Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tes Resmi Bahasa Jerman di Mana? Cek Goethe-Institut!

goethe institut

Kursus Bahasa Jerman –  Sampai saat ini, pemerintah Jerman mensyaratkan kemampuan bahasa jika kamu ingin kuliah atau bekerja di negara tersebut. Untuk mendapatkan sertifikat resmi kemampuan bahasa Jerman, kamu bisa mengikuti tes di Goethe-Institut.

Apa itu Goethe-Institut?

Goethe-Institut, atau dalam bahasa Inggris Goethe Institute, adalah lembaga kebudayaan nonprofit Jerman. Lembaga ini memiliki cabang di seluruh dunia dengan 159 institusi.

Mereka membantu masyarakat dari berbagai negara untuk mengikuti pertukaran budaya di Jerman, salah satunya melalui tes bahasa Jerman.

Nama lembaga tersebut berasal dari penyair dan negarawan Jerman, Johann Wolfgang von Goethe. Lembaga ini berpusat di Munich, Bavaria, Jerman.

Goethe-Institut bekerja sama dengan berbagai instansi di seluruh dunia, baik swasta maupun negeri. Anggaran mereka berasal dari hibah tahunan dari Kementerian Luar Negeri Jerman dan Kantor Pers Jerman. Selain itu, mereka juga mendapatkan pendapatan dari sponsor, donatur, rekan, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Level Bahasa Jerman, Mana yang Perlu untuk Kuliah/Kerja?

Sejarah Goethe-Institut

Goethe-Institut berdiri pada 1951. Lembaga ini didirikan untuk menggantikan Deutsche Akademie.

Institusi tersebut lalu mulai membuka cabang di luar negeri. Cabang pertamanya adalah di Athena, Yunani, setahun setelah berdiri.

Goethe-Institut kemudian membuka pusat belajar di Bad Reichenhall, Murnau, dan Kochel dengan materi dari Schulz-Griesbach.

Lembaga pendidikan ini mulai memfokuskan kegiatan pada pelatihan guru dan acara kebudayaan. Pada 1959, Goethe-Institut secara bertahap mengambil alih seluruh lembaga kebudayaan Jerman di luar negeri.

Pada 1976, Goethe-Institut ditetapkan sebagai lembaga kebudayaan independen berdasarkan perjanjian dengan Kementerian Luar Negeri Jerman.

Pada 1989 sampai 1997, runtuhnya Tembok Berlin membuat Goethe-Institut dapat membuka cabang ke Eropa Timur.

Selanjutnya, Goethe-Institut merger dengan Inter Nationes pada 2001. Kedua lembaga tersebut bermisi mempromosikan kebudayaan Jerman di mancanegara. Berbagai program Goethe-Institut pun ditujukan untuk mendukung taraf hidup berbagai negara di seluruh belahan dunia.

Beasiswa Goethe-Institut

Goethe-Institut menyediakan beasiswa untuk siswa dari luar negeri yang ingin menjadi guru di Jerman. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang membutuhkan dukungan dari segi sosial dan finansial.

Baca juga: 6 Negara ini Menggunakan Bahasa Jerman, ini Fakta Uniknya!

Ujian Kemampuan Bahasa Jerman

Goethe-Institut adalah penyelenggara resmi ujian kemampuan bahasa Jerman bagi penutur asing, yakni disebut dengan Deutsch als Fremdsprache (DaF).

Ujian ini dapat diambil di Jerman maupun luar negeri. DaF telah disesuaikan dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), yakni standar tes kemampuan bahasa-bahasa di Eropa.

Selain DaF, ada pula ujian Großes Deutsches Sprachdiplom yang levelnya setingkat di atas CEFR.

Berikut ini tabel sertifikasi kemampuan bahasa Jerman, seperti yang dikutip dari Wikipedia.

CEFR levelGoethe-Institut examInstructional hours (45 minutes) needed
C2Goethe-Zertifikat C2: Großes Deutsches Sprachdiplom1,000
C1Goethe-Zertifikat C1 (Prüfung Wirtschaftsdeutsch)800–1,000 (both)
B2Goethe-Zertifikat B2 (Zertifikat Deutsch für den Beruf)600–800
B1Goethe-Zertifikat B1 (Zertifikat Deutsch)350–650
A2Goethe-Zertifikat A2/ Fit In Deutsch 2200–350
A1Goethe-Zertifikat A1: Start Deutsch 1/Fit In Deutsch 180–20

Penyelenggaraan tes ini juga didukung German Academic Exchange Service (DAAD) yang ditujukan untuk mereka yang ingin kuliah atau menjadi peneliti di Jerman.

Persiapan DaF? Ikut Kursus Bahasa Jerman Lister Aja!

Mengerjakan DaF membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus Bahasa Jerman di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!