Cultural Diversity Adalah Pemantik Persatuan, Simak 5 Contohnya!

cultural diversity adalah

Kursus Bahasa InggrisKeberagaman budaya, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cultural diversity adalah kunci menciptakan persatuan di antara masyarakat. Kamu mungkin bertanya, bagaimana hal ini bisa terjadi? 

Keunikan ragam budaya di tengah-tengah masyarakat jika dimaknai positif, bisa menjadi peluang untuk menciptakan ruang yang nyaman dan dinamis. Inilah yang mampu menumbuhkan tali persatuan dan membentuk komunitas yang kuat. 

Apa Itu Cultural Diversity

Cultural diversity adalah konsep yang merujuk pada perbedaan budaya yang ada dalam suatu masyarakat atau suatu daerah tertentu. Perbedaan ini mencakup berbagai elemen, seperti bahasa, agama, ras, etnis, gender, usia, dan ragam aspek lainnya. 

Dalam suatu masyarakat yang beragam, setiap individu memiliki latar belakang unik yang mencerminkan sejarah, pengalaman, dan nilai-nilai mereka. Keberagaman budaya ini memberi warna dan kekayaan pada masyarakat. 

Lantas, membuatnya menjadi lebih menarik dan dinamis. Lebih dari itu, cultural diversity bukan hanya tentang perbedaan, tetapi juga tentang bagaimana kita menghargai dan memahami perbedaan tersebut. 

Mengapa keberagaman budaya penting? Sebab, seperti yang akan dibahas, cultural diversity adalah pemantik persatuan. Ia mampu menelurkan perspektif dan pemahaman baru, dan memfasilitasi dialog antar budaya yang memperkuat hubungan masyarakat. 

Baca Juga: Hagia Sophia, Keindahan Simbol 2 Agama dan Warisan Dunia

Mengapa cultural diversity adalah pemantik persatuan? 

Pernyataan cultural diversity adalah pemantik persatuan mungkin terdengar kontradiktif, mengingat perbedaan sering kali menjadi sumber konflik. Namun, keberagaman budaya sebenarnya dapat memperkuat persatuan dalam masyarakat. 

Dalam konteks ini, setiap individu memiliki kesempatan untuk belajar dan menghargai perbedaan. Hal ini bakal menciptakan lingkungan di mana setiap individu merasa dihargai dan dimengerti, yang pada akhirnya memperkuat ikatan antar anggota masyarakat. 

Lebih lanjut, melalui interaksi antar budaya, masyarakat dalam suatu komunitas dapat saling belajar dan tumbuh bersama. Dengannya, berkontribusi pada pembentukan masyarakat yang lebih inklusif dan toleran. 

Jadi, alih-alih melihat perbedaan sebagai ancaman, seyogianya harus dipandang sebagai peluang untuk mensyukuri keragaman. Lantas mampu menciptakan persatuan yang lebih kuat. 

5 Contoh Negara dengan Keragaman Budaya sebagai Pemantik Persatuan 

Berikut adalah lima contoh implementasi cultural diversity adalah pemantik persatuan dalam masyarakat suatu negara: 

1. Melbourne, Australia 

Melbourne, dikenal sebagai salah satu kota paling multikultural di dunia. Penduduknya berasal dari lebih dari 200 negara, berbicara dalam 260 bahasa dan dialek, dan mengikuti 135 agama berbeda. 

Mereka menunjukkan bagaimana keberagaman budaya dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, toleran dan inklusif. 

2. Toronto, Kanada 

Bisa dikatakan, Toronto merupakan rumah bagi penduduk dari berbagai latar belakang etnis. Di sini, lebih dari 200 etnis berbeda hidup dan bekerja bersama. Keberagaman ini menciptakan suasana toleransi dan menghargai perbedaan. 

3. Singapura 

Meski kecil, Singapura adalah contoh sempurna bagaimana cultural diversity adalah pemantik persatuan. Dengan masyarakat yang terdiri dari berbagai etnis, Singapura menunjukkan bagaimana keberagaman budaya mampu mengantarkannya menjadi salah satu negara maju. 

4. New York, Amerika Serikat 

Dikenal sebagai melting pot budaya, New York kini menjadi tempat orang dari berbagai budaya dan etnis hidup berdampingan. Keberagaman ini menciptakan masyarakat yang kuat, dinamis dan kreatif, yang membentuk identitas unik New York. 

5. Indonesia 

Terakhir, tentu saja Indonesia sebagai contoh sempurna dari bagaimana cultural diversity adalah pemantik persatuan. Sebagai negara dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia adalah rumah bagi ratusan suku bangsa. 

Dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, Indonesia telah membuktikan bahwa keberagaman budaya dapat menjadi fondasi untuk menciptakan masyarakat yang bersatu dan kuat. 

Baca Juga: Lunar New Year adalah Tradisi di 7 Kebudayaan ini, Apa saja?

Belajar Bahasa Inggris, Ciptakan Cultural Diversity yang Harmonis 

Ada banyak jalan yang membuat cultural diversity adalah pondasi daripada terwujudnya persatuan. Salah satunya, dengan jembatan komunikasi bahasa, termasuk bahasa Inggris sebagai alat pemersatu umat manusia di dunia. 

Di era saat ini, eksistensi bahasa Inggris sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris di Lister bisa jadi solusi. 

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts