Kota Tertua di Australia Adalah Sydney, Simak 5 Fakta Menariknya

kota tertua di australia adalah

Kursus Bahasa Inggris – Kota tertua di Australia adalah Sydney, sebuah kota yang sarat dengan sejarah dan budaya. Dengan arsitektur yang memukau dan lanskap alam yang menakjubkan, Sydney telah menjadi destinasi favorit bagi banyak wisatawan. 

Jika kamu belum pernah berkunjung ke Sydney, mungkin ini saatnya untuk menambahkan kota menakjubkan ini ke dalam daftar perjalanan kamu! Lantas, apa yang membuat kota tertua di Australia adalah Sydney ini menarik? 

Kota Tertua di Australia Adalah Sydney, Begini Sejarah Awal Mulanya 

Kota tertua di Australia adalah Sydney, sebuah kota yang bersejarah yang dilahirkan dari perjalanan sejarah panjang. Didirikan pada 26 Januari 1788 oleh Laksamana Arthur Phillip, pemimpin armada First Fleet dari Inggris, Sydney awalnya adalah koloni hukuman bagi narapidana dari Inggris. 

Itulah sebabnya, tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Australia, menandai tiba pertama kali koloni tersebut di Tanah Australia. Saat itu, tempat ini dinamai “Sydney” setelah Thomas Townshend, Lord Sydney, berperan penting dalam penentuan kebijakan mengirim narapidana ke Australia. 

Dia diketahui merupakan Menteri Dalam Negeri Inggris pada masa itu. Kini, namanya menjadi simbol sebuah kota yang berkembang pesat dan menjadi tuan rumah bagi berbagai budaya dari seluruh dunia. 

Dalam proses perkembangannya, kota tertua di Australia adalah Sydney mengalami perubahan signifikan. Dari koloni narapidana hingga terjadinya demam emas pada tahun 1850-an yang membawa imigran dari berbagai belahan dunia, menjadikan Sydney sebagai kota yang maju dan beragam.

Sekarang ini, kota tertua di Australia adalah Sydney yang telah berkembang menjadi pusat bisnis, pendidikan, dan budaya yang penting di Australia dan juga di dunia. Kota ini memiliki berbagai monumen dan bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang kota ini.

Baca Juga: Mengungkap Makna Hidden Gem: Keindahan yang Tersembunyi dan Belum Diketahui 

Menilik 5 Fakta Menarik Kota Tertua di Australia Adalah Sydney 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta menarik kota tertua di Australia adalah Sydney yang belum banyak orang ketahui: 

1. Sydney Adalah Kota Pertama yang Didirikan di Australia 

Sebagai bukti bahwa kota tertua di Australia adalah Sydney, kota ini merupakan tempat di mana First Fleet tiba pada 26 Januari 1788. Ini juga menjadi alasan mengapa Hari Australia dirayakan pada tanggal tersebut. 

2. Sydney Memiliki Jembatan Terpanjang di Dunia

Sydney Harbour Bridge, atau lebih dikenal dengan sebutan “The Coat Hanger” oleh penduduk lokal, bukan hanya sekedar ikon penting bagi Sydney. Jembatan ini adalah jembatan baja terpanjang di dunia, dengan panjang mencapai 1.149 meter. 

Diresmikan pada 19 Maret 1932, jembatan ini menghubungkan pusat kota Sydney dengan pinggiran utara, menjadi rute penting bagi kendaraan, pejalan kaki, dan sepeda. 

3. Terdapat Sejumlah Bangunan Bersejarah 

Kota tertua di Australia adalah Sydney, sarat dengan bangunan bersejarah yang memberikan gambaran tentang sejarah panjang kota ini. Salah satu contohnya adalah kawasan The Rocks. 

The Rocks adalah kawasan tertua di Sydney yang berisi jalan-jalan batu dan bangunan bersejarah dari abad ke-19. Beberapa bangunan penting lainnya termasuk Hyde Park Barracks. 

4. Opera House Sydney adalah Situs Warisan Dunia 

Opera House Sydney masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007. Bangunan ini menjadi rumah bagi berbagai pertunjukan seni, dari opera hingga konser musik. 

5. Dikenal dengan Penduduknya yang Beragam 

Kota tertua di Australia adalah Sydney, dan juga merupakan kota yang memiliki penduduk paling beragam di negara tersebut. Penduduk Sydney berasal dari berbagai latar belakang etnis dan budaya. 

Baca Juga: Cultural Diversity Adalah Pemantik Persatuan, Simak 5 Contohnya! 

Sebelum Jalan-jalan ke Australia, Kuasai Dulu Bahasanya 

Setelah mengetahui apa saja fakta unik Sydney sebagai kota tertua di Australia, apakah kamu tertarik berkunjung ke sana? Jika iya, kamu perlu mempersiapkan kemampuan bahasa asing di Kursus Bahasa Inggris Lister. 

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp mendaftar sekarang! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.