4 Perbedaan TOEFL dan IELTS serta TOEIC & PTE, Lengkap!

perbedaan toefl dan ielts

Kursus TOEFL IBT – Kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan sering membutuhkan dokumen kemampuan bahasa Inggris. Sertifikasi yang dilakukan untuk menilai kemampuan berbahasa inggris ada 4 yang biasa digunakan yaitu, TOEFL, IELTS, TOEIC dan juga ada PTE. 

Sertifikat ini pastinya akan digunakan jika kamu ingin melamar kerja atau meneruskan pendidikan di luar negeri. 

Apa sih perbedaan Perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE? Dan mana yang kamu butuhkan untuk keperluan ke luar negeri? Lister akan bantu menjelaskannya untuk kamu. Simak dengan baik ya! 

Apa itu TOEFL, IELTS, TOEIC dan PTE? 

Sebelum lebih jauh mengenai penggunaan keempat sertifikasi bahasa Inggris di atas dan juga penggunaannya, mari kita pelajari satu-satu definisinya. 

1. TOEFL 

Test Of English as a Foreign Language atau biasa disingkat TOEFL adalah ujian untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris yang menggunakan American English. Tes ini umumnya digunakan untuk seseorang yang memiliki tujuan ke Amerika Serikat dan Kanada. 

Namun tidak menutup kemungkinan negara Eropa dan Australia juga menggunakan TOEFL sebagai syarat untuk meneruskan pekerjaan maupun pendidikan disana. 

Untuk kamu yang ingin ke Amerika untuk kepentingan pendidikan maupun karir, sangat perlu sertifikat TOEFL. Sebab hampir semua Universitas di Amerika mensyaratkan sertifikat TOEFL baik untuk jenjang pendidikan SI, S2 maupun S3. 

Tes TOEFL sendiri juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Perbedaan TOEFL ITP dan iBT adalah penggunaannya. 

Dimana iBT (Internet Based Test) adalah tes TOEFL yang biasanya digunakan untuk lingkup internasional. Sedangkan TOEFL ITP digunakan untuk keperluan di dalam negeri. TOEFL IBT dan ITP cukup berbeda dari module yang diujikan. 

Jadi kamu bisa menyesuaikan keperluan tes TOEFL sesuai dengan kebutuhan ya! 

2. IELTS 

International English Language Testing System yang disingkat menjadi IELTS adalah tes yang digunakan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang. 

Hasil sertifikat IELTS nantinya akan dibutuhkan untuk kamu yang ingin bekerja atau melanjutkan study dalam lingkup Inggris Raya. Bahasa Inggris yang diujikan pada tes IELTS ini lebih pada Inggris British

IELTS dibagi menjadi IELTS Academic dan General. Keduanya dibedakan berdasarkan penggunaannya. 

Tes IELT Academic digunakan untuk kebutuhan profesional seperti bekerja dan pendidikan. Sedangkan untuk tes IETLS general digunakan untuk kamu yang memiliki tujuan pelatihan pendek, mencari pengalaman kerja, melanjutkan pendidikan, maupun pindah negara. 

3. TOEIC 

Lanjut kita bahas tentang perbedaan TOEFL dan IELTS juga TOEIC (Test of English for International Communication). 

TOEIC lebih banyak dibutuhkan untuk keperluan dunia kerja. TOEIC juga agak berbeda dengan jenis tes bahasa Inggris lainya seperti TOEFL karena hanya terdiri dari dua sesi yaitu sesi reading dan listening saja. 

Jadi pada intinya tes TOEIC ini adalah tes bahasa Inggris yang memang difokuskan untuk keperluan di dunia kerja sehingga isi tesnya juga berhubungan dengan dunia kerja, seperti presentasi maupun komunikasi. 

4. PTE 

PTE adalah salah satu uji bahasa Inggris yang lebih baru daripada TOEIC dan TOEFL. Namun tes ini sudah teruji secara internasional dan juga sudah mulai banyak digunakan sebagai syarat untuk berpergian ke luar negeri. 

