Struktur Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

surat resmi dalam bahasa inggris

Kursus Business English –  Apakah surat resmi dalam bahasa inggris sama dengan surat serupa dalam Bahasa Indonesia? 

Pasti kamu pernah bertanya tentang hal ini setidaknya sekali. Memang, menulis surat resmi apalagi bila penerimanya orang penting, harus dilakukan dengan cermat. 

Bila surat itu harus ditulis dalam Bahasa Inggris, maka akan lebih sulit dari biasanya.

Namun, tidak perlu khawatir. Lister sudah merangkum beberapa informasi dan panduan tentang surat resmi dalam Bahasa Inggris. Langsung saja kita lihat apa saja yang perlu kamu ketahui!

Struktur Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya, terdapat 8 bagian dari struktur surat resmi dalam bahasa Inggris. Bagian-bagian tersebut adalah addresser, date, dan addressee yang merupakan bagian kepala surat. 

Lalu ada salutation, body, dan closing, yang merupakan bagian badan surat. Dan, pada bagian penutup ada complimentary close dan signature.

Lalu, apa saja isi dari bagian-bagian tersebut? Dan, bagaimana contoh surat resmi dalam bahasa inggris? Mari kita mulai dulu dari bagian-bagian dari sebuah surat resmi.

Addresser (Nama dan alamat pengirim surat)

Ini adalah bagian paling awal sebuah surat resmi. Letaknya di bagian paling atas, baik di sisi kiri atau kanan, tergantung format yang kamu pakai. 

Seperti namanya, bagian ini berisi nama dari pengirim surat resmi dalam bahasa Inggris serta alamat. Nama pengirim dapat berupa nama orang maupun organisasi.

Date (tanggal surat dibuat atau dikirimkan)

Di Bagian ini, kamu menuliskan tanggal saat kamu menulis surat resmi ini. Pada surat non-resmi, kamu bisa menulis tanggal, bulan, dan tahun saja. 

Namun, untuk surat resmi kamu harus menuliskan kota dahulu. Setelah itu, baru tanggal, bulan, dan tahun surat tersebut dibuat.

Baca juga: 10 Ide Kartu Ucapan Bahasa Inggris untuk Guru saat Perpisahan Sekolah

Addressee (Nama dan alamat penerima surat)

Sebelum masuk ke badan surat atau isi, kamu harus menuliskan nama dan alamat penerima surat resmi tersebut. 

Pastikan menuliskannya secara cermat. Surat resmi dengan nama penerima yang salah hanya akan menimbulkan masalah.

Salutation (Sapaan)

Bagian ini adalah kata sapaan yang mengawali isi surat. Untuk surat resmi dalam bahasa inggris, kata sapaan diawali dengan kata “Dear” atau “Kepada” kalau dibahasa Indonesia-kan. Dan, diikuti dengan nama dari penerima surat tersebut. 

Kepada nama penerima pada bagian ini, pastikan menggunakan sebutan yang tepat. Kalau penerimanya adalah laki-laki, maka dituliskan “Mr.” dan untuk perempuan menggunakan “Mrs.” (untuk yang sudah menikah) atau “Ms.” (untuk yang belum menikah). 

Namun, bila kamu tidak tahu nama penerimanya, cukup dituliskan dengan sebutan “Dear, Sir” (untuk laki-laki), dan “Dear, Madam” (untuk perempuan).

Baca juga: 25 Contoh Kartu Ucapan Bahasa Inggris (Greeting Card)

Body (Isi surat)

Bagian ini adalah bagian dimana kamu menuliskan maksud kamu menulis surat resmi ini. Jangan bertele-tele saat menuliskan bagian ini. 

Langsung ke pokok permasalahan dan gunakan bahasa yang santun karena ini adalah surat resmi.

Closing Sentence (Kalimat penutup)

Bagian ini digunakan untuk menutup surat. Tuliskan harapan yang kamu ingin penerima surat dapatkan setelah membaca surat resmi tersebut. 

Lalu, pada akhir bagian penutup, jangan lupa sematkan ucapan terima kasih.

Baca juga: 13 Ucapan Valentine Bahasa Inggris dan Artinya

Complimentary close (salam penutup)

Tuliskan salam penutup sebelum membubuhkan tanda tangan. Ada banyak pilihan salam penutup untuk surat resmi Bahasa Inggris. Misalnya, “Sincerely”, “Best Regards” dan lainnya. Pilih yang tepat dengan nuansa surat.

Signature (tanda tangan)

Akhiri surat resmi dengan tanda tangan. Formatnya dapat berupa tanda tangan, nama lengkap, dan jabatan. Bila perlu, tambahkan stempel atau materai.

Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Sekarang, mari kita lihat bagaimana contoh sebuah surat resmi dalam bahasa inggris. Berikut ini satu contoh untuk surat resmi yang disampaikan tentang sebuah kegiatan di sekolah.

Student Council of SMU Negeri 3 Malang

Jl. Sultan Agung No. 7, Malang

March 9, 2023

To whom it may concern:

In connection with the end of the 2022/2023 academic year teaching and learning activities, we as the board of Student Council of SMU Negeri 3 Malang requests the attendance of all Student Council members and class representatives to participate in the meeting regarding the event for the 71st Anniversary of SMU Negeri 3 Malang which will be held on:

Day : Saturday, March 11 2023 

Time : After the school is over (13.00 WIB) until finished 

Place : Aula Hall

Event : Meeting to plan the event for school anniversary

With great respect, we expect the presence of all Student Council members and class representatives and can attend the venue on time.

Best regards, 

Student Council President of SMU Negeri 3 Malang. 

John Benowo

Dan, berikut ini terjemahan dari surat resmi diatas:

OSIS SMU Negeri 3 Malang

Jl. Sultan Agung No. 7, Malang

9 Maret 2023

Kepada yang bersangkutan:

Berhubungan dengan kegiatan akhir ajaran tahun 2022/2023, kami selaku pengurus OSIS SMU Negeri 3 Malang memohon kesediaan semua anggota OSIS dan perwakilan kelas untuk menghadiri pertemuan dan rapat berkaitan dengan kegiatan memperingati Ulang Tahun ke-71 SMU Negeri 3 Malang yang akan diadakan pada:

Hari : Sabtu, 11 Maret 2023

Waktu : Setelah kegiatan sekolah usai (13:00 WIB) hingga selesai

Tempat : Aula Sekolah

Acara : Rapat untuk acara ulang tahun sekolah

Dengan rasa hormat, kami mengharapkan kehadiran semua anggota OSIS dan perwakilan kelas di tempat dan waktu yang sudah disebutkan.

Salam Hormat,

Ketua OSIS SMU Negeri 3 Malang

John Benowo. 

Setelah mengetahui seputar surat resmi dalam bahasa Inggris, selanjutnya ketahui juga pentingnya dalam mengetahui hal tersebut. 

Terutama pada saat akan menggunakannya dalam tugas sekolah. Mengikuti struktur yang tepat membantu memastikan bahwa pesan yang disampaikan dalam surat resmi memiliki format yang benar dan mudah dipahami oleh penerima. 

Ada pun pastikan untuk selalu menuliskan bagian pembuka dengan cakupan alamat pengirim dan tanggal agar tidak keliru atau menimbulkan ketidakpahaman dari sang penerima. 

Setelah itu, gunakan juga salam penutup dan bubuhkan tanda tangan. Pahami dan terapkan struktur surat resmi dalam bahasa Inggris untuk menjaga efektivitas komunikasi tulis.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.