Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Fakta Unik Esperanto, Bahasa Buatan yang Mudah Dipelajari

esperanto

Program Lister – Apakah kamu pernah mendengar bahasa Esperanto? Jenis bahasa yang satu ini memang tidak terlalu lazim di telinga. Padahal bahasa ini dituturkan lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia.

Apa itu bahasa Esperanto?

Esperanto adalah bahasa buatan pertama di dunia, atau disebut dengan bahasa artifisial. Tujuan pembuatan bahasa tersebut untuk memudahkan orang yang berasal dari berbagai wilayah berbeda agar dapat berkomunikasi.

Asal-usul bahasa Esperanto

Bahasa Esperanto diciptakan oleh Dr LL Zamenhof pada 1873. Ia adalah seorang dokter mata asal Polandia.

Mengapa Zamenhof menciptakan bahasa tersebut? Dilansir dari The Guardian, Zamenhof tumbuh besar di Bialystok, Polandia pada 1860-an.

Bialystok dikuasai Rusia pada waktu itu. Perpecahan etnis terjadi di antara masyarakat Polandia, Rusia, Jerman, dan Yahudi. Kerusuhan berdasar kebencian dan rasisme adalah makanan sehari-hari.

Zamenhof adalah putra dari seorang guru bahasa dan linguis. Di usia remaja, ia meyakini diperlukan suatu bahasa yang dapat menjembatani kesalahpahaman di antara berbagai golongan masyarakat.

Zamenhof sendiri menguasai bahasa Polandia, Jerman, Rusia, Yiddi, dan Ibrani. Ia juga cukup memahami bahasa Inggris dan Prancis. Zamenhof menyadari bahasa-bahasa tersebut tidak akan dapat mengakomodasi komunikasi masyarakat dengan latar belakang beragam.

Pasalnya setiap bahasa diasosiasikan dengan kelompok masyarakat tertentu. Menetapkan satu bahasa sebagai sarana komunikasi utama akan menimbulkan keberatan bagi kelompok lain.

Tak hanya itu, mempelajari bahasa baru dengan berbagai aturan tata bahasa akan sangat menyulitkan masyarakat.

Zamenhof sehari-hari bekerja sebagai dokter mata, kemudian di malam hari ia mencoba mempelajari berbagai jenis bahasa dan mengembangkannya.

Ciri-Ciri

Zamenhof bertekad membuat bahasa yang mudah dipelajari tetapi tetap indah. Berikut ciri-ciri bahasa yang ia ciptakan:

  • Hanya memiliki 16 aturan dasar dan tanpa pengecualian
  • Tidak memiliki irregular verbs
  • Hanya memiliki 6 imbuhan akhir kata kerja
  • Menggunakan sistem kata dasar dan imbuhan untuk membedakan artinya, yakni mal– untuk membuat negasi
  • Kata benda diakhiri -o
  • Kata sifat diakhiri –a
  • Urutan kata dalam kalimat tidak penting, karena setiap kata sudah memiliki tanda akhiran masing-masing
  • Bersifat fonetik dan ortografik, artinya setiap huruf hanya dilafalkan dengan satu bunyi dan setiap bunyi dilambangkan dengan satu huruf

Sebanyak tiga per empat kata dasar diserap dari bahasa-bahasa Roman, kemudian sisanya dari bahasa Germanik, Slavia, dan Yunani. Bahasa ini dapat dengan mudah dipelajari karena banyak kosakata yang familiar dengan bahasa ibu masing-masing. Meskipun memiliki ribuan kata dasar, hanya dengan menguasai 500 kata seseorang sudah dapat berbicara dengan fasih.

Bagi penutur bahasa Inggris, bahasa Esperanto lebih mudah dipelajari daripada bahasa Spanyol, Prancis, Rusia, Arab, atau China.

Baca juga: Polyglot adalah si Jago Bahasa, ini Mitos Vs Faktanya

bendera esperanto
Bendera Esperanto

Diluncurkan ke masyarakat umum

Pada 1887, saat Zamenhof berusia 28 tahun, bahasa buatannya dirilis ke publik. Penjelasan tentang bahasa tersebut dimuat dalam brosur setebal 40 halaman. 

Ia menggunakan nama pena Doktoro Esperanto. Dalam bahasa tersebut, doktoro berarti dokter dan esperanto berarti ia yang berharap.

Seiring bahasa tersebut dikenal masyarakat, banyak yang menyebutnya dengan bahasa Esperanto.

Pengguna bahasa Esperanto

Dalam The Spanish Group dijelaskan bahasa Esperanto digunakan berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia, terutama di Eropa, Asia Timur, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Selain itu, bahasa ini digunakan di:

  • Brazil
  • Prancis
  • Amerika Serikat
  • Jerman
  • Rusia
  • Andorra

Walaupun penuturnya sudah banyak, bahasa Esperanto belum diakui sebagai bahasa resmi kedua di negara-negara penggunanya atau bahasa internasional. Para penuturnya tersebar di seluruh dunia, bahkan memiliki komunitas tersendiri.

Mau Belajar Bahasa Apa? Daftar Program Lister Aja!

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!