Bukan Istanbul, Kenali Ibu Kota Turki dan 5 Destinasi Wisatanya!

ibu kota turki

Kursus Bahasa Turki – Banyak yang mengira Istanbul merupakan ibu kota Turki, padahal hanya salah satu kota yang terkenal di Turki. Mari mengenal ibu kota Turki yang sesungguhnya dan ulasan wisata favoritnya! 

Mengenal Sejarah Ibu Kota Turki, Ankara

Ankara adalah ibu kota Turki dengan populasi kedua terbanyak. Sumber ekonomi terbesar di Ankara berasal dari pertanian dan peternakan. 

Berdasarkan penjelasan Mappr, sebelum menjadi ibu kota, Ankara adalah tempat terjadinya perang kemerdekaan Turki. Pada tanggal 23 April 1920, saat Turki diduduki oleh Inggris, Majelis Agung Nasional Turki didirikan di Ankara, sedangkan Deputi Turki berada di Istanbul. Ankara juga  menjadi lokasi pertempuran sengit Perang Turki dan Yunani.

Puncaknya adalah saat pasukan Yunani ingin merebut kota Ankara pada tahun 1920 dengan menyerang dari tepi Sungai Sakarya. Pertempuran sengit terjadi, hingga pada akhirnya Yunani kalah. Peristiwa ini menjadi titik balik kemerdekaan Turki.

Setelah itu, dibentuklah Perjanjian Ankara dengan Prancis untuk menyatakan berakhirnya konflik Turki-Prancis. Konferensi Perdamaian Lausanne 1922 dan berbagai komunitas internasional mendaftarkan batas-batas negara Turki dalam Perjanjian Lausanne 1923, yang juga menjadi momen peresmian kemerdekaan. Tepat pada 13 Oktober 1923, Majelis Agung Nasional Turki mendeklarasikan Ankara sebagai ibu kota.

5 Destinasi Wisata Favorit di Ankara yang Wajib Dikunjungi

Kota Ankara tak kalah menarik dari Istanbul. Destinasi wisata di Ankara memiliki keunikan sejarah dan budaya dari berbagai era penting dalam sejarah dunia, mulai dari peninggalan Romawi hingga kastel yang mempesona.

1. Kastel Ankara (Kalesi)

ibu kota turki
Kastel Ankara

Kastel ini dibangun pada masa Dinasti Ottoman yang berjaya pada abad ke-14 sampai ke-20. Kastel Ankara memiliki konstruksi megah yang terdiri dari empat dinding besar dan 42 menara dengan bentuk pentagon.

Di puncak kastel, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah kota Ankara dari atas.

Dinasti Ottoman (Turki Usmani) merupakan dinasti yang berkuasa paling lama dalam sejarah dunia. Simak ulasan singkat sejarahnya dalam artikel Turki Usmani, Peradaban Dunia dan Islam yang Berjaya 6 Abad.

2. Anitkabir

ibu kota turki
Anitkabir

Anitkabir merupakan museum megah yang digunakan sebagai makam presiden pertama dan kedua Turki. Bentuk arsitektur yang indah membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Apa saja yang wajib dikunjungi di museum ini?

  • The Road Lions

Tempat tentara Turki berbaris untuk parade.

  • Peace Park

Taman bunga yang disusun membentuk bendera Turki.

  • Ceremonial Plaza dan Hall of Honor

Rumah makam Ataturk, dengan penjelasan sejarah melalui panduan audio berbagai bahasa.

3. Taman Gençlik

Taman Gençlik adalah taman kota dengan luas sekitar 70 hektar. Di sini pengunjung dan masyarakat Ankara dapat menikmati pemandangan hijau, kolam air, taman hiburan, teater terbuka, dan fasilitas kereta mini. Selain itu, kamu dapat menikmati berbagai jajanan khas Turki seperti dondurma (es krim Turki), jagung rebus, dan lainnya.

Menjelang malam, di kolam utama akan ada pertunjukan cahaya spektakuler yang populer di kalangan pengunjung anak-anak.

4. Atakule

Atakule adalah menara komunikasi dan observasi setinggi 125 meter. Dibangun pada tahun 1989, ata berarti leluhur dan kule berarti menara dalam bahasa Turki. 

Atakule adalah landmark dan tempat bersejarah yang bertempat di wilayah administrasi Çankaya. Menara ini memiliki teras terbuka yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota.

5. Museum Peradaban Anatolian

Museum Peradaban Anatolian memiliki koleksi arkeologi yang disusun secara kronologis mulai dari era Paleolitik hingga saat ini. Museum ini berfungsi sebagai pusat informasi sejarah kuno Turki dan Ankara.

Beberapa artefak yang dapat dilihat antara lain perkakas yang terbuat dari tulang dan batu, pahatan Neolitikum, hingga wadah dan perangkat tembikar.

Siap Sekolah di Turki, Mulai Belajar dari Bahasanya!

Menguasai bahasa Turki adalah bekal penting untuk kuliah atau bekerja di negara tersebut. Saatnya mempersiapkan diri dengan matang melalui Kursus Bahasa Turki di Lister.

Di sini kamu akan diajari tutor-tutor ahli yang bersertifikat. Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.