Tips Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Belajar Bahasa Asing

kelebihan dan kekurangan diri

Kursus Bahasa Jepang – Mempelajari Bahasa asing saat ini bukan hanya sebagai mata pelajaran wajib di sekolah maupun di perguruan tinggi. 

Mempelajari Bahasa asing menjadi kebutuhan sekaligus jembatan bagi kamu yang ingin menjelajah dunia lebih luas. 

Namun, untuk bisa belajar secara optimal, kamu perlu juga mengetahui kelebihan dan kekurangan diri saat belajar.

Manfaat Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri bermanfaat bagi kamu untuk bisa lebih mengenal diri sendiri. 

Selain itu juga bisa untuk membantu dalam proses belajar. Bagaimana tidak? Kamu jadi bisa untuk mengatasi kekurangan kamu, alih – alih menyalahkan diri karena tidak memahami pembelajaran Bahasa asing.

Sebagai contoh, saat kamu bisa menuliskan misal 50 contoh kelebihan dan kekurangan diri sendiri pada saat belajar, dari daftar tersebut kamu bisa memetakan kamu lemah pada pembahasan apa dan mulai mencari cara untuk mengatasinya.

Ada beberapa contoh kelebihan dan kekurangan diri saat belajar Bahasa asing yang sering dialami diantaranya, 

Kekurangan

  • Mudah terdistraksi dengan benda dan situasi apapun
  • Sulit fokus
  • Lemah pada grammar
  • Sulit mengingat huruf Kanji

Kelebihan

  • Mampu menghafal dan memahami dengan cepat pelafalan aksen Bahasa asing
  • Dapat menghafal kata yang sulit dengan mudah
  • Mampu menuliskan huruf Kanji Jepang dengan rapi, baik dan benar.
  • Kita mungkin bisa menuliskan 100 kelebihan dan kekurangan diri manusia, namun kadang belum tentu bisa menuliskan kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
  • Lister punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri untuk membantu kamu lebih cepat belajar dan memahami Bahasa Asing.

Baca juga: Self Management adalah Skill Penting untuk Kontrol Stres!

Tips Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Belajar

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri saat belajar. 

Salah satu kelebihan mengetahui keunggulan dalam diri adalah kita dapat memanfaatkannya untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran.

Di sisi lain, mengetahui kekurangan kamu juga penting. Kekurangan mungkin berupa kesulitan dalam memahami konsep-konsep tertentu. 

Dalam prosesnya, kamu akan dapat mencapai perkembangan yang signifikan dalam pencapaian akademik dan meningkatkan kemampuan diri secara keseluruhan.

Baca juga: Self-Efficacy adalah Sikap Penting Hidup, Bagaimana Meraihnya?

Jurnaling

Bagi kamu yang masih sulit untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kamu saat belajar, mulailah dengan menuliskan kesulitan dan kemudahan pada saat belajar Bahasa Asing.

Dengan metode ini, kamu bisa mengetahui kelebihan diri sendiri, dan bahkan juga secara perlahan bisa mengetahui contoh kekurangan diri saat belajar.

Lister beri contoh, misalkan pada hari Senin, kamu mulai belajar Bahasa Inggris. Dan kamu menemukan bahwa ada hal yang mudah kamu mengerti, namun juga banyak yang belum.

Kamu menulis dalam buku harianmu apa yang kamu lalui pada pembelajaran hari ini, misal dengan pertanyaan sebutkan 3 contoh kelebihan dan kekurangan anda.

Lalu kamu bisa menjawabnya bahwa sangat sulit memahami grammar saat belajar Bahasa Inggris karena harus mengingat banyak tata bahasa, terlebih lagi saat membahas penggunaan Did dan Do. 

Tapi disi lain, kamu sangat piawai sekali dalam mengucapkan kata – kata dengan aksen Amerika.

Nah, dari situ kamu bisa menuliskan contoh kekurangan diri kamu saat belajar adalah mengingat dan memahami tata Bahasa pada pembelajaran grammar, serta kelebihan kamu adalah pelafalan kata yang hampir sama seperti native speaker atau penutur asli.

Baca juga: Self Reminder dan Tipsnya dalam Studi, Penuh Manfaat

Lakukan Tes Sendiri

Melakukan tes atau ujian sendiri disini maksudnya untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kamu memahami pembelajaran dan dimana kamu mengalami kesulitan serta kemudahan saat belajar. 

Dengan mengerjakan beberapa soal, kamu jadi lebih tau bahwa kamu lemah pada pembahasan atau topik apa. Selain itu, cobalah untuk lakukan tes psikologi untuk mengetahui sejauh mana tingkat fokus kamu saat belajar. 

Ini juga mampu membantu kamu untuk tau sejauh mana lingkungan luar bisa mengganggu fokus belajar kamu.

Tanyakan Pada Tutormu

Menanyakan pada tutor juga menjadi salah satu cara yang jitu bagi kamu. Karena tutor biasanya lebih mengetahui kelemahan dan kelebihan anak didiknya saat belajar.

Jangan malu untuk tanya pada tutormu sejauh mana pemahaman kamu saat belajar Bahasa Asing. Di pembahasan mana saja kamu memiliki nilai yang unggul dan tidaknya.

Menanyakan hal itu pada tutor sangat membantu kamu juga untuk mengatasi kekurangan kamu saat belajar lho. Tutor yang profesional juga bisa memberikan solusi untuk permasalahan kamu.

Jika kamu sudah mampu menuliskan misal 10 contoh kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Atau bisa juga kamu menuliskan kekurangan diri yang positif. Perlahan – lahan kamu bahkan bisa meningkatkan dan mampu menuliskan 20 kelebihan dan kekurangan sendiri.

Dengan daftar itu, mulailah untuk membenahi dan mengatasinya dengan mencari jalan keluar. Misalkan contoh diatas tadi bahwa kamu sangat sulit untuk mengingat dan memahami tata Bahasa.

Jika kamu sangat sulit sekali untuk mengingat dan paham, berusahalah untuk mencari pembahasan dari media lain yang lebih menyenangkan dan memudahkan kamu untuk mengingat dan memahaminya.

Kamu bisa mulai belajar dari media video di YouTube, atau menggunakan buku yang memberikan contoh dengan demonstrasi gambar aktivitas sehari – hari. 

Tips Sukses Belajar Bahasa Asing

Buat kamu yang sedang belajar Bahasa Asing, Lister punya tips untuk mempermudah kamu memahami Bahasa Asing yang bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan dan juga efektif.

  • Sering – seringlah untuk mendengarkan YouTube, Podcast atau film dengan menggunakan Bahasa Asing yang kamu pelajari.
  • Catat kata – kata baru yang kamu temui dan tempel di buku atau tempat yang mudah terlihat.
  • Pelajari kalimat sehari – hari dan banyak baca buku berbahasa asing.
  • Aktif berlatih dan jangan takut salah, cobalah berbahasa asing dan gunakan pada percakapan sehari – hari, walaupun sendiri.
  • Cari teman untuk jadi rekan berlatih kamu dalam belajar berbahasa asing. 
  • Ubah setting handphone dan perangkat elektronik kamu ke Bahasa Asing yang sedang kamu pelajari.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Gabung Kursus Bahasa Jepang, Raih Karier atau Studi di Jepang!

Syarat untuk studi, karier, hingga tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jepang Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.