Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hyung Artinya Apa? Ini Bedanya dengan Oppa di Korea

hyung artinya

Kursus Bahasa KoreaHyung artinya kakak laki-laki. Panggilan ini sering kita dengar, baik di drama Korea, reality show Korea, maupun di media sosial.

Bahasa Korea memiliki aturan ketat terkait sebutan yang disematkan karena perbedaan usia. Kamu wajib memahami cara penggunaan hyung di Korea Selatan agar tidak salah.

Cari tahu arti hyung dan perbedaannya dengan oppa berikut ini.

Hyung artinya apa?

Arti kata hyung dalam bahasa Indonesia dapat disamakan dengan kakak laki-laki. Namun panggilan ini khusus digunakan oleh laki-laki untuk memanggil laki-laki lain yang lebih tua, baik karena hubungan keluarga atau senioritas.

Kata hyung (형) sebetulnya lebih tepat ditulis dengan romanisasi hyeong. Namun, banyak yang mengucapkan kata tersebut dengan bunyi hyung.

Kebalikan dari hyung adalah namdongsaeng (남동생), artinya adik laki-laki.

Variasi lain dari hyung adalah hangnim (행님) atau disingkat ham (햄) yang digunakan dalam dialek (satoori) Busan dan Gyeongsang-do.

Penggunaan sebutan hyung

Bagaimana cara menggunakan hyung dalam percakapan? Ada sejumlah aturan yang harus kamu ikuti, seperti yang dijelaskan Lingua Asia berikut ini.

Kakak kandung laki-laki

Hyung digunakan adik laki-laki untuk memanggil kakak laki-lakinya. Variasi lain yang dapat digunakan yaitu chin hyung (친형) atau woori hyung (우리형)

Saudara atau sepupu laki-laki

Saudara jauh atau sepupu laki-laki juga dapat dipanggil hyung. Untuk sepupu laki-laki, biasanya disebut sa-chon hyung (사촌형).

Teman atau kenalan laki-laki yang lebih tua

Dalam pertemanan yang sudah akrab, laki-laki yang lebih tua dapat dipanggil hyung oleh teman-temannya.

Kakak kelas laki-laki

Adik kelas laki-laki dapat memanggil kakak kelas laki-laki dengan dua cara. Pertama, nama + sunbae (선배) jika belum terlalu akrab, artinya senior. Kedua, nama + hyung jika sudah cukup akrab.

Kakak ipar

Saat ini hyung hanya digunakan laki-laki kepada laki-laki. Namun di masa lampau, hyung digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Contohnya saudara ipar perempuan dan saudara ipar laki-laki juga dipanggil hyung. Namun penggunaan ini sudah jarang.

Perempuan tomboy

Kadang-kadang laki-laki memanggil perempuan lebih tua yang memiliki sifat tomboy dengan sebutan hyung, bukan noona. Hal ini menunjukkan keakraban.

Perempuan tomboy yang dipanggil hyung biasanya merasa tidak masalah.

Geng mafia

Seperti yang sering kita lihat dalam film-film action, panggilan khusus sering digunakan untuk menyebut bos mafia. Namun panggilan yang digunakan adalah hyung-nim (형님) untuk menunjukkan hormat yang mendalam.

Baca juga: Nuna Artinya Apa? Pahami Agar Tidak Salah Sebut di Korea

Perbedaan dengan oppa

Oppa (오빠) artinya kakak laki-laki. Namun panggilan ini digunakan perempuan kepada laki-laki yang lebih tua.

Oppa dapat digunakan oleh perempuan kepada kakak kandung, kerabat, teman yang lebih tua, hingga kakak kelas laki-laki. 

Oppa juga digunakan perempuan untuk memanggil bias K-pop yang mereka idolakan atau pacar laki-laki.

Sifat hyung

Di Korea, menjadi pihak yang lebih tua atau dituakan berarti memiliki tanggung jawab lebih. Seperti menjaga dan menjadi sosok pemimpin bagi yang lebih muda. Kakak laki-laki juga diharapkan menjadi panutan bagi adiknya. 

Mereka juga akan memberi saran tentang banyak hal, mengajak nongkrong, hingga membayar saat makan di luar. 

Kursus Bahasa Korea, Wujudkan Impian Hidup ala K-Drama

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Korea adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Korea Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!