terlebih dahulu wajib untuk lolos tes kemampuan bahasa Belanda yang dilakukan di kedutaan besar Belanda. 

Sehingga kemampuan bahasa Belanda menjadi syarat untuk bisa mengajukan visa Belanda. Ada baiknya kamu benar-benar menguasai dan mempelajari bahasa Belanda dengan baik agar lolos ujian kemampuan bahasa ini.

Bagaimana agar lolos tes bahasa Belanda? 

Ada beberapa hal yang bisa membantu kamu lolos tes bahasa Belanda dan bisa menggunakannya untuk keperluan pendidikan, pekerjaan maupun tinggal lama di Belanda. Tips agar lolos diantaranya 

1. Mengikuti kursus bahasa Belanda 

Salah satu langkah yang paling tepat untuk lolos bahasa Belanda adalah dengan mengikuti kursus persiapan bahasa Belanda. 

Lembaga kursus memberikan kamu banyak hal yang menarik seperti bimbingan materi yang terarah, tutor yang berpengalaman, strategi terbaik menghadapi ujian dan juga practice dan tryout. 

Lembaga kursus memberikan bekal sesuai dengan fokus yang kamu butuhkan, mereka akan memberikan konseling dan juga tips sampai ujian dilakukan. 

Namun pilihlah lembaga kursus yang diakui, dikenal dengan programnya yang bagus dan juga kredibel. 

2. Mengasah kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Belanda 

Di luar kursus, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Belanda dengan mengasah kemampuan secara mandiri. Hal ini bisa dilakukan dengan berlatih berbicara dan mendengarkan dengan native speaker, menonton Youtube dan juga film. 

Kemampuan bahasa Belanda akan jauh lebih maksimal dengan melakukan banyak latihan diluar kursus. 

3. Banyak baca tentang kebudayaan Belanda

Kebudayaan bahasa Belanda bisa dipelajari dengan menonton video sejarah maupun nasional bangsa Belanda atau juga mengikuti berita nasional Belanda dan membaca bacaan tentang Belanda. 

Seperti yang kita tahu di tes inburgering untuk pembuatan visa Belanda, kamu akan dites tentang kebudayaan Belanda tidak hanya bahasa tertulisnya saja. 

Sehingga semakin banyak informasi kebudayaan dan ilmu yang diserap maka akan memperkaya pengetahuan kamu tentang kebudayaan negara Belanda sehingga tes akan semakin maksimal. 

Rekomendasi : Pelatihan Bahasa Belanda untuk Karyawan

Ikut kursus bahasa Belanda di Lister untuk skor maksimal? 

Ingin mengikuti tes bahasa Belanda untuk kebutuhan pendidikan, pekerjaan maupun pindah kewarganegaraan di Belanda? Lancarkan ujian inburgering dan NT2 dengan mengikuti kursus bahasa Belanda di Lister! 

Dengan high qualified tutor dan juga pemilihan kelas yang fleksibel membuat les bahasa Belanda jadi lebih nyaman dan mudah dilakukan. 

Kursus bahasa Belanda untuk karyawan maupun untuk pribadi bisa dilakukan secara online! Untuk perusahaan yang ingin mengirimkan beberapa peserta untuk mengikuti kursus bahasa Belanda juga bisa memanfaatkan kelas Grup yang nantinya kelas akan dilakukan secara tatap muka. 

Dapatkan potongan harga 10% dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk pembelian kelas minimal harga satu jutaan. Klaim langsung melalui Whatsapp Lister ya! 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.