7 Fakta Menarik Lithuania, Negara di Sebelah Selatan Latvia

negara di sebelah selatan Latvia

English for Adults – Lithuania, negara di sebelah selatan Latvia adalah salah satu permata tersembunyi Eropa. Dengan budaya yang kaya dan sejarah yang panjang, negara ini memiliki berbagai fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui. 

Tertarik mengetahui lebih lanjut seputar negara di sebelah selatan Latvia ini? Mari kita jelajahi tujuh fakta menarik Lithuania yang akan membuat kamu ingin segera mengunjunginya. 

Profil Negara Lithuania, Negara di Sebelah Selatan Latvia 

Sebelum mengetahui apa saja fakta-fakta menarik Lithuania, ada baiknya kamu mengenal profil ringkas negara di sebelah selatan Latvia ini. Lithuania, atau Lietuva, adalah sebuah negara yang berada di Eropa Timur Laut. 

Negara ini berbatasan dengan Latvia di utara, Belarus di timur dan selatan, Polandia dan wilayah Kaliningrad di Rusia di barat daya. Teluk Baltik berada di barat, memberikan Lithuania akses ke Laut Baltik. 

Kondisi geografis Lithuania memiliki topografi yang relatif datar, dengan beberapa bukit dan hutan pinus yang membentang di sebagian wilayahnya. Negara ini juga memiliki banyak danau dan sungai, serta pantai pasir yang indah di Klaipeda.

Melansir laman resmi Union European, negara di sebelah selatan Latvia ini menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer. Kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri, yang ditunjuk langsung oleh Presiden dengan persetujuan parlemen. 

Ekonomi Lithuania berkembang pesat sejak merdeka dari Uni Soviet pada 11 Maret 1990. Negara di sebelah selatan Latvia ini memiliki sektor layanan dan industri yang beragam. Pertanian juga berperan penting dengan produksi susu, daging, dan biji-bijian.

BACA JUGA: 5 Fakta-fakta Menarik Irlandia, Negara di Sebelah Barat Inggris

Cari Tahu 7 Fakta Menarik Lithuania

Nah, setelah kamu mengenal profil singkat dari Lithuania kini sudah saatnya mengetahui apa saja fakta-fakta menarik dari negara di sebelah selatan Latvia ini. Selain bisa membuka cakrawala dunia, pengetahuan ini bisa menjadi referensi ketika kamu memutuskan ingin berlibur ke Eropa. 

1. Lithuania, Negara di Sebelah Selatan Latvia dengan Ragam Bahasa 

Fakta menarik Lithuania, negara di sebelah selatan Latvia pertama adalah keanekaragaman bahasa yang dimiliki. Usut punya usut, bahasa Lithuania adalah bahasa Indo-Eropa tertua yang masih ada di dunia. 

Diketahui, bahasa tersebut sebenarnya bahasa kuno yang struktur dan bentuknya hampir mirip dengan bahasa Sansekerta. Selain bahasa Lithuania, penduduk di sana juga memakai bahasa Belarusia, Polandia, Rusia, Ukraina, dan Yiddish. 

2. Sepertiga Wilayah Lithuania Berupa Hutan 

Kondisi geografis Lithuania identik dengan ragam alam yang kaya. Data menyebut bahwa sekitar sepertiga atau hampir 40 persen wilayah negara di sebelah selatan Latvia ini berupa hutan. 

Keberadaan hutan di Lithuania dilindungi oleh lima taman hutan nasional yang spektakuler. Misalnya, Taman Nasional Delta Nemunas sebagai tempat berkembang biak baik lebih dari 295 spesies burung. 

3. German Airship: Hidangan Khas Lithuania 

hidangan khas lithuania
(Hidangan Khas Lithuania)

Lithuania terkenal dengan makanan tradisionalnya yang lezat. Salah satu hidangan populer adalah cepelinai, sebuah dumpling besar yang diisi dengan daging, keju, atau jamur. 

Menariknya hidangan cepelinai ini kerap disebut German Airship, yaitu kapal udara Zeppelin yang terkenal saat era Perang Dunia Pertama. Apakah kamu tertarik mencicipi hidangan khas negara di sebelah selatan Latvia ini? 

4. Budaya Musik yang Kaya 

Lithuania memiliki budaya musik yang kaya. Negara ini adalah rumah bagi banyak musisi dan komposer berbakat. Salah satu genre musik tradisional yang populer di sini adalah dainos, lagu-lagu rakyat yang biasanya bercerita tentang kehidupan sehari-hari dan peristiwa bersejarah. 

5. Lithuania dan Keindahan Alamnya 

Keindahan alam di Lithuania sangat mempesona. Dari pantai-pantai pasir putih di Klaipeda hingga hutan-hutan pinus di Aukstaitija, ada banyak hal yang dapat Anda jelajahi. Dan jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Curonian Spit, situs Warisan Dunia UNESCO yang menakjubkan. 

6. Basket, Olahraga Terpopuler Lithuania 

Basket adalah olahraga nasional di Lithuania. Negara ini memiliki banyak pemain basket profesional yang bermain di liga-liga teratas di dunia. Saat Piala Dunia FIBA, seluruh negara biasanya berhenti untuk menyaksikan pertandingan basketnya. 

7. Negara Terakhir di Eropa yang Memeluk Agama Kristen 

Lithuania adalah negara terakhir di Eropa yang mengadopsi agama Kristen pada tahun 1387. Itu hampir 1000 tahun setelah pertobatan resmi Kekaisaran Romawi. Sebelumnya, orang Lithuania terutama mempraktikkan Romuva, agama pagan asli. 

Saat ini banyak sekali orang-orang Lithuania yang memeluk agama Kristen. Di sisi lain, banyak tradisi pagan masih ada dengan banyak pemuda Lituania yang ingin menghidupkan kembali akar mereka.

BACA JUGA: Karl Landsteiner, Sosok Inspiratif di Balik Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Jalan-jalan ke Lithuania, Jangan Lupa Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggris 

Setelah mengetahui fakta-fakta menarik negara di sebelah selatan Latvia, mungkin kamu jadi tertarik untuk berkunjung ke Lithuania. Eits, supaya liburan lebih seru jangan lupa persiapkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti program English for Adults Lister

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Follow Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.