7 Fakta Unik Mongolia, Negara di Sebelah Utara Cina

Negara di sebelah utara Cina

Kursus Bahasa Mandarin – Mongolia, negara di sebelah utara Cina, menawarkan banyak fakta unik yang membedakannya dari negara-negara lain. Keunikan tersebut, mulai dari budaya, sejarah, hingga fakta-fakta lain yang mungkin belum kamu ketahui. 

Sebagai gambaran umum, Mongolia, negara di sebelah utara Cina ini menawarkan lanskap dan budaya yang begitu unik dan menarik. Jadi, mari kita telusuri lebih jauh tentang apa yang membuat Mongolia begitu istimewa. 

Melihat Fakta Geografis Mongolia sebagai Negara di Sebelah Utara Cina 

Mongolia adalah negara yang terletak di Asia Timur dan Tengah, berbatasan langsung dengan Rusia di utara dan Cina di selatan. Letaknya yang strategis menjadikannya sebagai negara di sebelah utara Cina. 

Mongolia memiliki luas wilayah sekitar 1,564,116 kilometer persegi, menjadikannya sebagai negara ke-18 terluas di dunia. Sebagai negara di sebelah utara Cina, Mongolia memiliki sumber daya alam yang melimpah. 

Negara di sebelah utara Cina ini kaya akan mineral, termasuk batubara, tembaga, emas, dan uranium. Mongolia juga memiliki cadangan minyak dan gas alam, meski eksplorasinya masih terbatas. 

Baca Juga: Arti Bahasa Mandarin Wo Hen Hao, Begini Contoh Kalimatnya

7 Fakta Unik tentang Mongolia, Negara di Sebelah Utara Cina 

1. Mongolia: Negara dengan Kepadatan Penduduk Terendah di Dunia 

Sebagai sebuah negara di sebelah utara Cina, Mongolia memegang rekor unik sebagai negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia. Memiliki luas wilayah lebih dari 1,5 juta kilometer persegi, negara ini hanya dihuni oleh sekitar tiga juta orang. 

Hal itu berdasarkan data terbaru pada 22 April 2020 menurut World Meters. Fakta ini mencerminkan gaya hidup nomaden tradisional penduduk Mongolia dan luasnya lahan terbuka yang menjadi ciri khas negara ini.

2. Budaya Berkuda yang Kuat 

Mongolia menampilkan budaya berkuda yang sangat kuat. Jumlah kuda di Mongolia dikatakan melebihi jumlah penduduknya. Menunggang kuda merupakan bagian integral dari gaya hidup nomaden Mongolia dan menjadi simbol penting bagi identitas nasional mereka.

3. Tradisi Naadam, Festival Olahraga Tahunan 

Naadam adalah festival olahraga tahunan yang meriah di Mongolia, negara di sebelah utara Cina. Festival ini melibatkan tiga olahraga tradisional: gulat Mongolia, panahan, dan balap kuda. Naadam bukan hanya perayaan olahraga, tetapi juga merupakan bagian penting dari identitas budaya dan sejarah Mongolia.

4. Kekhasan Ger, Rumah Tradisional Mongolia 

Di sepanjang padang rumput Mongolia, kamu akan menemukan Ger. Ini adalah rumah tradisional berbentuk bulat yang bisa dipindahkan. 

Ger ini menjadi bagian penting dari budaya nomaden di negara di sebelah utara Cina ini. Konstruksinya yang unik memungkinkan ger dapat dengan mudah dipindahkan sesuai dengan perubahan musim.

5. Kekayaan Alam Mongolia 

Mongolia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Negara di sebelah utara Cina ini merupakan produsen tembaga, batubara, dan emas terbesar di dunia. Kekayaan alam ini memberikan Mongolia status sebagai salah satu pusat pertambangan global.

6. Bahasa Mongolia, Salah Satu Bahasa Tertua di Dunia 

Mongolia, negara di sebelah utara Cina, mempertahankan salah satu bahasa tertua di dunia. Bahasa Mongolia adalah bagian dari keluarga bahasa Altaic dan memiliki sistem penulisan unik yang dikenal sebagai Skrip Uighur Lama, yang merupakan warisan budaya yang penting.

7. Musik Tradisional: Khoomei dan Morin Khuur

Musik tradisional Mongolia memiliki keunikan tersendiri. Khoomei, atau nyanyian tenggorokan adalah teknik nyanyian khusus yang melibatkan produksi harmoni ganda. 

Sementara Morin Khuur, biola kuda dua senar adalah instrumen musik tradisional yang dikenal dengan suara khasnya yang menyerupai suara kuda. Keduanya adalah bagian integral dari warisan budaya Mongolia. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Lithuania, Negara di Sebelah Selatan Latvia

Kuasai Bahasa Mandarin, Raih Mimpi Studi di Cina 

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.