Mengenal Monumen Holocaust, Saksi Kekejaman Nazi di Jerman

monumen holocaust

Kursus Bahasa JermanMonumen Holocaust adalah sebuah memorial yang berada di Berlin. Tujuan pendirian tugu peringatan tersebut adalah untuk menghormati jutaan orang Yahudi yang dibantai oleh Nazi, sekaligus mengingatkan bangsa Jerman akan kekejaman yang dapat dilakukan sebuah rezim.

Apa itu Monumen Holocaust?

Memorial to the Murdered Jews of Europe (Denkmal fur die ermordeten Juden Europas), atau sering disebut Monumen Holocaust, adalah sebuah memorial yang secara khusus dibangun untuk menghormati warga Yahudi yang menjadi korban genosida oleh Nazi selama Perang Dunia II.

Tak hanya masyarakat Yahudi, korban juga terdiri dari pengidap disabilitas, lawan politik, penganut agama tertentu, hingga etnis lain.

Dikutip dari situs resmi Berlin, Holocaust Memorial terdiri dari 2711 balok beton yang tingginya berbeda-beda. Di antara masing-masing balok terdapat lorong yang dapat dilewati.

Kolom balok membentuk koridor, sengaja diciptakan untuk membuat pengunjung merasa kehilangan orientasi layaknya berada di labirin. Monumen peringatan ini ditujukan sebagai tempat di mana orang dapat berkontemplasi dan menghayati rasa kesepian, putus asa, dan kehilangan harapan.

Di bawah lahan monumen tersebut terdapat Pusat Informasi, yang menampilkan catatan kejahatan Nazi.

Baca juga: Mengenal Bahasa Jerman: Fakta Sejarah yang Kamu Harus Tahu

Sejarah Monumen Holocaust

Pada Juni 1999, Parlemen Jerman memutuskan akan membangun Memorial to the Murdered Jews of Europe di dekat Brandenburg Gate. Kawasan tersebut juga merupakan bekas Tembok Berlin. Tempat ini dipilih sebagai poros pusat yang menghubungkan dengan monumen Holocaust lainnya di Berlin.

Rencana Pembangunan

Pada akhir 1980-an, muncul rencana membangun tugu peringatan bagi masyarakat Yahudi di Eropa. Diskusi panjang terkait rencana tersebut berjalan, mulai dari pemilihan lokasi, pesan, hingga bentuk memorial yang diinginkan. Perencanaan berlangsung sampai hampir 10 tahun.

Pada musim semi 1995, Berlin Senate Administration mengumumkan sayembara desain memorial yang pertama. Sebanyak 528 karya diterima.

Pada 1997, sayembara kedua diumumkan. Kali ini desain oleh arsitek asal New York, Peter Eisenman, terpilih. Desain tersebut sempat diubah beberapa kali sebelum diresmikan.

Pada Juni 1999, Parlemen Jerman (Bundestag) memutuskan akan memulai pembangunan dan pusat informasi memorial.

Arsitektur

Sebanyak 2711 balok beton dibangun di atas lahan seluas 19.000 meter persegi. Kawasan memorial ini dapat dimasuki dari seluruh sisi.

Deretan balok beton yang tingginya tidak beraturan tersebut tampak seperti gelombang jika dilihat dari berbagai sisi. Dengan bentuk yang abstrak, desain arsitektur memorial ini bertujuan mendorong kontemplasi diri.

Pusat Informasi

Pusat Informasi yang berada di bawah lahan memorial menyajikan catatan sejarah pembinasaan masyarakat Yahudi di Eropa. Di bagian serambi, akan disajikan informasi tentang konteks sejarah monumen tersebut.

Di bagian dalam terdapat empat ruangan dengan tema masing-masing, di dalamnya terdapat penjelasan dari sudut pandang sejarah dan pribadi.

Dilansir dari Visit Berlin, keempat ruangan tersebut terdiri dari:

  • Room of Dimensions
  • Room of Families
  • Room of Names
  • Room of Sites

Di Room of Sites, dijelaskan kisah para korban genosida, disertai foto, catatan harian, hingga surat perpisahan jika ada. Ada pula catatan biografi singkat, foto, hingga rekaman video.

Profil

AlamatCora-Berliner-Straße 110117 Berlin
Nomor telepon+49 (0)30 26 39 43 0
Jam bukaTugu memorial: selalu buka
Pusat informasi:
– April – September: Selasa – Minggu, 10 AM – 8 PM
– Oktober – Maret: Selasa – Minggu, 10 AM – 7 PM
Tutup: 24-26 Desember, 31 Desember
AksesTersedia akses bagi pengguna kursi roda atau disabilitas
Biaya masukGratis
TurTur gratis pada hari tertentu, tersedia dalam bahasa Inggris dan Jerman

Kursus Bahasa Jerman, Raih Impian Studi dan Kariermu!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, ikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!