5 Salam Pembuka Pidato, Yuk Cek Disini Sekarang Juga!

Salam Pembuka Pidato

English for Pre TeensSalam pembuka pidato menjadi komponen yang paling penting dalam acara besar dimana sudah diselenggarakan. 

Walaupun terlihat sangat mudah, tetapi membuka pidato ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan.

Seperti sudah diketahui bahwa pidato menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata dimana ditujukan untuk banyak orang. 

Bagian yang terpenting dalam sebuah pidato adalah salam pembuka lengkap.

Apa Itu Salam Pembuka Pidato?

Sebelum kamu mengetahui contoh salam pembuka pidato, maka perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertiannya. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ternyata masih banyak orang dimana belum mengetahuinya dengan baik.

Tujuan dari pidato biasanya adalah digunakan buat menyampaikan sebuah makna ataupun inti pesan kepada khalayak ramai. 

Di dalamnya biasanya dapat berupa ucapan terima kasih, sambutan hingga tema pidato tertentu.

Disamping menyampaikan saran kepada khalayak ramai, keberadaan dari pidato itulah juga dapat dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi. 

Sebelum membuat pidato, Anda tidak  hanya dapat memperhatikan contoh isi pidato saja, tetapi juga salam pembukanya.

Struktur salam pembuka pidato formal ini sendiri biasanya berisi salam pembukaan dan terletak di bagian awal sebelum kamu memulai pidato. 

Kemudian akan dilanjutkan dengan ucapan penghormatan dimana akan menyebutkan orang dengan jabatan tertinggi baik hadir secara langsung ataupun tidak.

Kendati terdengar cukup sepele, tetapi untuk membuat salam pembuka ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan lho. 

Inilah sebabnya, kamu perlu mengetahui contoh salam pembuka pidato yang sudah Lister siapkan berikutnya. 

Baca juga: Last But Not Least Artinya, Penutup Pidato agar Berkesan

Contoh Salam Pembuka Pidato

Pidato menjadi salah satu momen yang sangat krusial karena di momen inilah sering digunakan seseorang buat menyampaikan gagasan ataupun saran. 

Ada beberapa bagian penting dimana harus diperhatikan oleh kamu.

Salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan oleh pengguna adalah salam pembuka pidato ini. 

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuatnya, berikut ini sudah Listersiapkan contoh kalimat pembukaan lengkap buatmu.

1.       Pidato Siswa

Jika kamu seorang siswa dan mencari contoh salam pembuka pidato siswa terutama buat memenuhi kebutuhan tugas atau lainnya, maka Lister juga sudah menyiapkan pilihan terbaiknya buatmu dibawah ini, 

Selamat siang dan salam sejahtera bagi semua yang berada disini dan terima kasih atas kehadiran dari guru-guru yang saya hormati sekaligus teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama, marilah memanjatkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena Rahmat-Nya kita dapat berkumpul hari ini.

2.       Acara RT/RW

Ada contoh dari pembukaan pidato shalawat serta salam dimana dapat dijadikan sebagai inspirasi dari kegiatan acara RT/RW. Seperti sudah diketahui bahwa di RT/RW kamu pastinya sering mengadakan suatu acara. 

Apabila kamu ditunjuk menjadi pembicara maka dapat segera menggunakan contoh kalimat dibawah ini, 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat, Bapak Fery selaku ketua RT 7 dan Bapak Ahmad selaku ketua RW 1 serta semua tamu undangan yang berbahagia. Sebelum memulai kegiatan pidato, maka marilah memanjatkan puji syukur terhadap Allah SWT karena masih diberikan rahmat dan kesehatan. Tidak lupa ucapkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad Saw yang sudah membimbing dan meridhoi umatnya menuju ke jalan kebaikan.

Baca juga: 10 Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat dari berbagai Tokoh

3.       Salam Pembuka Sederhana

Jika kamu menginginkan pembukaan pidato singkat, maka sebaiknya dapat menggunakan contoh dari Lister dibawah ini. 

Nah, contoh inilah dapat dijadikan sebagai bahan referensi terutama kalau kamu tipe orang yang tidak pede dalam berbicara.

Berikut ini contoh dari salam pembuka pidato sederhana dan singkat, 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Puja dan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah melimpahkan nikmat iman, sehat serta Bahagia  agar bisa berkumpul disini. Tentunya dalam acara peringatan Maulid Nabi hari ini dan tidak lupa shalawat serta salam kita lantunkan untuk Nabi Muhammad SAW.

4.       Salam Pembuka Islami

Masih mencari pembukaan pidato yang terhormat terutama untuk kegiatan formal? Jangan khawatir karena Lister masih mempunyai contoh lainnya dimana dapat dijadikan sebagai referensi bagi pengguna.

Berikut ini contoh pembukaan yang terhormat tetapi bertema islami, 

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang terhormat Rektor Universitas Sejahtera Islam Semarang selaku ketua Senat, yang kami hormati, Semua anggota senat Universitas Sejahtera Islam Semarang yang kami hormati, serta jajaran staf pengajar di lingkungan kampus serta hadirin yang berbahagia.

Baca juga: Pengertian Teks Pidato Bahasa Asing, Struktur, hingga Contohnya

5.       Contoh Salam Pembuka Bahasa Inggris

Selain menggunakan salam pembuka bahasa Indonesia, salam pembuka pidato bahasa Inggris ternyata juga banyak dicari oleh masyarakat. 

Jika kamu akan melakukan pidato dalam bahasa inggris, maka wajib buat mengetahui contohnya dibawah ini dimana nantinya dapat dijadikan bahan perimbangan, 

Good Afternoon, everyone. The honorable, the headmaster of SMA N 1 Semarang, the teachers and the graduates who attend the graduation party today. First, Allow me to introduce myself, my name is Nadia Mega. Today, I will share how thankful I Am to have a teacher who has taught me a lot.

Artinya

Selamat siang semuanya, yang terhormat kepala sekolah SMA N 1 Semarang, Guru-guru serta para wisudawan yang sudah hadir dalam acara wisuda hari ini. 

Pertama, Izinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Nadia Mega. Hari ini, saya akan berbagi syukur terhadap guru yang sudah mengajarkanku banyak hal.

Bagi kamu yang ingin menggunakan pidato dalam bahasa inggris, maka sebaiknya harus benar menulis kata-kata ataupun idiom. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena bahasa Inggris sendiri bukan menjadi bahasa ibu dari orang Indonesia. Dan pastikan penyampaiannya dilakukan dengan benar dan baik.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

English for Pre-Teens, Langkah Tepat Mahir Bahasa Inggris!

Belajar bahasa Inggris di Lister serasa bermain tetapi proses belajar tetap efektif. Daftarkan segera dirimu di English for Pre Teens Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.