10 Makanan Khas Turki yang Terlezat, dari Pilav hingga Boza

makanan khas turki

Kursus Bahasa Turki – Makanan Khas Turki adalah salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Makanan khas Turki mencerminkan perpaduan antara tradisi, budaya, dan sejarah yang kaya.

Dari rasa yang gurih hingga manis yang lezat, makanan khas Turki menawarkan ragam yang luas untuk dinikmati. Kamu akan terpesona dengan cita rasa yang unik dan penyajian yang menarik dari setiap hidangan. Berikut adalah beberapa makanan khas Turki yang harus kamu coba.

1. Pilav

Salah satu makanan khas Turki yang paling terkenal adalah Pilav. Ini adalah hidangan nasi yang tidak hanya sederhana tetapi juga sangat lezat. Pilav biasanya disajikan sebagai hidangan sampingan, tetapi juga bisa menjadi hidangan utama dengan tambahan daging atau sayuran.

Terdapat berbagai jenis Pilav di Turki, yang masing-masing menampilkan kombinasi rempah-rempah dan bahan lokal yang unik. Bahkan dalam beberapa keluarga, Pilav memiliki resep rahasia yang diwariskan dari generasi ke generasi.

2. Dolma

Dolma adalah hidangan lain yang menjadi ikon dari makanan khas Turki. Terdiri dari daun anggur yang diisi dengan campuran beras, daging cincang, tomat, bawang, dan rempah-rempah, Dolma adalah hidangan yang serba guna dan disukai oleh banyak orang.

Ini bisa dihidangkan panas atau dingin, sebagai hidangan utama atau camilan. Apa yang membuat Dolma begitu istimewa adalah cara penyajiannya, dimana setiap daun anggur diisi dan dilipat dengan cermat untuk menciptakan paket yang sempurna.

3. Lahmacun

Lahmacun, yang sering disebut “pizza Turki”, adalah makanan khas Turki yang tak boleh dilewatkan. Berbeda dengan pizza biasa, Lahmacun memiliki tekstur yang lebih tipis dan ringan.

Roti datar yang digunakan sebagai dasar biasanya diolesi dengan campuran daging cincang, tomat, bawang merah, bawang putih, dan berbagai bumbu khas Turki. Setelah dipanggang hingga sempurna, Lahmacun disajikan dengan irisan lemon dan bisa digulung bersama sayuran segar seperti selada dan tomat.

Baca Juga: 6 Universitas di Turki Beserta Informasi Jurusannya

4. Pide

Pide adalah saudara dari Lahmacun dalam kuliner Turki, dan juga merupakan makanan khas Turki yang populer. Mirip dengan Lahmacun, Pide adalah roti datar yang diisi dengan berbagai bahan. Namun, Pide biasanya lebih tebal dan bentuknya lebih seperti perahu.

Isian Pide bisa sangat bervariasi, mulai dari daging kambing atau sapi yang gurih, keju khas Turki, sayuran, atau bahkan telur. Setiap daerah di Turki mungkin memiliki varian Pide sendiri, yang mencerminkan kekayaan dan keberagaman makanan khas Turki.

5. Sup Mercimek

Sup Mercimek adalah salah satu makanan khas Turki yang mewakili kehangatan dan kekayaan kuliner Turki. Sup ini terbuat dari lentil merah yang dimasak hingga lembut, kemudian dihaluskan dengan bawang, tomat, dan rempah-rempah khas seperti jintan dan paprika.

Tidak hanya rasanya yang gurih dan nikmat, Sup Mercimek juga kaya akan protein dan serat, menjadikannya pilihan yang sehat. Sup ini sering dihidangkan dengan potongan lemon dan roti pita yang hangat, menambah kenikmatan dalam setiap suapannya.

6. Baklava

Baklava adalah hidangan penutup yang istimewa, tidak hanya di Turki tetapi juga di seluruh Timur Tengah dan Balkan. Namun, sebagai makanan khas Turki, Baklava memiliki tempat khusus dalam hati para penikmat kuliner.

Dibuat dari lapisan tipis pastry filo yang renyah, diisi dengan kacang cincang seperti kenari atau pistachio, dan disiram dengan sirup madu yang manis, Baklava adalah kombinasi sempurna antara tekstur dan rasa. Baklava adalah simbol dari perpaduan budaya dan kuliner yang menjadi esensi dari makanan khas Turki. Menyantap Baklava bukan hanya menikmati kelezatan, tetapi juga merasakan sejarah dan tradisi Turki yang kaya.

7. Borek

Borek adalah salah satu makanan khas Turki yang paling populer dan banyak digemari. Terbuat dari lapisan tipis adonan filo yang diselimuti dengan berbagai isian seperti daging cincang, keju, bayam, atau kentang, Borek adalah camilan atau hidangan pembuka yang sempurna.

Teksturnya yang renyah dan rasa yang kaya membuatnya menjadi pilihan yang tak terkalahkan dalam berbagai acara. Apakah itu Borek panggang, digoreng, atau direbus, variasinya tak terbatas, dan setiap daerah di Turki memiliki versi Borek yang unik. Menikmati Borek bersama teh atau kopi adalah cara sempurna untuk mengeksplorasi keanekaragaman

8. Hummus

Hummus mungkin dikenal di seluruh dunia, tetapi versi Turki dari hidangan ini memiliki sentuhan khas yang membuatnya menjadi bagian integral dari makanan khas Turki. Terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dengan tambahan bawang putih, lemon, tahini, dan zaitun.

Hummus adalah sajian yang lembut dan lezat yang sering dihidangkan sebagai selingan atau makanan pembuka. Hummus di Turki sering disajikan dengan tambahan daging cincang atau paprika merah, memberikan dimensi rasa tambahan yang khas.

9. Patlican Tava

Patlican Tava adalah salah satu makanan khas Turki yang menyuguhkan kelezatan terong dalam bentuk yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Terong digoreng hingga sempurna dengan tekstur luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut.

Sering kali, hidangan ini disajikan dengan saus tomat yang kaya rasa atau yoghurt yang menyegarkan. Patlican Tava adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin mencicipi sayuran dalam balutan cita rasa Turki yang otentik.

10. Boza

Boza, minuman fermentasi yang terbuat dari jelai, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari makanan khas Turki. Dengan tekstur yang khas dan rasa yang manis, Boza menawarkan sensasi rasa yang unik. Minuman ini sering disajikan pada musim dingin dan memiliki sejarah panjang dalam budaya Turki.

Baik diminum bersama kacang panggang atau dengan sejumput kayu manis, Boza mengundang penikmat kuliner untuk mengeksplorasi lebih dalam budaya dan tradisi Turki.

Baca Juga: Bukan Istanbul, Kenali Ibu Kota Turki dan 5 Destinasi Wisatanya!

Bersiap Libur dan Cicipi Makanan Khas Turki? Jangan Lupa Kuasai Bahasanya! 

Menguasai bahasa Turki adalah bekal penting sebelum merencanakan berlibur ke negara tersebut. Sebagai bekal kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Turki melalui Kursus Bahasa Turki di Lister. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.