Ujian bahasa Inggris PTE ini sudah menggunakan computer based untuk penilaiannya sehingga tidak konvensional. 

Penggunaan PTE ini juga banyak digunakan di Universitas di Amerika Serikat, Kanada dan juga Inggris. 

Baca juga : Longman TOEFL: Sumber Belajar Lengkap dengan Soal

Perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE 

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap untuk membedakan TOEFL, IELTS, TOEIC dan PTE. Cek secara lengkap disini ya!  

1. Tes yang diujikan 

Masing-masing sertifikasi ujian bahasa Inggris di atas, memiliki beberapa jenis tes yang diujikan. Beberapa hampir sama termasuk tidak ada perbedaan TOEFL dan IELTS untuk hal ini.

Pengujian 
TOEFLIELTSTOEICPTE 
Reading Writing Listening SpeakingReading Writing Listening SpeakingTOEIC speaking writing TOEIC reading listening Reading Writing Listening Speaking 
perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE

2. Penggunaan tes 

Masing-masing digunakan untuk keperluan atau kebutuhan yang berbeda. Hal ini menjadi karakter dari setiap tes. 

Penggunaan 
TOEFLIELTSTOEICPTE 
Tes untuk kebutuhan study atau kerja dengan tujuan negara Amerika Serikat, Kanada juga Eropa. Tes yang digunakan untuk kebutuhan study, kerja, perpindahan kewarganegaraan ke daerah Inggris Raya. Tes yang difokuskan untuk keperluan profesional dunia kerja. Tes bahasa yang umumnya digunakan untuk keperluan pendidikan dan juga keperluan imigrasi. 
perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE

3. Masa berlaku 

Ujian bahasa Inggris ini memiliki masa berlakunya masing-masing lho. Sehingga jika sudah melewati batas masa berlaku maka perlu untuk melakukan ujian ulang. 

Tidak ada perbedaan TOEFL dan IELTS juga TOEIC dan PTE

Masa Berlaku
TOEFLIELTSTOEICPTE 
2 tahun2 tahun2 tahun 2 tahun 
perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE

4. Biaya tes 

Untuk mendapatkan sertifikat yang kamu butuhkan, perlu mengikuti ujian sertifikasi terlebih dahulu. Kamu bisa mulai mengecek berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti tes bahasa Inggris ini. 

Biaya Tes
TOEFLIELTSTOEICPTE 
Mulai dari 3 jutaanMulai dari 3 jutaanMulai dari 600 ribuanMulai dari 2 jutaan 
perbedaan TOEFL dan IELTS, TOEIC, PTE

Jadi masing-masing tes bahasa Inggris di atas memiliki karakter dan kebutuhannya tersendiri. Untuk mencapai target nilai yang diinginkan, bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang secara khusus mempelajari perbedaan TOEFL dan IELTS juga TOEIC maupun PTE sesuai kebutuhan kamu. 

Baca juga : Belajar Grammar TOEFL Online, Garansi Skor Naik!

Booster skor dengan ikut kursus di Lister! 

Mengikuti tes TOEIC, TOEFL, IELTS dan PTE untuk beasiswa maupun kerja tetap perlu persiapan agar skor yang ditargetkan bisa tercapai. Ikuti kursus TOEIC dan lainya untuk memudahkan kamu menghadapi tes yang sebenarnya.

Belajar lebih terarah dan menyenangkan bersama Lister! 

Lister adalah One-Stop Language Learning Solution yang berfokus pada penyediaan layanan kursus bahasa asing online dengan kualitas premium lewat pembelajaran yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar setiap individu. 

Dapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan bersama tutor ahli dan berpengalaman. Selain itu kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Yuk ajak teman-temanmu dan daftar sekarang!

Cek sekarang di Whatsapp tim Lister ya!

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.