6 Hal Tentang Apa Itu Housekeeping, yang Harus Kamu Tahu!

apa itu housekeeping

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Bagi kamu yang pernah menginap di hotel, atau pernah menonton film tentang dunia perhotelan, pasti pernah mendengar tentang seseorang petugas yang mengatakan dirinya, housekeeping.

Sebenarnya apa itu housekeeping, dan apa hubungannya dengan hotel. Untuk lebih jelasnya, akan Lister jelaskan pada ulasan kali ini. Kamu sebaiknya membaca ulasan tersebut hingga selesai. Agar mengerti apa itu housekeeping, dan aneka tugasnya.   

Pengertian Housekeeping

Pertama apa itu housekeeping, ada beberapa pengertian tentang housekeeping itu sendiri. Dari sisi bahasa Indonesia housekeeping menurut  Darsono (1995), tidak lain bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kerapihan, kebersihan dan juga kenyamanan pada penghuninya, baik ruangan umum, bar, restoran dan yang lainnya.  

Sedangkan apa itu housekeeping dalam bahasa Inggris sendiri merupakan penggabungan dari 2 buah kata, yaitu “house” dan “keeping”. “House” artinya rumah, sedangkan “keeping” artinya menjaga. 

Jadi apabila dilihat dari kedua kata tersebut, maka secara umum arti dari kata housekeeping sendiri tidak lain tugas seseorang untuk memelihara hotel, penginapan atau apartemen, meliputi membersihkan, menjaga serta merawat keseluruhan kamar yang ada di tempat tersebut, dan juga bagian luarnya.  

Baca juga: Simak Sederet Kosakata Bahasa Inggris Anggota Tubuh Serta Artinya

Tugas dan tanggung jawab Housekeeping

Setelah mengetahui tentang apa itu housekeeping, saatnya tahu tentang tujuan housekeeping, tidak lain untuk memelihara, keseluruhan hotel, penginapan atau juga apartemen, sebaik mungkin. Maka pembahasan tentang apa itu housekeeping dan tugasnya akan semakin jelas.

Dalam hal ini, ada job desk rutin yang harus dilakukan, yaitu, setiap pagi dan sore hari, yaitu :

  • Pada bagi hari

Sebelum memulai tugasnya, maka :

  1. Housekeeping aka menghubungi Front Officer, untuk memperoleh data tentang kamar yang akan dipesan pada hari itu, dan juga jadwal check-out room, kemudian lampiran tersebut akan diteruskan ke masing-masing supervisor.
  2. Melakukan pemeriksaan barang, mendata dan mencatat, aneka barang yang rusak atau hilang, untuk kemudian diganti.  
  3. Membagi jadwal dengan cleaning supplies ke masing masing lantai.   
  • Pada sore hari

Pada sore hari, tugas yang akan dilakukan antara lain :

  1. Buat laporan akan jadwal housekeeping evening shift.
  2. Bertanggung jawab atas aneka pekerjaan dari sore hingga malam, ketika pihak Executive Housekeeping sedang tidak ditempat.
  3. Mengisi daftar hadir.
  4. Tanggung jawab Housekeeping

Selain tugas, ada juga tanggung jawab housekeeping, yaitu :

  • Membersihkan serta memelihara aneka kamar tamu yang ada di seluruh bagian hotel.
  • Menjaga kebersihan di area publik hotel secara menyeluruh.
  • Menjaga kebersihan bagian linen hotel.
  • Menjaga aneka perangkat kerja housekeeping dengan baik
  • Membuat laporan status kamar, pada bagian Front Officer
  • Menata kamar hotel agar terlihat bersih dan juga indah.

Baca juga: 13 Ucapan Valentine Bahasa Inggris dan Artinya

Pembagian departemen dalam Housekeeping

Dalam materi housekeeping dalam bahasa Inggris, departemen housekeeping sendiri akan dibagi menjadi beberapa seksi, yaitu :   

1. Public Area Section

Yang pertama apa itu housekeeping Public Area Section, tidak lain, petugas housekeeping yang bertanggung jawab untuk menjaga dan memastikan kebersihan di bagian area publik, seperti restoran, lobby hotel, kolam renang, gym, dan aneka fasilitas umum hotel lainnya. Sehingga para tamu yang datang akan merasa nyaman, dan dapat menikmati fasilitas hotel tersebut, karena kebersihannya terjaga dengan baik.   

