Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Arti Mindset dan Contoh Pola Pikir yang Mengubah Hidup

arti mindset

Program Lister – Dalam berbagai artikel atau buku self-help, kamu sering menemukan tips mengubah mindset. Namun tahukah kamu apa arti mindset itu sendiri?

Mindset adalah sesuatu yang bisa dikembangkan dan diubah. Pastikan kamu selalu memiliki mindset positif dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Arti Mindset

Dalam Verywell Mind dijelaskan arti mindset adalah serangkaian keyakinan yang membentuk cara kamu memahami dunia dan diri sendiri. Mindset memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan berperilaku dalam setiap situasi.

Dalam bahasa Indonesia, mindset dapat diartikan sebagai pola pikir.

Baca juga: Time Management adalah Cara Kerja Cerdas, ini 7 Tipsnya

Jenis-Jenis Mindset

Psikolog Stanford, Carol Dweck, meyakini tipe mindset yang dimiliki dapat menentukan kesuksesan seseorang. Ia mengungkapkan ada dua jenis mindset dasar yang membedakan cara berpikir seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Apa perbedaannya?

  • Fixed mindset adalah cara berpikir yang meyakini segala kemampuan yang dimiliki sifatnya sudah pasti, sehingga tidak dapat diubah. Orang dengan fixed mindset yakin bahwa bakat dan kecerdasan mendukung kesuksesan, sehingga tidak dibutuhkan usaha.
  • Growth mindset adalah cara berpikir yang meyakini bakat dan kemampuan dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu melalui usaha dan konsistensi. Orang dengan growth mindset yakin semua orang dapat menjadi pintar atau berbakat jika berusaha.

Berikut contoh perbedaannya.

Fixed MindsetGrowth Mindset
Ingin tampak berbakat di mata orang lain.Ingin terus belajar mengembangkan kemampuan.
Yakin tidak perlu bekerja keras, karena bakat adalah bawaan lahir.
Jika harus bekerja keras, artinya memang tidak berbakat.
Yakin kerja keras dan usaha terbaik memang penting untuk meningkatkan keterampilan.
Yakin tidak perlu mencoba sesuatu yang mustahil atau memiliki potensi kegagalan yang besar.Tidak takut gagal, karena akan membantu mengatasi kelemahan.

Walaupun ada perbedaan besar di antara keduanya, tidak ada orang yang 100 persen memiliki fixed atau growth mindset. Seseorang dapat memiliki sikap fixed mindset atau growth mindset saat menghadapi situasi yang berbeda.

Namun perlu dipahami, kamu dapat terus mengingatkan dan melatih diri agar memiliki growth mindset dalam situasi apapun.

Selain dua mindset dasar yang dijelaskan di atas, terdapat beberapa jenis pola pikir lain yang merupakan penjelasan lebih rinci dari fixed dan growth mindset.

Positive mindset><Negative mindset
Entrepreneurial mindset><Worker bee mindset
Abundance mindset><Scarcity mindset
Challenge mindset><Threat mindset
Mindful mindset><Mindless mindset

Baca juga: Self Management adalah Skill Penting untuk Kontrol Stres!

Pentingnya Mengelola Mindset

Mengapa perlu mengetahui tentang mindset? Hanya dari cara berpikir, perilaku seseorang dapat berubah.

Seseorang yang memiliki pola pikir positif dan terus ingin bertumbuh akan merasa haus ilmu. Ia akan mencari cara untuk dapat belajar, menemukan hal baru, dan meningkatkan keterampilan.

Pola pikir ini akan semakin berpengaruh di usia dewasa, yakni saat bekerja. Saat seseorang memasuki dunia kerja, akan semakin banyak tantangan yang dihadapi dan mengharuskan diri menemukan cara mengatasinya.

Menurut Dweck, seseorang yang memiliki fixed mindset akan terus-menerus mencari validasi untuk membuktikan kemampuan mereka, baik dalam dunia akademik, pekerjaan, maupun hubungan dengan orang lain. Mereka membutuhkan orang lain untuk mengkonfirmasi kemampuan dan karakter mereka. Setiap situasi harus dievaluasi sebagai kegagalan atau keberhasilan.

Dweck menjelaskan orang yang memiliki growth mindset akan menghargai proses belajar. Kesalahan tidak dianggap sebagai kegagalan, tetapi ‘belum memiliki keterampilan yang cukup’ untuk menguasai hal tersebut.

Kembangkan Growth Mindset dengan Mulai Belajar Bahasa Asing!

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!