Expat adalah Sebutan Warga Asing, Samakah dengan Migran?

expat adalah

Program Lister – Saat berada di lingkungan yang banyak warga asingnya, baik itu di perumahan, sekolah, atau tempat kerja, kamu akan sering mendengar istilah expat. Banyak yang menyebut expat adalah warga asing. Namun apa pengertiannya secara tepat?

Expat adalah

Expat adalah singkatan dari expatriate atau dalam bahasa Indonesia ekspatriat. Menurut Investopedia, expatriate adalah individu yang tinggal dan/atau bekerja di negara lain di luar kewarganegaraannya. Mereka biasanya tinggal sementara atau dengan alasan tugas dinas.

Selain itu, expatriate dapat diartikan sebagai individu yang melepaskan kewarganegaraannya untuk menjadi warga negara lain.

Expatriate berasal dari bahasa lain. Ex artinya luar, sedangkan patria artinya negara atau tanah air.

Baca juga: Abroad Artinya: Penggunaan, Contoh, dan Sinonim

Expat Vs Migran

Lantas apa bedanya expat dengan tenaga kerja asing, migran, atau imigran? Banyak yang menghubungkan sebutan expat dengan negara asal orang tersebut, jenis pekerjaan, hingga gajinya. Mereka yang berasal dari negara dunia pertama, berpendidikan tinggi, memiliki pekerjaan sebagai eksekutif, dan bergaji tinggi sering disebut sebagai expat.

Sementara itu pekerja asing dan migran jarang disebut sebagai expat jika mereka berasal dari negara dunia ketiga.

Namun BBC menyebutkan pembedaan ini tidak berlaku. Seseorang yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga, pekerja konstruksi, hingga eksekutif bisnis dapat disebut pula sebagai tenaga kerja asing atau pekerja migran.

Migran didefinisikan sebagai orang yang tinggal di sebuah negara dalam jangka waktu lama, umumnya dengan tujuan mencari kerja atau hidup dengan lebih layak. Sebutan migran tidak dipengaruhi dari negara asalnya.

Namun tak jarang mereka yang menjadi migran harus berpindah tempat atau negara karena desakan ekonomi atau alasan kritis lainnya. Seperti perang atau darurat kesehatan.

Sementara itu sebutan expat lebih sering dilekatkan kepada mereka yang memang ingin tinggal di luar negeri sebagai gaya hidup. Pilihan untuk tinggal di luar negeri juga bukan karena desakan situasi.

Imigran

Imigran adalah istilah lain yang berbeda pengertian. Imigran adalah orang yang datang ke suatu negara dengan tujuan tinggal secara permanen di negara tersebut.

Perbedaannya adalah expat atau migran hanya tinggal sementara atau belum memutuskan untuk tinggal permanen.

Sudah Tahu Mau Belajar Bahasa Apa? Temukan di Program Lister

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!