Fresh Graduate, ini Saatnya Bersinar Lewat Management Trainee

Management Trainee

Kursus Business English – Apa impian profesi kamu setelah lulus dari perkuliahan? Masih bingung karena jurusan yang kamu pilih prospek kerjanya sempit? Jangan patah arang dulu, selagi masih kuliah, kamu bisa mengembangkan diri di aspek kepemimpinan untuk mengisi posisi management trainee di perusahaan. Pernah dengar?

Apa itu management trainee?

Management Trainee atau MT adalah sebuah program pelatihan manajemen dengan tujuan mendapatkan kandidat yang memiliki kualitas serta potensi untuk menempati posisi manajerial.

Biasanya, posisi MT diperuntukkan bagi para fresh graduate. Perusahaan mengadakan program MT ini karena posisi manajer tidak bisa dipegang oleh sembarang orang. Sehingga, jika kamu merasa mampu menjadi kandidat MT selanjutnya, siapkan diri dengan baik dan mulailah melamar. Jadi, apakah kamu siap bersaing mendapatkan posisi ini? 

Tujuan dan Tugas Management Trainee

Jika kamu seorang fresh graduate, selamat! Kamu sangat dicari oleh perusahaan yang membutuhkan kandidat untuk mengisi posisi MT.

Mengapa fresh graduate? Sebab, mereka betul-betul belum memiliki pengalaman di dunia kerja, terlebih posisi manajerial. Dengan begitu, seorang fresh graduate bisa dengan maksimal ‘dibentuk’ menjadi calon-calon pemimpin menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh masing-masing perusahaan.

Seorang fresh graduate juga dapat mengemban value perusahaan dengan baik karena belum terkontaminasi oleh aspek kepentingan ataupun faktor lain yang membuatnya tidak mau bertumbuh di perusahaan tersebut.

Namun, selama program MT berlangsung, kamu akan dirotasi di beragam pilihan divisi. Sehingga, kamu akan belajar mengenai proses bisnis yang berlangsung. Dari situlah, pengetahuan dan pengalaman akan terus bertambah dan semakin luas sehingga skill pun terasah sesuai divisi yang dipelajari. 

Beberapa soft skill ini penting dimiliki jika ingin merebut posisi MT di sebuah perusahaan. Apa saja?

  • Kemampuan memimpin
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan bahasa asing
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas
  • Kemampuan mengendalikan emosi
  • Kematangan bersikap

Nah, lalu tugas utama seorang peserta MT adalah mempelajari, memahami, serta mengikuti cara kerja perusahaan yang mengadakan program MT dengan baik. Setiap perusahaan memiliki tatanan dan aturan yang berbeda untuk bisa berkembang. Sehingga, kamu mesti siap untuk tunduk pada aturannya, ya!

Baca juga: Interpersonal Skill adalah Cara Raih Karier Idaman, Seperti Apa?

Keuntungan Mengikuti Management Trainee

Jenjang karier yang jelas tentu menjadi idaman bagi orang yang mengejar posisi MT ini. Sebab, jika kamu berhasil menyelesaikan program ini dengan baik, kamu sangat berpeluang dipromosikan mengisi posisi strategis di perusahaan.

Untuk gaji management trainee, dilansir dari berbagai sumber, rata-rata gaji untuk posisi ini adalah Rp9.369.444 dengan gaji minimum Rp6.300.000 dan gaji maksimum Rp11.625.000. Menarik, bukan?

Cara Mendaftar Management Trainee

Untuk melamar posisi ini, kamu bisa mencari dulu banyaknya lowongan kerja yang ada di situs pencari kerja di internet. Ada banyak perusahaan besar, multinational, dan lainnya yang sering membuka posisi management trainee untuk para fresh graduates ataupun profesional dengan maksimal masa kerja 1-2 tahun.

Lalu, siapkan CV atau resume terbaik kamu dan masukkan lamaran ke situs karier tersebut. Ikuti tahapan seleksinya dengan baik sehingga kamu bisa lolos di lamaran kerja ini.

Baca juga: 8 Pekerjaan di Bidang Public Speaking, Menarik Dicoba!

Kursus Business English, Saatnya Taklukkan Tantangan Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!