Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Interpersonal Skill adalah Cara Raih Karier Idaman, Seperti Apa?

Interpersonal-skill-adalah

Kursus Business English – Komunikasi interpersonal melibatkan pertukaran pikiran, ide, perasaan, dan emosi secara tatap muka antara dua orang atau lebih. Hal ini termasuk elemen verbal dan nonverbal dari interaksi pribadi. Perusahaan mencari kandidat dengan keterampilan interpersonal karena dapat berkontribusi pada efisiensi kerja tim dan komunikasi bisnis.

Walaupun tidak dicantumkan secara langsung dalam berbagai lowongan kerja, interpersonal skill adalah salah satu syarat penting yang dicari perusahaan.

Interpersonal Skill adalah

Interpersonal skill adalah sifat yang bisa kamu andalkan saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Mereka mencakup berbagai skenario di mana komunikasi dan kerja sama sangat penting.

Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Sering disebut people skill, interpersonal skill cenderung menggabungkan sifat kepribadian bawaan dan bagaimana menangani situasi sosial tertentu. 

Keterampilan interpersonal yang efektif dapat membantu kamu selama proses wawancara kerja dan dapat berdampak positif pada kemajuan karier kamu lho.

Baca juga: Tips Ampuh Small Talk, Makin Percaya Diri dalam Bisnis!

Contoh Interpersonal Skill 

Melansir dari Indeed, begini contoh, ciri-ciri, dan cara membangun interpersonal skill yang bisa kamu jadikan referensi belajar.

  • Mendengarkan secara aktif (active listening)
  • Kerja tim
  • Tanggung jawab
  • Keteguhan
  • Kepemimpinan
  • Motivasi
  • Fleksibilitas
  • Kesabaran
  • Empati

Dalam lingkungan kerja, keterampilan interpersonal yang kuat adalah aset yang dapat membantu kamu menavigasi kompleksitas, perubahan, dan tugas sehari-hari.

Cara Membangun Interpersonal Skill 

  • Ikuti online/offline workshop
  • Carilah peluang untuk membangun hubungan dengan orang lain
  • Bersikaplah bijaksana dalam meningkatkan kedekatan dengan relasi lain
  • Mintalah kritik yang membangun dari teman atau kolega terpercaya
  • Amati interaksi interpersonal positif lainnya

Pekerjaan yang Membutuhkan Interpersonal Skill 

  • Teachers (guru)
  • Marketing Manager
  • Customer Service
  • Nurses (perawat)
  • Administrative assistants 
  • Sales 
  • Frontliner

Kursus Business English, Raih Peluang Karier Global

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister merasakan manfaat setelah mengikuti Kursus Business English di Lister. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!