5 Fakta-fakta Menarik Irlandia, Negara di Sebelah Barat Inggris

negara di sebelah barat Inggris

English for AdultsApakah kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang Irlandia, negara di sebelah barat Inggris? Jika ya, kamu berada di tempat yang tepat karena artikel ini akan mengulas lima fakta menarik tentang Irlandia yang mungkin belum kamu ketahui. 

Sebagai informasi awal, Irlandia, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Irlandia, adalah sebuah negara pulau yang terletak di Eropa Barat. Negara di sebelah barat Inggris ini dikenal dengan bentang alamnya yang indah. 

Profil Irlandia, Negara di Sebelah Barat Inggris 

Republik Irlandia, atau biasa dikenal sebagai Irlandia, adalah sebuah negara pulau di Eropa Barat. Negara ini menduduki sebagian besar wilayah Pulau Irlandia, dengan bagian utara pulau ini menjadi wilayah dari Irlandia Utara, bagian dari Kerajaan Britania Raya.

Secara geografis, negara di sebelah barat Inggris ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat, dan Laut Celtic di selatan. Pun Laut Irlandia di timur yang memisahkannya dari Inggris. Di tengah Laut Irlandia, terdapat Pulau Man.

Ibukota dari Irlandia adalah Dublin, yang merupakan pusat ekonomi dan budaya negara di sebelah barat Inggris ini. Bahasa resmi di Irlandia adalah Irlandia dan Inggris, dengan mayoritas penduduk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Irlandia, negara di sebelah barat Inggris ini memiliki sistem pemerintahan Republik Parlementer. Presiden merupakan kepala negara, sementara perdana menteri bertindak sebagai kepala pemerintahan.

BACA JUGA: Fakta Unik Esperanto, Bahasa Buatan yang Mudah Dipelajari

7 Fakta Menarik Republik Irlandia yang Perlu Diketahui 

Dikenal karena budaya dan sejarah yang kaya, Irlandia adalah rumah bagi sastra, musik, dan tari yang terkenal di dunia. Negara di sebelah barat Inggris ini juga dikenal dengan keindahan alamnya, dengan lanskap yang meliputi dataran hijau, bukit-bukit, dan pantai yang indah. 

Tertarik mengenal lebih jauh tentang negara Republik Irlandia? Dihimpun dari berbagai sumber, simak berikut lima fakta-fakta menarik negara di sebelah barat Inggris ini: 

1. Saint Patrick, Santo Pelindung Irlandia 

Fakta menarik pertama Irlandia, negara di sebelah barat Inggris adalah adanya sosok Saint Patrick. Ia dikenal sebagai santo pelindung Irlandia yang paling terkenal. Meski dia adalah tokoh penting dalam sejarah Irlandia dia sebenarnya bukanlah orang asli. 

Dia lahir dan dibesarkan di Britania Raya, bukan di Irlandia seperti yang sering diasumsikan orang. Pada usia 16 tahun, Patrick diculik oleh perompak dan dijual sebagai budak di Irlandia. Dia menghabiskan enam tahun dalam kondisi perbudakan. 

2. Pusat Pengetahuan Eropa Kuno 

Irlandia memiliki sejarah panjang sebagai pusat pengetahuan kuno di Eropa. Pada Abad Pertengahan, ketika banyak perpustakaan dan pusat pembelajaran di Eropa Barat mengalami penurunan, Irlandia tetap menjadi tempat yang kaya akan ilmu pengetahuan.

Para cendekiawan Irlandia pada masa itu memainkan peran penting dalam melestarikan warisan budaya dan pengetahuan dari zaman klasik. Mereka menerjemahkan banyak teks-teks kuno dari bahasa Latin ke bahasa Irlandia, dan menyimpan salinan-salinan tersebut dalam perpustakaan mereka. 

3. Ribuan Kastil di Irlandia 

Irlandia terkenal dengan jumlah kastil yang mengagumkan yang tersebar di seluruh negeri. Faktanya, Irlandia memiliki lebih dari 30.000 kastil dan reruntuhan kastil yang menakjubkan.

Kastil-kastil ini menjadi saksi sejarah panjang dan kaya Irlandia, mencerminkan masa lalu yang penuh dengan konflik, kekuasaan, dan keindahan arsitektur. Beberapa kastil yang terkenal di Irlandia termasuk Kastil Blarney, Kastil Dublin, dan Kastil Bunratty. 

4. Irama dan Melodi Enerjik: Musik Khas Irlandia 

Musik Irlandia merupakan salah satu ciri khas yang mencolok dari budaya Irlandia. Dikenal di seluruh dunia, musik tradisional Irlandia memiliki daya tarik yang tak terbantahkan.

Musik Irlandia terkenal karena keceriaan, kegembiraan, dan semangat yang ditransmisikan melalui irama dan melodi yang enerjik. Alat musik yang sering digunakan dalam musik tradisional Irlandia antara lain bodhran (sejenis drum), tin whistle (seruling logam), dan harpa Irlandia.

5. The Green Island: Julukan Ikonik Irlandia 

Irlandia sering disebut sebagai The Green Island atau “Pulau Hijau”. Julukan ini memiliki kaitan erat dengan keindahan alam yang melimpah di negara ini.

Irlandia terkenal dengan padang rumput hijau yang luas yang meliputi sebagian besar wilayahnya. Lanskap hijau yang menyejukkan mata ini memberikan pemandangan yang memukau. 

BACA JUGA: Mengenal Monumen Holocaust, Saksi Kekejaman Nazi di Jerman

Fasih Berbahasa Inggris Bersama Lister 

Kendala dalam belajar bahasa Inggris bagi pemula dan orang dewasa mungkin terasa menantang, namun bukanlah batasan. Dengan berpartisipasi dalam program English for Adults Lister, semua rintangan dapat ditangani dengan efisien.

Kamu bebas memilih jumlah kelas, bahkan menentukan tutor dan kelas pengganti. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui informasi terbaru dan menarik lainnya. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon sebesar 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500.000). Ambil promonya dan hubungi via WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.