Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Self Management adalah Skill Penting untuk Kontrol Stres!

self management adalah

Kursus Business English – Di balik kesuksesan yang kamu lihat pada diri seseorang, self management adalah salah satu penunjang yang membuatnya sampai pada titik tersebut. Skill yang satu ini perlu diasah, karena terbukti dapat membuat dirimu menjadi baik dalam studi, karier, hingga kehidupan sehari-hari.

Self Management adalah

Self management adalah salah satu skill yang tidak banyak dibicarakan orang. Padahal keterampilan yang satu ini akan membantu kamu mengembangkan skills lain dalam hidup.

Self management atau manajemen diri adalah kemampuan mengontrol pikiran, perasaan, dan tindakan. Menurut Indeed, jika kamu memiliki self management yang bagus, kamu akan mampu menentukan tujuan dan mengambil langkah inisiatif meraihnya.

Self management juga membantu kamu menentukan arah karier dan mendapatkan kesempatan untuk meraih tujuan.

Self Management VS Kecerdasan Emosional

Better Up menyebutkan manajemen diri berhubungan dengan kecerdasan emosional (emotional intelligence). Keterampilan ini disebut juga dengan self-regulation.

Self-regulation dapat muncul jika kamu menyadari pikiran, keinginan, dan perasaan yang muncul. Kemudian kamu berusaha mengontrol dan mengekspresikan hal-hal tersebut sewajarnya.

Kesadaran dan kontrol diri adalah keterampilan yang menunjang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pentingnya Kecerdasan Emosional, Buat Kamu Lebih Sukses

Contoh Self Management

Sudah punya gambaran tentang manajemen diri yang baik? Begini contohnya.

1. Organizing

Yang dimaksud dengan organizing mengatur segala sesuatunya agar dapat berfungsi dengan baik. Mulai dari waktu, kondisi fisik, energi, hingga kerapian.

Jika kamu terorganisasi dengan baik, kamu dapat merencanakan, memprioritaskan, dan melaksanakan hal-hal dan tanggung jawab penting.

2. Menetapkan tujuan

Keterampilan menetapkan tujuan menunjukkan hal yang ingin kamu raih dengan cara yang jelas. Sebagai contoh, jika kamu punya tujuan di tempat kerja, kamu dapat memutuskan mana yang penting untuk dilakukan demi meraih tujuan tersebut.

Keterampilan ini akan membantu menjaga produktivitas, karena kamu dapat melakukan manajemen dengan baik.

3. Manajemen waktu

Manajemen waktu membantu kamu memprioritaskan kegiatan yang penting, menghindari gangguan, dan menjaga fokus. Dengan manajemen waktu yang efektif, kamu dapat mencapai tujuan lebih mudah sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan.

4. Motivasi diri

Motivasi diri adalah keterampilan memulai inisiatif dan menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab. Dengan motivasi diri yang baik, kamu sudah mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan hambatan.

Motivasi diri juga membantu kamu tetap fokus pada tujuan awal, sehingga menjadi lebih produktif. Dengan adanya tujuan, kamu memastikan diri selangkah lebih maju mencapai tujuan.

5. Manajemen stres

Manajemen stres setiap orang berbeda-beda. Contohnya makan makanan sehat, berolah raga, melakukan meditasi, dan lain-lain.

Manajemen stres dapat membantu kamu tetap tenang jika terjadi hambatan. Kamu tetap fokus dan berupaya agar tetap maju. Selain itu, manajemen stres membantu kamu mengontrol emosi agar bisa tetap berlaku profesional.

6. Bertanggung jawab

Dengan bertanggung jawab terhadap pikiran dan tindakan, kamu dapat mengevaluasi diri dan menentukan cara terbaik untuk bertindak.

Baca juga: Work-Life Balance Tak Lagi Mitos, ini 5 Cara Meraihnya

Tips Meningkatkan Self Management

Bagaimana caranya agar kamu bisa meningkatkan kemampuan manajemen diri yang bagus? Cobalah latihan berikut ini.

1. Fokus pada hal yang bisa dikendalikan

Dalam pekerjaan, studi, maupun kehidupan sehari-hari, selalu ada hal yang tidak dapat dikontrol atau di luar kuasa kita. Hal yang paling penting adalah fokus pada apa yang dapat kamu kendalikan.

Kamu cukup bertanggung jawab dalam hal-hal tersebut. Selebihnya tidak perlu kamu pikirkan terlalu dalam.

2. Buat prioritas

Menetapkan prioritas penting untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dalam mencapai tujuan. Dengan adanya prioritas, kamu juga bisa melakukan manajemen waktu dengan lebih baik.

3. Merawat diri sendiri

Sepadat-padatnya kegiatan sehari-hari, selalu sisakan waktu untuk diri sendiri. Kamu juga perlu menetapkan batasan antara pekerjaan atau studi dengan kehidupan pribadi. Hal ini disebut dengan work-life balance.

Dengan begitu, kamu dapat melakukan manajemen stres dan emosi secara lebih baik. Merawat diri sendiri dapat dimulai dari hal yang mudah, seperti makan makanan bergizi, berolah raga, tidur cukup, hingga melakukan hobi.

4. Hindari multitasking

Tahukah kamu, multitasking justru membuat kamu semakin tidak produktif? Sebabnya otak manusia memang tidak didesain untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Daripada multitasking, cobalah fokus pada satu pekerjaan sampai selesai, baru beralih ke pekerjaan lain. Multitasking justru membuat kamu menghabiskan banyak energi produktif.

5. Mengenali kelebihan dan kelemahan diri

Mengenali kelebihan dan kelemahan diri membuat kamu dapat mengatur prioritas lebih baik. Kamu dapat mengkomunikasikan hal-hal ini ke rekan kerja atau temanmu, agar mereka memahami batasan yang kamu tetapkan.

Kursus Business English, Mulai Suksesmu di Sini

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang menjadi kebutuhan sehari-hari saat ini. Agar siap menghadapi persaingan global, ikuti Kursus Business English di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!