20 Panggilan Sayang Bahasa Jepang yang Biasa Digunakan Sehari-hari

panggilan sayang bahasa Jepang

Kursus Bahasa Jepang – Sekarang ini, mulai trend panggilan sayang menggunakan bahasa Asing. Contoh yang populer antara lain adalah panggilan sayang bahasa Jepang dan Korea.

Kamu pasti pernah dengar Oppa atau Waifu digunakan dalam percakapan bukan? Dua hal itu adalah contoh panggilan sayang bahasa Jepang dan Korea.

Bagi kamu yang ingin tahu berbagai panggilan sayang dari Jepang lainnya, pastikan baca pada artikel ini. 

Di sini tidak hanya dibahas panggilan sayang bahasa Jepang untuk pasangan tapi juga keluarga dan teman dekat. Berikut adalah bahasannya. 

Panggilan Sayang Menggunakan Tambahan Nama

Mirip seperti panggilan sayang bahasa Korea, kamu bisa tambahkan suffix tertentu pada nama. Di Korea, penggunaan -YANG (양) sebagai tambahan nama sering ditujukan untuk sebutan wanita yang dekat. Jika di Jepang, tambahannya adalah sebagai berikut:

Tambahan –CHAN (~ちゃん)

Tambahan nama ini diberikan pada seseorang yang dekat tanpa ada ikatan formal. Penggunaanya cukup mudah, karena kamu cukup menambahkannya pada nama seseorang.

Penggunaan –CHAN juga sering muncul untuk julukan tokoh terkenal yang ingin lebih dekat dengan audience. Artis Jepang, banyak juga yang dipanggil dengan tambahan –CHAN oleh para fans-nya.

Penambahan ini berlaku umum di masyarakat modern Jepang. Tidak hanya dekat dari sisi teman, nama pacar sampai nama paman bisa ditambahkan –CHAN untuk menunjukan kedekatan.

Tambahan –KUN (〜くん)

Walaupun tidak seumum penggunaan –CHAN, tambahan suffix –KUN tetap sering ditemukan. 

Penambahan ini lebih ditujukan pada laki – laki yang lebih muda. Misal panggilan pelatih basket ke pemain di tim, tambahan –KUN akan menunjukan kedekatan yang tidak terikat hubungan formal.

Berbeda dengan –CHAN, tambahan suffix ini hanya berfungsi untuk laki – laki. Jika –CHAN bisa digunakan baik untuk laki – laki dan perempuan dari perspektif modern.

Panggilan Sayang Antar Pacar

Sekarang waktunya bahas panggilan sayang bahasa Jepang untuk pacar. Biasanya penggunaan ini digunakan untuk menunjukan rasa sayang yang lebih ke arah romantis. Berikut adalah berbagai panggilan tersebut:

Panggilan Koibito (恋人)

Untuk menunjukan pacar secara umum tanpa menunjukan gender-nya, Koibito bisa digunakan. 

Pasangan yang ingin lebih netral biasanya menggunakan panggilan ini. Bisa dibilang panggilan sayang bahasa Jepang pacar saya baik perempuan atau laki – laki bisa disebut Koibito.

Panggilan Kanojo (彼女)

Kanojo merupakan panggilan sayang bahasa Jepang untuk pacar perempuan. Panggilan ini digunakan untuk deskripsi sudah memiliki pacar perempuan. 

Bentukan ini lebih ke arah panggilan sayang bahasa Jepang untuk pacar perempuan yang umum dipakai.

Panggilan Kareshi (彼氏)

Pasangan dari Kanojo adalah Karesi. Panggilan sayang bahasa Jepang untuk cowok ini diucapkan oleh pihak perempuannya untuk mendeskripsikan pasangan. 

Penggunaan panggilan sayang bahasa Jepang untuk pacar laki laki ini bersifat netral dan paling banyak digunakan.

Baca juga: 3 Syarat Umum untuk Berkuliah di Universitas Waseda Jepang

Panggilan Sayang Pasangan Nikah

Dari pasangan pacar ke pasangan yang sudah menikah bisa menggunakan sapaan yang berbeda. Berikut adalah contoh sapaan sayang di golongan ini, 

Panggilan Yomesan (嫁さん)

Lebih digunakan untuk sebutan istri yang baru menikah. Umumnya menunjukan romansa yang masih fresh saat menggunakan panggilan ini.

Panggilan Shujin (主人)

Panggilan sayang bahasa Jepang untuk suami yang paling umum adalah Shujin. Biasanya digunakan oleh istri yang baru saja menikah dengan suami-nya.

