Perbedaan Waktu Indonesia dan Turki Berapa Jam? Traveler Wajib Tahu!

Perbedaan waktu Indonesia dan turki

Kursus Bahasa Turki – Berencana untuk berwisata atau bekerja di Turki? Jika ya, satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memahami perbedaan waktu Indonesia dan Turki. 

Sangat penting untuk menyesuaikan jam tanganmu dengan waktu setempat ketika kamu bepergian ke negara lain, khususnya yang memiliki perbedaan waktu cukup signifikan dengan Indonesia. Jadi, berapa jam perbedaannya? Mari kita cari tahu!

Mengapa Perlu Mengetahui Perbedaan Waktu Indonesia dan Turki?

Sebagai seorang traveler, kamu harus mengetahui berapa banyak jam perbedaan waktu Indonesia dan Turki. Kenapa? Karena dengan mengetahui perbedaan waktu tersebut, kamu bisa merencanakan jadwal aktivitasmu dengan baik, mulai dari penerbangan, acara, hingga jam tidur.

Selain itu, berkomunikasi dengan orang di Indonesia saat kamu di Turki akan lebih mudah jika kamu mengetahui perbedaan waktu tersebut. Kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk menghubungi keluarga atau teman di Indonesia tanpa harus mengganggu waktu istirahat mereka.

Baca Juga: Bukan Istanbul, Kenali Ibu Kota Turki dan 5 Destinasi Wisatanya! 

Berapa Jam Perbedaan Waktu Indonesia dan Turki? 

Untuk menjawab pertanyaan “Berapa jam perbedaan waktu Indonesia dan Turki?”, kamu harus memahami bahwa Indonesia dan Turki berada di zona waktu yang berbeda. 

Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Sementara itu, Turki berada di zona waktu Eropa Timur (Eastern European Time – EET). 

Perbandingan Waktu Indonesia Barat (WIB) dan Turki 

Jika mengambil WIB sebagai acuan, perbedaan waktu antara Indonesia dan Turki adalah 4 jam di musim panas dan 5 jam di musim dingin. Artinya, saat ini jam 12 siang di Jakarta, maka di Istanbul, Turki adalah jam 4 atau 5 sore. 

Misalnya, jika kamu berencana untuk melakukan panggilan video dengan keluarga atau teman di Jakarta saat jam makan siang di Turki, kamu perlu mempertimbangkan bahwa di Jakarta mungkin baru jam 8 atau 9 pagi.

Perbandingan Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Turki 

Sementara itu, jika mempertimbangkan WITA, perbedaan waktu antara Indonesia bagian tengah dan Turki adalah 3 jam di musim panas dan 4 jam di musim dingin. Jadi, saat jam 12 siang di Denpasar, Bali, di Turki sudah jam 3 atau 4 sore. 

Perbandingan Waktu Indonesia Timur (WIT) dan Turki 

Untuk WIT, perbedaan waktu antara Indonesia bagian timur dan Turki adalah 2 jam di musim panas dan 3 jam di musim dingin. Misalnya, saat jam 12 siang di Jayapura, di Turki adalah jam 2 atau 3 sore. 

Mengingat perbedaan waktu Indonesia dan Turki ini, penting bagi kamu untuk merencanakan aktivitas dan komunikasi dengan mempertimbangkan perbedaan waktu tersebut. Dengan demikian, kamu dapat mengatur jadwal harianmu dengan lebih efisien dan efektif saat berada di Turki. 

Cara Mengatur Waktu Saat Bepergian ke Turki 

Mengetahui perbedaan waktu Indonesia dan Turki bukanlah hal yang cukup. Kamu juga harus tahu bagaimana cara menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu tersebut.

Pertama, sesuaikan jam tanganmu dengan waktu setempat segera setelah kamu tiba di Turki. Selanjutnya, coba untuk tidur dan bangun sesuai dengan jadwal lokal. Ini akan membantu tubuhmu beradaptasi dengan cepat dengan perbedaan waktu. 

Kamu juga bisa merencanakan penerbanganmu sedemikian rupa sehingga kamu tiba di Turki pada malam hari. Dengan begitu, kamu bisa langsung tidur dan memulai hari baru sesuai dengan waktu setempat.

Baca Juga: Daftar Kosakata Bahasa Turki dan Cara Membacanya

Bersiap Liburan ke Turki? Jangan Lupa Kuasai Bahasanya! 

Menguasai bahasa Turki adalah bekal penting sebelum merencanakan berlibur ke negara tersebut. Sebagai bekal kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Turki melalui Kursus Bahasa Turki di Lister. 

Di sini kamu akan diajari tutor-tutor ahli yang bersertifikat. Kamu dapat menentukan jumlah kelas sendiri sesuai kebutuhanmu. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Tunggu apalagi, daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.