2. Room Section

Beralih ke Departemen Room Section, tugasnya untuk menjaga aneka kebutuhan para tamu, selama menginap di hotel. Contohnya, membersihkan kamar, baik sebelum atau setelah para tamu menginap. Berikutnya mengecek aneka peralatan yang ada di dalam kamar mandi, apakah ada yang perlu diganti, dalam kondisi baik, atau sudah rusak. Termasuk di dalamnya mengecek aneka peralatan mandi, seperti handuk, dan yang lainnya.

3. Linen Section

Pada bagian Linen Section, bertugas untuk membawa semua kain yang sudah dicuci oleh bagian Laundry Section. Kemudian semua kain kain tersebut akan diantarkan kembali ke masing-masing kamar. 

Selain itu petugas tersebut akan mengecek, serta memastikan, bahwa semua kamar yang ada di hotel, sudah dilengkapi dengan handuk, sprei, sarung bantal, dan selimut. Semuanya harus dalam kondisi bersih dan juga wangi.

4. Laundry Section

Petugas yang bekerja di seksi ini, akan mencuci semua kain yang berasal dari setiap kamar hotel. Mulai dari mencuci handuk, sprei, sarung bantal, dan yang lainnya, semua harus dicuci hingga bersih dan wangi.

5. Florist Section dan Gardener Section

Lebih banyak tahu seputar apa itu housekeeping. Seperti namanya, maka tugas dari kedua departemen housekeeping hotel adalah merawat semua tanaman, termasuk bunga yang ada di hotel dan sekitarnya. Untuk Florist Section akan memelihara aneka bunga yang ada di bagian lobby dan lorong hotel. Sedangkan untuk gardener akan memelihara bunga dan tanaman di bagian outdoor.  

Baca juga: Struktur Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Struktur organisasi dari Housekeeping

Bukan hanya tahu tentang apa itu housekeeping, sama seperti perusahaan pada umumnya, departemen housekeeping juga mempunyai struktur organisasi. Berikut adalah bagian bagian housekeeping dan tugasnya, antara lain :  

  1. Executive Housekeeper / chief Housekeeping / Housekeeping Manager

Tugasnya mengkoordinasi semua petugas housekeeping agar bekerja secara lancar. Selain itu juga bertugas untuk memberikan pelatihan, serta bertanggung jawab atas departemen housekeeping itu sendiri.

  1. Assistant Housekeeping

Apa itu housekeeping dalam 25 istilah pada bidang housekeeping, bagian yang satu ini juga mempunyai tugas yang tidak kalah penting. Dalam hal ini, mengelola laporan untuk Executive Housekeeping, mulai dari akan aneka nama petugas yang akan bertugas pada hari itu, aneka proses pekerjaan, dan juga laporan jika ditemukan ada masalah.  

  1. Supervisor

Apa itu housekeeping Supervisor, tidak lain petugas yang akan memastikan para tamu memperoleh layanan terbaik, selama menginap, serta wajib menyampaikan kritik dan saran dari para tamu, agar menjadi bahan evaluasi.

  1. Housekeeper

Bertugas untuk membersihkan kamar yang sudah ditempati, dan memastikan semua kamar sudah dalam kondisi bersih dan wangi.  

  1. Kisaran gaji Housekeeping

Hal lain yang juga tidak kalah penting yaitu gaji housekeeping. Pada dasarnya, gaji seorang housekeeping ini sendiri cukup beragam.

Ada beberapa hal yang melandasi hal tersebut, seperti berdasarkan daerah hotel tersebut berada, berdasarkan departemen, tugas atau bahkan tanggung jawab dari housekeeping itu sendiri.

Yang pasti gaji seorang housekeeping yang berpengalaman, pastinya akan lebih besar, dibandingkan petugas yang baru bekerja. Adapun kisaran gaji housekeeping rata rata sendiri, berkisar antara sekitar 2,1 hingga 6 juta rupiah.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh drobotdean di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.