Panggilan Okusan (奥さん)

Okusan adalah bahasa Jepang istri. Umumnya digunakan sebagai panggilan sayang untuk pasangan yang sudah berjalan lebih dari 3 tahun.

Panggilan Dannasan (旦那さん)

Sama seperti Okusan, panggilan ini digunakan sebagai panggilan suami pada pasangan berumur. Biasanya digunakan pada pasangan sebelum memiliki anak, tapi sudah menikah beberapa tahun lamanya.

Panggilan Anata (あなた)

Anata artinya sayang yang netral digunakan baik istri maupun suami. 

Umumnya orang Jepang melihat pasangan yang menggunakan panggilan ini merupakan pasangan yang masih hangat romansa-nya walaupun sudah beberapa tahun lama menikah.

Baca juga: Estimasi Biaya Hidup di Jepang yang Menarik untuk Diketahui, Perantau Wajib Tau

Panggilan Sayang Bahasa Jepang Modern

Panggilan yang berikut ini adalah serapan dan slang panggilan sayang yang ada di Jepang, 

Honey (ハニー)

Sering juga dipakai dengan sebutan Huni untuk pasangan – pasangan muda.

Darling (ダーリン)

Merupakan serapan dari budaya Amerika yang sering menggunakan sebutan Darling. Bisa digunakan untuk sapaan kedekatan di luar pasangan pacar.

Baby (ベイビー)

Sama seperti Darling, tapi lebih ke arah gombal. Biasanya digunakan oleh host club dan escort untuk panggilan client.

Koneko-chan (子猫ちゃん)

Slang yang populer sebagai meme di Jepang. Biasanya digunakan untuk sapaan gombal dari pacar laki – laki ke perempuan.

Panggilan Sayang Dalam Keluarga

Panggilan sayang tidak harus berhubungan dengan hubungan romansa. Hubungan keluarga bisa juga ditunjukan dengan panggilan sayang dan kedekatan. 

Berikut adalah beberapa contoh panggilan sayang yang sering digunakan dalam keluarga, 

Panggilan Tousan (父さん)

Panggilan ini populer digunakan untuk memanggil Ayah. Bentukan Tousan merupakan bentuk non-formal dari Otousan (お父さ). 

Penggunaan ini lebih umum pada keluarga yang benar – benar akrab dan tidak terlalu mementingkan strata panggilan formal anggota keluarga.

Panggilan Kaasan (母さん) 

Panggilan ini adalah untuk ibu. Sama seperti Tousan, penggunaanya lebih casual dan menunjukan kedekatan tersendiri. Penggunaan Kaasan merupakan perubahan kata panggilan dari Okaasan (お母さん).

Panggilan Neesan (姉さん)

Berikutnya adalah panggilan untuk kakak perempuan yang dekat. Panggilan Neesan ternyata tidak harus pada kakak perempuan yang hubungan darah. 

Jika dibandingkan dengan panggilan di Indonesia, Neesan bisa disamakan dengan Mbak atau Kak. Namun, panggilan Neesan lebih terkesan sayang. akrab dan dekat.

Panggilan Niisan (兄さん)

Sama seperti penggunaan Neesan. Niisan ditujukan untuk kakak laki – laki dekat dalam keluarga. 

Namun, penggunaannya yang umum juga bisa digunakan untuk laki – laki yang lebih tua. Pembanding bahasa Indonesia-nya adalah Mas atau Kak.

Baca juga: 5 Fakta Unik Yen, Mata Uang Jepang yang Tak Bergambar Pahlawan

Panggilan Obachan (おばちゃん)

Penggunaan Obachan lebih ditujukan untuk tante. Namun, dalam kehidupan sehari – hari Jepang, Obachan bisa digunakan untuk orang dekat wanita yang berumur di atas 30-an. 

Panggilan ini muncul karena rasa sayang sebagai orang terdekat.

Panggilan Ojichan (叔父ちゃん)

Ojichan digunakan sama seperti Obachan tapi untuk laki – laki yang lebih tua. Awalnya hanya untuk paman di dalam keluarga, tapi berkembang ke semua laki – laki di atas 30-an yang dekat hubungannya.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Baca juga: Panggilan Sayang Untuk Pasangan dalam Bahasa Jepang

Gabung Kursus Bahasa Jepang, Raih Karier atau Studi di Jepang!

Syarat untuk studi, karier, hingga tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jepang Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.