Karl Landsteiner, Sosok Inspiratif di Balik Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Hari Donor Darah Sedunia

Program Lister – Apakah kamu pernah berpikir tentang siapa orang penting yang mengilhami lahirnya Hari Donor Darah Sedunia? Tepat sekali, jawabannya adalah Karl Landsteiner, pahlawan yang namanya tidak lagi asing dalam dunia medis. 

Landsteiner adalah tokoh yang membangkitkan semangat dan inspirasi dalam perkembangan dunia medis Internasional. Khususnya, saat perayaan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati tanggal 14 Juni setiap tahunnya. 

Kilas Balik Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia, melansir laman Oneblood, yang dirayakan setiap 14 Juni adalah momen istimewa untuk mengapresiasi Dr. Karl Landsteiner. Tanggal tersebut tidak hanya menandai hari peringatan ini tetapi juga merupakan hari kelahiran beliau.

Penetapan Hari Donor Darah, yang kemudian diperingati oleh masyarakat global merupakan hasil dari kesepakatan bersama di antara berbagai organisasi kesehatan yang terjadi pada tahun 2005 silam.

Beberapa dari organisasi kesehatan ini, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Perhimpunan Internasional Transfusi Darah, serta Federasi Internasional Organisasi Donor Darah.

Tujuan utama dari Hari Donor Darah Sedunia, sebagaimana dikutip dari laman resmi WHO, adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah dan bagaimana satu unit darah dapat berpotensi menyelamatkan banyak nyawa.

Momen Hari Donor Darah Sedunia sekaligus juga memberikan peluang untuk mengirim penghargaan setinggi-tingginya kepada para donor yang telah berkontribusi besar. Terutama bagi kesehatan dan kehidupan banyak orang. 

BACA JUGA: Vincent van Gogh: Depresi Saat Hidup, Dicintai Setelah Tiada

Siapa Itu Karl Landsteiner? 

Karl Landsteiner, lahir pada 14 Juni 1868, adalah sosok yang sangat penting dalam dunia medis. Ia lahir dan besar di Wina, Austria yang menunjukkan minat yang kuat dalam bidang kedokteran sejak usia muda dan belajar di Universitas Wina dan lulus pada 1891. 

Setelah menyelesaikan studinya, Landsteiner mulai bekerja dalam bidang patologi. Beranjak dari sinilah ia membuat penemuan yang mengubah dunia. Pada tahun 1901, Landsteiner membuat penemuan revolusioner tentang kelompok darah. 

Ia menemukan bahwa darah dari dua individu berbeda dapat menggumpal saat dicampur. Hal ini mengarah pada konsep kelompok darah dan penggunaannya dalam transfusi darah. 

Penemuan revolusioner Landsteiner ini memberi pemahaman akan empat kelompok darah yang kamu kenal hari ini: A, B, AB, dan O. Pun tanpa penemuan Landsteiner, transfusi darah tidak akan aman seperti sekarang. 

Jika dicermati, pengaruh Landsteiner hampir di setiap rumah sakit dan klinik di seluruh dunia. Setiap kali seseorang mendonorkan darah, atau menerima transfusi, kamu bisa melihat begitu besarnya warisan Landsteiner.

Mengutip situs Nobelprize.org, atas jasanya yang luar biasa bagi ilmu kedokteran, Landsteiner dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1930. 

Untuk menghargai jasa dan penemuan Landsteiner yang revolusioner ini, maka tanggal kelahirannya yaitu 14 Juni dipilih sebagai Hari Donor Darah Sedunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia. 

Dari uraian tersebut kamu bisa memahami bahwa Karl Landsteiner adalah sosok inspiratif yang memainkan peran penting dalam sejarah dunia medis dan Hari Donor Darah Sedunia. Melalui penemuannya, ia telah membantu menyelamatkan jutaan nyawa dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

BACA JUGA: Sosok Joan of Arc, Gadis Belia Pahlawan Perang Prancis

Ikuti Program Lister: Menyelami Kisah Hidup Lengkap Landsteiner via Bahasa Asing 

Tertarik mengulas lebih dalam seputar kisah hidup Landsteiner yang berjasa dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia? Kurang afdal jika kamu tidak membaca dan memelajari secara langsung karya-karyanya yang fenomenal. 

Masalahnya, sebagian orang terkendala dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki. Tenang, kamu bisa mengasah kemampuan bahasa asing dengan mengikuti salah satu Program Lister

Temukan pengalaman menarik dari sesama student di Komunitas Lister Group via Discord Lister. Kamu diberikan kebebasan untuk menentukan jumlah kelas sendiri, bahkan memilih tutor dan kelas pengganti. Lebih lanjut, kamu juga dapat memperoleh Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang! hubungi via WhatsApp

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.