Istanbul University, Universitas Top Turki dengan Biaya Terjangkau

istanbul university

Kursus Bahasa Turki  – Pada kesempatan kali ini, akan banyak mengulik seputar Istanbul University

Perguruan ini adalah salah satu perguruan favorit di Turki. Dengan reputasi akademi yang mentereng, kampus ini sering dijadikan tujuan favorit oleh para mahasiswa yang ingin berkuliah di Turki.

Lebih Dekat Dengan Istanbul University

Bagi kamu yang ingin berkuliah di luar negeri, kampus ini bisa dijadikan sebagai tujuan studi terbaik. 

Kampus Istanbul adalah salah satu perguruan terbaik di Turki yang terletak di Istanbul, kota terbesar Turki sekaligus menjadi pusat perekonomian, kebudayaan, dan sejarah Turki.

Uniknya, Istanbul terletak di dua benua sekaligus, yakni Benua Asia dan Benua Eropa. 

Sisi kota Istanbul yang berdekatan dengan Asia dikenal sebagai sebutan Anadolu Yakasi. Sisi ini terkenal akan kehijauan dan relatif lebih aman.

Sebaliknya, sisi Barat dari Istanbul dinamai Avrupa Yakasi terkenal akan kehidupan malam yang tidak pernah padam. Serta kegiatan ekonominya yang selalu melaju kencang. Lokasi kampus Istanbul berdekatan dengan Lapangan Bezayit yang ada di Fatih, distrik yang berada di sisi barat Istanbul.

Istanbul University mulai berdiri pada tahun 1453 oleh Sultan Utsmaniyyah Mehmed II. Pada mulanya, universitas ini berdiri sebagai madrasah pendidikan dengan nama Sahn-i-Seman Medresi atau Semaniyye.

Istanbul University memiliki 17 fakultas dan lima kampus. Kampus utama terletak di area Bezayit Square. Sebelumnya gedung utama kampus dan gerbang markah tanahnya digunakan sebagai markas besar Harbiye Nezareti atau Kementerian Perang oleh Kekhalifahan Utsmaniyah.

Universitas ini memiliki moto “Science Bridge from Past to the Future”. Istanbul University juga menempati peringkat 8 terbaik dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Turki. Universitas ini juga memiliki peringkat 801-1000 dalam daftar perguruan terbaik di dunia tahun 2023 versi QS.


Kualitas pendidikan disini sudah patut diacungi jempol. Pasalnya kampus ini telah menghasilkan lulusan-lulusan terbaik Turki, salah satunya adalah peraih Nobel Prize tahun 2006 di bidang literasi, Orhan Pamuk. Dan peraih Nobel Prize bidang kimia pada tahun 2015, Prof. Dr. Aziz Sancar.

Baca juga: 7 Rekomendasi Terjemahan Bahasa Turki ke Indonesia

Jurusan di Istanbul University

Ada berbagai macam jurusan yang bisa Lister tuju ketika berkuliah disini. Jurusan Istanbul Aydin University ada 24 jurusan untuk program studi associate degree, 137 program studi sarjana, 355 program studi master, dan 221 program doktoral.

Untuk fakultasnya sendiri memiliki 14 Fakultas, diantaranya Kedokteran, Hukum, Sastra, Sains, Ekonomi, Farmasi, Kedokteran Gigi, Manajemen, Ilmu Politik, Komunikasi, Ilmu Akuatik, Ilahiyat, Transportasi dan Logistik, serta Arsitektur.

Bahasa pengantar yang digunakan pada masing-masing program studi di atas berbeda-beda. Namun, secara umum bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Turki atau Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Oleh sebab itu, untuk membantu pelajar internasional cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar pihak kampus telah menyediakan kelas pendamping yang diselenggarakan dalam berbagai bahasan dan program orientasi khusus untuk pelajar internasional.

Baca juga: 6 Universitas di Turki Beserta Informasi Jurusannya

Biaya Kuliah di Istanbul University

Biaya kuliah di kampus ini tergolong sangat terjangkau karena Istanbul University termasuk dalam Perguruan Tinggi Negeri. Walaupun memiliki kualitas tingkat dunia, tidak membuat kampus ini menarik biaya yang luar biasa tinggi untuk mahasiswa. 

Hal ini bisa terjadi karena subsidi pemerintah kepada kampus. Bahkan untuk biaya kuliah di Universitas Istanbul mulai dari 2 juta rupiah per semester lho, Lister.  Untuk Jurusan Arsitektur, Transportasi dan Logistik, Ilahiyat Komunikasi, ilmu Politik, Manajemen, Ekonomi, Sains, dan Sastra hanya berada di kisaran Rp 1,9 juta sampai Rp 2,5 juta saja.

Sedangkan untuk uang kuliah tertinggi adalah jurusan kedokteran dengan Rp 14.000.000 per semester. Diikuti dengan kedokteran gigi sebesar Rp 9.000.000 per semester. Meskipun begitu, biaya ini tergolong murah dibandingkan berkuliah di dalam negeri.

Bahkan untuk memperingan beban biaya mahasiswa, pihak kampus juga membuka lebar peluang beasiswa. 

Sehingga biaya di atas masih berpotensi bisa berkurang drastis. Selain biaya kuliah, sebagai mahasiswa Lister harus mempersiapkan biaya persiapan pendaftaran, biaya kehidupan, biaya akomodasi dan sebagainya. 

Untuk biaya persiapan pendaftaran, universitas ini tidak meminta biaya sepeser pun. Karena proses pendaftaran dan proses seleksi bisa dilakukan secara online. Namun, Lister harus mengecek semua persyaratan yang diminta oleh jurusan dan kampus.

Biaya kehidupan sehari-hari di Turki ternyata tidak jauh beda dengan biaya kehidupan di Indonesia. Biasanya mahasiswa akan memiliki pengeluaran sebesar 3600 sampai 5850 lira per bulan atau setara dengan Rp 2.000 sampai Rp 3.000.000 saja.

Sebagai mahasiswa internasional, Lister juga membutuhkan tempat tinggal. Ada beberapa pilihan tempat tinggal yang tersedia, mulai dari asrama kampus, asrama negara, atau menyewa apartemen. Semua akomodasi tersebut memiliki harga yang berbeda tergantung kebijakan dan fasilitas.

Sebaiknya Lister memilih asrama pemerintah atau asrama kampus. Sebab biayanya lebih murah dan bisa dihuni oleh 4 orang per kamar. Sedangkan untuk apartemen memiliki biaya yang lebih tinggi namun privasi Lister lebih terjaga.

Lister khawatir soal biaya makan? Tak perlu khawatir, karena Istanbul University memiliki kantin yang menjual makanan dengan harga yang lebih murah daripada di luar. 

Biaya makan di Turki hanya sekitar Rp 9.000 sampai Rp 19.000 per hari. Tergantung jenis restoran yang Lister kunjungi.

Biaya transportasi umum disini juga tidak menguras kantong. Untuk bus kota hanya memakan biaya sekitar Rp 7.000. Sedangkan taxi hanya memakan biaya Rp 40.000 per KM.

Baca juga: Kursus Bahasa Turki di Pare, Khusus Kelas Grup Diskon 50% OFF!

Kursus Bahasa Turki di Lister

Syarat penting untuk dapat kuliah di Istanbul University, bekerja, atau tinggal di Turki adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Turki Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.